Bukan suatu yang tidak mungkin dilakukan jika mahasiswa memulai untuk melakukan investasi agar menguntungkan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Investasi untuk mahasiswa mempunyai banyak pilihan instrumen yang dapat dicoba.

Namun sebagai mahasiswa sangat penting memilih invetasi yang secara nyata memang dapat menghasilkan dengan tingkat resiko rendah. Selain itu modal yang digunakan juga cukup kecil sesuai dengan kategori sebagai pemula.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Rekomendasi Investasi untuk Mahasiswa

Dalam memulai untuk melakukan trading saham ataupun emas yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai mahasiswa pun bisa bergerak lebih maju untuk mempunyai keuntungan jangka panjang.

Inilah beberapa rekomendasi investasi bagi mahasiswa yang menguntungkan dan mudah digunakan:

1. Reksa Dana

Salah satu jenis dari kegiatan investasi online ini sangat tepat digunakan oleh para mahasiswa yang ingin mengenal serta belajar dunia saham, instrumen investasi saham serta obligasi. Reksa dana merupakan aktivitas dalam manajemen modal sekumpulan investor guna melakukan investasi dan tidak perlu pusing lagi memikirkan instrumennya.

Sehingga hanya dengan melakukan pembelian unit penyertaan reksa dana, namun tidak hanya itu saja kegiatannya juga dibantu oleh profesional pengelola keuangan dengan sebutan Manajer Investasi. Inilah tiga jenis dari reksa dana yang dapat kamu pilih:

Reksa dana pendapatan tetap

Jenis dari reksa dana dengan pendapatan tetap atau fix income. Reksa dana ini mempunyai pengelolaan dalam aset dan cenderung lebih fleksibel serta dapat digunakan dalam tujuan jangka menengah sampai panjang.

Portofolio untuk reksa dana pendapatan tetap akan didominasi oleh adanya efek obligasi sebanyak 80 persen dan obligasinya berupa perusahaan swasta atau pemerintah. Bagi kamu yang ingin terjun langsung memulainya maka haruslah menyiapkan dana secara khusus seperti halnya dana darurat.

Reksa dana pasar uang

Sebagai pemula yang masih baru dalam dunia investasi maka kamu tidak perlu merasa bingung dan khawatir. Kamu dapat memilih reksa dana pasar uang dalam memulai kegiatan investasi sebab untuk pengelolaannya reksa dana ini, pihak investor dibantu oleh manajer investasi.

Sehingga cukup dengan menyetorkan uang sebagai modal serta pihak manajer investasi akan membantu dalam melakukan pengelolaan uang kamu. Tidak hanya itu saja, reksa dana pasar uang cukup tinggi likuiditas yang artinya bahwa kegiatan investasi bisa ditarik tunai dalam waktu yang cukup singkat.

Reksa dana syariah

Reksa dana syariah ini menggunakan prinsip syariah yang tidak jauh berbeda dengan reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana syariah dikelola oleh pihak manajer investasi yang cocok sebagai investasi bagi para anak muda, sehingga tepat jika dipilih sebagai investasi untuk mahasiswa.

Perbedaannya dengan reksa dana syariah yakni saha dari perusahaan yang telah ditawarkan tersebut akan dilakukan penyeleksian terlebih dahulu sehingga tidak menyalahi adanya prinsip syariah. Keuntungan yang didapat tersebut sesuai dengan proporsi kesepakatan sebelumnya dan tentunya akan berbeda pada reksa dana konvensional yang mana pembagiannya keuntungan ikut suku bunga.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

2. Emas

Investasi untuk mahasiswa yang dapat kamu berikutnya yakni emas, padahal sebelumnya emas ini dijadikan sebagai pengembangan uang bagi mereka yang mempunyai modal besar. Sebab emas merupakan salah satu jenis dari investasi yang mempunyai resiko tergiling oleh inflasi sangat rendah.

Kelebihan yang dimiliki dengan memilih investasi emas yakni emas mempunyai sifat likuid artinya sangat mudah untuk diperjualbelikan. Sehingga bagi kamu yang membutuhkan dana dadakan maka bisa menjual emas dalam waktu cepat dan singkat.

3. Deposito

Produk investasi bagi mahasiswa yang lainnya yakni deposito dengan mudah dapat dipilih oleh mahasiswa. Deposito tergolong pada investasi online dengan tingkat resiko yang cukup rendah serta aman untuk dipilih oleh para pemula.

Dana yang kamu depositkan itu akan disimpan bank serta sebagi bagian dari produknya keuangan. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan keberadaan simpanan tabungan biasa yang dapat kamu lakukan penarikan kapan pun namun dana deposito hanya bisa ditarik dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

4. Investasi P2P lending

Peer to Peer Lending atau yang dikenal dengan singkatan P2P Lending merupakan salah satu jenis dari instrumen investasi untuk mahasiswa dan dimulai mendapatkan perhatian lebih sekarang ini. Cara kerjanya ini dengan cara mengumpulkan uang pada wadah pengepulnya secara resmi dan akan dilakukan pengelolaan dari pihak penyedia jasa.

Setelahnya akan disalurkan pada pihak yang telah membutuhkan modal seperti halnya usaha UMKM. Dengan begitulah kamu dapat mendapatkan uang dan menikmatinya atas bunga sampai 20 persen sebagai imbal atas modal yang telah kamu keluarkan tersebut.

5. Trading Saham

jika kamu sebagai mahasiswa yang sedang mencari investasi menguntungkan dengan memilih trading saham sebagai pilihan terbaik. Trading saham ini sebagai investasi untuk mahasiswa dengan tingkat return yang sangat tinggi.

Akan tetapi hal ini tentunya tidak akan sebanding dengan potensi resiko yang akan memaksa kamu untuk mempertimbangkan lagi sebelum memutuskan mencoba trading saham. Trading saham merupakan salah satu kegiatan melakukan jual beli saham dan harganya sangat fluktuatif karena dapat berubah dalam waktu yang relatif cepat.

Tips untuk Mahasiswa Jika Belajar Investasi

1. Mengecek cash flow dengan rutin

Dengan kamu ingin melakukan investasi maka harus memantau pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak penting. Selain itu kamu dapat mencatat pemasukan hingga pengeluaran uang selama satu bulan itu.

2. Memulai dengan menyisihkan penghasilan

Jika kamu mempunyai penghasilan setiap bulan maka bisa disisihkan sebagai modal untuk melakukan investasi. Dengan begitu maka kamu bisa memulai untuk kegiatan investasi yang menguntungkan.

3. Mengetahui tujuan melakukan investasi

Dalam memulai kegiatan investasi kamu harus mempunyai tujuan yang jelas agar bisa melakukannya secara konsisten. Investasi yang dijalankan tanpa adanya tujuan maka tidak akan berlangsung dalam waktu lama.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah uraian mengenai investasi untuk mahasiswa yang dapat dipilih. Dengan memilih secara tepat maka bisa menjadi keuntungan besar.

Instagram