mengatur keuangan pribadi

Jika kita berbicara soal mengatur keuangan pribadi, maka hampir semua orang ingin bisa melakukannya. Terbebas dari hutang, atau bahasa kekiniannya kebebasan finansial adalah goal dari banyak anak milenial. Punya uang yang banyak dan kenyamanan di masa pensiun yang terjamin adalah maksud inti dari kebebasan finansial tersebut.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Benar

Walaupun terkadang dalam mengatur keuangan pribadi bisa bikin stres, namun hal tersebut hanya di awal saja. Ketika kita sudah menemukan polanya, maka hal tersebut tidak lagi sulit. Bahkan sebagian orang beranggapan kebutuhan hidup terasa seperti tidak pernah ada habisnya.

Pendapatan besar juga biasanya akan diikuti dengan pengeluaran yang besar pula. Dan pada akhirnya, disetiap bulan uang akan selalu habis entah kemana, walaupun terkadang kita mendapatkan perubahan gaji atau pemasukan.

mengatur keuangan pribadi

Maka dari itu, kamu harus ikuti tips mengatur keuangan pribadi yang benar, seperti di bawah ini:

1. Mengatur Pendapatan

Sebagian orang beranggapan bahwa mereka yang gajinya tinggi, pasti akan punya tabungan yang banyak juga. Padahal, kenyataannya tidak selalu seperti itu. Bahkan banyak kasus orang yang bergaji tinggi, pada masa pensiunnya malah tak punya tabungan. Maka dari itu mengatur pendapatan sangatlah penting, apalagi ketika masih dalam usia produktif dan bekerja.

Baca Juga: 11 Bisnis yang Cepat Mendatangkan Uang dengan Modal Kecil

Mendapatkan pemasukan yang banyak memang menjadi kunci agar kita bisa lebih luwes dalam menabung dan bahkan berinvestasi. Dengan pemasukan yang kita miliki, kita bisa berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang bisa kita manfaatkan di masa tua nantinya. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu mengatur pendapatan agar tidak cepat habis begitu saja.

2. Mengatur Pengeluaran

Jangan lupa bahwa kita bisa mengatur keuangan, tidak bergantung hanya dengan kecil atau besarnya pemasukan saja. Kita harus memiliki insting dan kemampuan untuk mengontrol pengeluaran dari dompet kita.

Pada usia yang masih aktif dan produktif dalam bekerja, coba deh hidup super hemat agar di masa tua nanti kita bisa lebih mudah mengatur tabungan kita. Gaji ataupun pemasukan kecilpun sebenarnya juga tetap bisa menabung. Hanya bagaimana kita melakukan pembagian presentasi pengeluaran kita dan investasi kita untuk masa tua nanti.

3. Wajib Menabung

Jika kita sudah bisa menguasai dan mengatur pemasukan dan pengeluaran, baru kita berpikir untuk segera menabung. Menabung yang dimaksud ini bukan hanya dalam bentuk celengan ataupun saving yang ada di dalam bank saja. Tapi banyak cara untuk menabung, dan di jaman yang serba maju teknologinya, banyak platform yang bisa membantuk kita untuk menabung.

Apabila kita sudah paham dan tahu tujuan serta rencana kita dalam menabung, maka kita bisa lebih baik dalam mengelola keuangan pribadi kita. Sebaliknya, jika kita tidak mengerti, maka seringkali hal ini menjadi hambatan dan tidak konsisten dalam menabung. Pada akhirnya, uang tersebut malah dipakai dan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Jadi, coba pikirin dulu pembagian menabungnya di masa depan ya.

4. Manajemen Hutang

Pasti hampir semua orang tidak mau memiliki hutang. Namun, jika ada suatu hal yang membuat kita harus berhutang, maka ada hal lain yang harus kita pikirkan terkait dengan apakah prioritas kita sangat penting untuk melakukan hutang tersebut.

Menajamen hutang sangat penting dalam mengatur keuangan pribadi kita. Jika kita tidak mengatur semua hutang kita, yang ada kita akan menjadi bulan bulanan di penghutang tersebut.

Contohnya kita berhutang untuk membeli kendaraan, atau membeli rumah, atau membeli barang elektronik. Nah, dari ketika hal tersebut, manakah yang lebih penting untuk kita pakai berhutang?

Untuk rasio hutang terhadap pendapatan sebenarnya bisa mengguankan rumus standard 20%. Apa itu maksudnya? Intinya adalah jika mau berhutang, jangan sampai melebihi 20% dari pemasukan atau gaji.

5. Segeralah Investasi

Jika tadi kita sudah membahas soal menabung, maka investasi adalah bentuk lain dalam menabung yang pastinya harus kita lakukan jika ingin mendapatkan keuntungan di jangka panjang. Walaupun jenis investasi ada berbagai macam kategori, namun kita utamakan investasi yang bisa kita pakai untuk jangka panjang.

Biasanya, investasi yang sering dipakai adalah rekening deposito, investasi emas, membeli saham, dan lain lain. Setiap orang memang memiliki prioritas yang berbeda beda. Maka dari itu, cara investasi setiap orang juga berbeda-beda.

Asset juga bisa dikategorikan investasi. Maka dari itu selain uang, saham dan emas, asset juga sangat penting. Properti juga salah satu aset yang bisa dijadikan investasi. Maka dari itu, sesuaikan investasi dan jangan sampai ini mengganggu prioritas keuangan kamu yang lain.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Nah itu tadi tips mengatur keuangan pribadi berdasarkan prioritas. Kalau ada yang kurang menurut kalian, silahkan komen di bawah ya, menurut kalian apa sih yang penting dalam mengatur keuangan pribadi?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram