cara transfer uang lewat hp

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan pada hidup manusia termasuk dalam cara mentransfer uang. Jika dahulu transfer uang hanya bisa dilakukan lewat bank atau mesin ATM, sekarang transfer uang dapat dilakukan cukup lewat HP saja. Tak perlu keluar rumah dan mengantre, cukup dengan beberapa sentuhan kita sudah bisa mengirim uang ke nomor rekening yang kita tuju.

Kemudahan transfer uang ini dapat membantu kita menghadapi beberapa keadaan tertentu dari yang sifatnya darurat sampai yang biasa saja. Keadaan darurat misalnya kita harus segera mengirimkan uang kepada teman yang tengah membutuhkan bantuan padahal kita sedang berada jauh dari mesin ATM ditambah hari yang sudah malam. Dengan adanya fasilitas transfer uang lewat HP kita jadi tetap bisa membantu teman yang sedang kesusahan tadi sesegera mungkin.

Adapun keadaan yang sifatnya tidak darurat seperti berbelanja online juga jadi lebih mudah dengan adanya fasilitas transfer uang lewat HP ini. Barang yang kita inginkan pun dapat segera kita beli.

Cara Transfer Uang Lewat HP

Sejauh ini, ada beberapa cara transfer uang lewat HP yang sudah lazim dilakukan. Ada yang harus menggunakan aplikasi ada yang tidak perlu dan berikut adalah beberapa di antaranya:

Internet Banking

Jika kamu pernah melihat orang yang tengah menatap layar (HP atau komputer) sambil memencet token, besar kemungkinan orang tersebut sedang melakukan transaksi internet banking.

Internet banking sendiri adalah fasilitas untuk mengakses layanan perbankan dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan adanya fasilitas ini, kita tidak lagi harus pergi ke bank untuk melakukan transaksi baik untuk transfer ataupun sekadar melihat jumlah saldo.

Adapun token yang digunakan dalam transaksi internet banking berfungsi untuk verifikasi keamanan sehingga transaksi yang kita lakukan dapat lebih terjaga. Untuk mendapatkan layanan ini, kita perlu datang langsung ke bank guna mendaftarkan diri.

M-Banking atau Mobile Banking

Cara transfer uang lewat HP berikutnya adalah dengan menggunakan mobile banking atau biasa disingkat jadi M-Banking saja. Layanan ini dapat diakses lewat smartphone baik yang berbasis android maupun iOS di mana kita perlu menginstall aplikasi m-banking dari bank yang kita gunakan.

Untuk aktivasi layanan M-banking ini, sama seperti internet banking, kita perlu datang ke cabang bank terdekat. Di sana nanti kita akan mendaftarkan diri ke layanan mobile banking sehingga kita dapat melakukan aktivitas transaksi lewat aplikasi m-banking nantinya.

SMS Banking

Cara berikutnya adalah lewat SMS Banking. Jika mobile banking dan internet banking memerlukan koneksi internet untuk melakukan transaksi, SMS Banking tidaklah seperti itu. SMS Banking tidak membutuhkan koneksi internet dan untuk menggunakan layanannya kita memakai pulsa.

Supaya bisa dapat memakai layanan ini, kita perlu datang ke bank untuk mendaftarkan nomor. Setelah aktivasi berhasil, kita dapat melakukan beberapa hal mulai dari cek saldo, transfer uang, sampai membayar tagihan lewat SMS Banking ini.

Dompet Digital

Cara transfer uang lewat HP lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan dompet digital. Beberapa dompet digital dapat melakukan pengiriman uang ke rekening bank. Transaksinya pun dapat dilakukan dengan mudah di mana kita hanya perlu menginstall aplikasi dompet digital yang kita inginkan. Setelahnya, kita akan diminta untuk verifikasi akun yang mana membutuhkan kartu identitas.

Setelah verifikasi selesai, kita sudah bisa melakukan pengiriman uang ke nomor rekening tujuan. Dan selain untuk mengirim uang, dompet digital juga dapat kita gunakan untuk keperluan lain seperti membeli makanan, membayar belanjaan, membayar tagihan, sampai memesan taksi.

Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat HP

Perkembangan teknologi juga telah membuat transfer uang ke luar negeri dapat dilakukan lewat HP. Jika dulu pengiriman uang ke luar negeri biasa dilakukan lewat agen pengiriman uang atau lewat bank, sekarang lewat HP pun sudah bisa.

Cara transfer uang lewat HP ke luar negeri pun bisa dilakukan dengan cukup mudah di mana kita hanya perlu menginstall aplikasi dan melakukan verifikasi. Dan salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan ini adalah Transfez.

Transfez sendiri melayani pengiriman uang ke puluhan negara mulai dari negara yang ada di benua Asia sampai benua Amerika. Tanpa perlu keluar rumah, uang kita bisa sampai ke negeri seberang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One reply on “4 Cara Transfer Uang Lewat HP”

  • September 14, 2021 at 6:53 pm

    […] canggihnya teknologi perbankan di mana sekarang untuk kirim uang sudah bisa dilakukan lewat HP. Cara transfer uang lewat hp pun dapat mudah saja dilakukan selama kita memiliki koneksi internet dan memiliki jumlah saldo yang […]

Instagram