[:id]ilustrasi Layanan transfer uang[:]

Seiring berkembangnya zaman, layanan transfer uang di Indonesia makin banyak dan makin banyak lagi. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan ini membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk mengirimkan uang.

Sayangnya, banyaknya pilihan yang ada ini tidak hanya memanjakan masyarakat melainkan juga menimbulkan persoalan baru di mana masyarakat dituntut untuk lebih selektif dalam memilih layanan. Hal ini terjadi terutama lantaran adanya beberapa layanan yang berpotensi merugikan dan bahkan ada yang sampai menipu.

Oleh sebab itulah masyarakat harus lebih awas dan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips memilih layanan transfer uang yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih.

Izin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah keberadaan izin kegiatan pengiriman uang. Perhatikan apakah layanan transfer uang yang hendak digunakan memiliki izin atau tidak. Jika tidak berizin, coba untuk memilh layanan yang lain demi alasan keamanan. Pastikan juga nomor izin yang ditampilkan adalah asli dari lembaga yang menerbitkan izin.

ilustrasi Layanan transfer uang

Biaya Administrasi

Jika sudah dipastikan bahwa layanan transfer yang dipilih telah memiliki izin, selanjutnya adalah terkait dengan biaya administrasi. Apakah biaya administrasi yang dibebankan pada pelanggan tinggi ataukah tidak. Di sini dapat dilakukan perbandingan antara satu layanan dengan layanan lainnya. Pilih layanan dengan biaya administrasi yang paling ramah terhadap kantong.

Biaya Tambahan

Selain biaya administrasi, perhatikan juga apakah ada biaya tambahan yang dibebankan atau tidak. Tanyakan kepada penyedia layanan transfer uang apakah mereka memberlakukan biaya tambahan atau tidak. Salah-salah jika luput uang yang harus dikeluarkan untuk mengirim uang dapat membengkak ke jumlah yang tidak diinginkan.

Kecepatan Transaksi

Poin berikutnya adalah terkait dengan kecepatan transaksi. Hal ini menjadi penting terutama jika uang yang hendak dikirim ditujukan untuk orang yang sedang berada di luar negeri. Untuk dalam negeri sendiri seharusnya dalam waktu yang tidak lama uang seharusnya sudah sampai ke penerima. Berbeda dengan kirim uang ke luar negeri yang bisa saja memakan waktu satu hari atau bahkan lebih.

Karenanya, konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia layanan berapa waktu yang mereka butuhkan untuk mengirimkan uang sampai ke tangan penerima. Bisa juga dengan membaca review yang tersebar di internet untuk mengetahui seberapa cepat uang dapat sampai ke tangan penerima.

Jangkauan Layanan

Selanjutnya, yang tidak kalah penting juga, adalah jangkauan layanan. Apakah layanan yang ditawarkan dapat menjangkau ke banyak bank atau hanya beberapa saja. Hal ini menjadi krusial jika tujuan yang hendak dituju berada di luar negeri karena bisa saja layanan yang dipilih sebelumnya tidak melayani pengiriman ke beberapa negara.

Demikian beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan transfer uang. Memilih dengan beberapa pertimbangan dapat menghindarkan diri dari keluarnya ongkos lebih dan bahkan dari penipuan. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 replies on “5 Tips Memilih Layanan Transfer Uang”

Instagram