Suka Film Korea? Wajib Coba Buat 5 Masakan Ala K-Drama Ini

Apa hal paling terkenal dari drama Korea selain jalan cerita serta para aktornya? Masakan Korea, tentu saja! Para pembuat drama dan film Korea memang terkenal dengan upaya mereka menonjolkan keistimewaan Korea dalam berbagai karya, termasuk budaya kulinernya yang kaya. Banyak penonton yang menyukainya dan bahkan tertarik mencoba sendiri di rumah.

Memasak Masakan Korea

Untungnya, banyak di antara masakan Korea yang relatif mudah dibuat. Bahan masakan asli Korea juga semakin mudah ditemukan dan dibeli di internet atau supermarket. Inilah beberapa menu yang cukup mudah dan bisa langsung dicoba.

Gyeran Mari

zLaZZRwGJ1B9ga48Av65RRSz1cvhAQfXIdbuwFRrsRv g 6t8p9A7Vn6Bei6lVUXGx c2XdlIe3u1 lYBNFX6mwDsOxsqQRt10LfS1yk1jwg7LWhBd053WpMgdzMhFoVW0 4sqk
koreanbapsang.com

Gyeran mari (rolled egg) adalah semacam telur dadar yang dibuat membentuk gulungan tebal. Agar mengenyangkan, adonannya dicampur cacahan kecil beragam bahan, biasanya sayuran seperti wortel, daun bawang, rumput laut, hingga jamur. 

Cara membuatnya mudah, cukup mencampur semua cacahan bahan ke dalam adonan telur, lalu memasaknya di penggorengan lebar. Saat telur hampir mengeras, gulung perlahan dengan spatula hingga membentuk gulungan yang bisa dipotong kecil-kecil.

Bibimbap


lietesculinaria.com

Salah satu primadona kuliner K-drama, bibimbap adalah “nasi campur” yang ditata di dalam mangkuk besar, lengkap dengan potongan sayur dan daging yang mengelilingi sebutir telur di tengah. Biasanya, nasi ini dihidangkan dalam mangkuk batu panas yang bisa mematangkan telur mentah serta membentuk kerak nasi. Akan tetapi, jika tidak ada, bisa pakai mangkuk biasa dan telur goreng biasa.

Cara membuatnya mudah, cukup menata nasi di mangkuk sebelum menyusun sayuran cincang aneka warna mengelilinginya. Sayurannya bisa berupa wortel, bayam Jepang, jamur enoki, dan zucchini. Lauknya biasanya berupa daging tumis cincang, lalu ditambah telur goreng di tengah. Tambahkan sambal Korea (gochujang) yang bisa dibeli di internet atau supermarket khusus.

Kimchi Bokkeum Bap

Suka Film Korea? Wajib Coba Buat 5 Masakan Ala K-Drama Ini
koreanbapsang.com

Kimchi bokkeum bap adalah “nasi goreng kimchi”, menu populer cepat sekaligus mengenyangkan. Cara membuatnya mirip nasi goreng biasa, tetapi menggunakan kimchi yang ditumis dulu di wajan sebelum ditambahi nasi. Sausnya terdiri dari jus kimchi, sambal Korea (gochujang), dan sedikit gula. Tingkat kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Kimbap

Suka Film Korea? Wajib Coba Buat 5 Masakan Ala K-Drama Ini
thespruceeats.com

Kimbap adalah sushi ala Korea yang bisa dibuat dengan sayur saja atau ditambahi daging. Isinya biasanya berupa bayam Jepang, irisan wortel dan mentimun atau acar lobak, serta telur dadar yang dibuat tipis supaya bisa dipotong tipis. Semuanya dibungkus nasi yang diaduk bersama sedikit minyak wijen serta garam sebelum digulung di dalam rumput laut. Gunakan tikar khusus untuk menggulung sushi agar mudah.

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Bulgogi

Suka Film Korea? Wajib Coba Buat 5 Masakan Ala K-Drama Ini
carolinescooking.com

Bulgogi adalah daging sapi cincang tumis ala Korea. Pembuatannya cukup mudah, tetapi irisan daging harus direndam dalam campuran marinasi di lemari es selama sekitar satu jam. Bulgogi ala Korea biasanya menggunakan cincangan daging has yang direndam dalam campuran kecap manis, jahe bubuk, lada hitam, cacahan bawang putih, saus tiram, gula, garam, paprika bubuk, dan sedikit madu. 

Saat memasaknya, cukup gunakan margarin atau sedikit minyak wijen karena daging sudah memiliki rasa. Tambahkan cincangan daun bawang sebelum disantap.

Drama Korea tidak hanya menawarkan hiburan untuk mata, tetapi juga perut. Cobalah membuat lima masakan Korea ini sebelum menjajal menu lain yang lebih sulit.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore