cara main saham online

Para pelaku trading pemula perlu sekali mengetahui cara bermain saham untuk melakukan investasi. Pasalnya investasi kali ini masuk pada produknya pasar modal dengan resiko yang cukup tinggi serta keuntungan seimbang.

Main saham online bukan hanya sekadar “main” saja namun harus dijalani dengan serius agar bisa menguntungkan dan tidak membuat kamu rugi. Sebagai pemula kamu bisa mencobanya dengan tanpa  modal dan hanya membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran untuk bisa fokus.

Cara Main Saham Online bagi Pemula

Bagi pemula akan merasa bingung bagaimana untuk memulainya mengingat tidak ada pengetahuan sama sekali mengenai trading. Dengan begitu sangat penting bagi kamu mencari informasi secara lengkap dan detail terkait trading yang akan kamu lakukan.

Selain itu sebagai trader pemula juga harus tau bagaimana cara untuk bisa bermain trading online secara gratis dan mendapatkan keuntungan. Inilah beberapa cara yang bisa kamu ketahui dan terapkan:

Memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi kecil

Cara belajar untuk bisa main trading secara onlines yakni dengan memilih modal kecil yang ada pada perusahaan sekuritas atau broker. Biaya untuk melakukan transaksi pada setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, biaya transaksi yakni biaya penjualan dan pembelian atas saham.

Biaya tersebut akan menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan broker yang nantinya kamu pilih dan gunakan. Makin kecil biaya yang dikeluarkan maka akan semakin menguntungkan bagi investor.

Jangan terlalu pelit namun jangan kebablasan

Dalam melakukan trading kamu harus mempunyai rekening efek yang telah difasilitasi perusahaan sekuritas, setelah memiliki rekening dan aplikasi main bisa melakukan transaksi. Kamu bisa memulai penanaman modal mulai dari 100 ribu dan selanjutnya bisa mengikuti langkah yang telah dianjurkan.

Kamu dapat investasi online ini secara konsisten dan tetap terukur, namun jangan gegabah dalam menggunakan uang untuk trading. Kamu bisa melakukan trading dengan cara menggunakan dana 10 persen yang ada pada rekening yang bukan digunakan untuk dana darurat.

Memilih LQ45 tau IDX30

Pada Bursa Efek Indonesia atau BEI mengeluarkan indeks yang digunakan sebagai ukuran stratistik terkait berubahnya pergerakan dari harga kumpulan investasi. Tersedia 35 indeks yang sudah terdaftar di dalam BEI dan agar kamu tidak bingung untuk memilihnya dan sudah tergabung ke dalam indeks LQ45 dan IDX30.

Saham indeks sendiri memiliki likuiditas yang cukup tinggi serta fundamental perusahaan juga nilainya baik. Memahami investasi indeks ini merupakan salah satu cara bermain trading yang cenderung baru untuk pemula, cukup baik jika bisa balik modal awal tanpa adanya kerugian besar.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Membeli consumer goods ataupun perbankan

Cara bermain trading lainnya untuk pemula yakni dengan melakukan pembelian consumer goods atau perbankan. Dalam belajar trading maka perusahaan consumer good ataupun perbankan adalah pilihan tepat sebab mempunyai produk banyak dan mampu mencetak keuntungan yang cukup tinggi untuk setiap tahun.

Meskipun begitu kamu saat membeli pada harga yang terbilang cukup rendah, namun tidak lama kemudian akan segera normal dan kamu bisa meraup keuntungan besar. Kecuali memang Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi maka kecil kemungkinan untuk bisa untung dalam waktu dekat.

Disiplin untuk melakukan stop loss

Bermain saham secara online memang bukan perkara yang sulit namun jangan panik jika kamu mengalami penurunan secraa signifikan. Kamu harus tetap tenang, jika perusahaan mempunyai prospek yang cerah maka harganya akan kembali naik dalam waktu dekat.

Ketika melihat portofolionya merah maka bisa meninjau pada emiten yang bersangkutan dengan jelas. Jika mengalami penurunan karena faktor fundamental dari keuangan perusahaan maka jangan ragu lagi untuk stop loss yakni nilai batas terendah yang sudah ditentukan untuk membatasi adanya kerugian.

Menentukan ingin jadi trader atau investor

Cara melakukan trading online yakni tentukan dulu keinginan kamu ingin menjadi trader atau investor. Trader sendiri sifatnya untuk mencari untung dari selisih harga jual uang dikurangi dengan harga beli dalam waktu yang cukup singkat.

Sedangkan investor dapat melakukan penyimpanan investasi untuk waktu yang lama dan panen keuntungan di masa depan. Tidak jarang orang juga banyak yang mengalami kerugian sebab sangat labil dalam menentukan pilihannya menjadi trader atau investor.

Saham turun adalah waktu tepat untuk membeli

Banyak orang yang menganggap bahwa harga indeks mengalami penurunan menjadi waktu buruk untuk membelinya. Pandangan seperti ini bisa menjadi benar ataupun salah tergantung pada situasinya.

Kamu dapat melakukan pembelian ketika harga turun sebab mempunyai potensi meningkat di kemudian hari. Jika hal ini terjadi maka bisa memperoleh keuntungan secara maksimal, trading secara benar dan mutlak tergantung dari cara setiap orang berinvestasi.

Melakukan diversifikasi dana

Diversifikasi adalah tekni dalam mengurangi tingkat terjadinya resiko timbulnya kerugian dengan membeli investasi pada instrumen yang berbeda. Cara bermain ini mempunyai tujuan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu harga salah satunya mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Kemudian keberadaan investasi yang lainnya dapat menutupi sebab bergerak pada industri atau instrumen berbeda. Hal ini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi investor pemula agar tidak meletakkan pada satu tempat saja.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Memilih saham dengan fundamental yang baik

Dalam melakukan penanaman modal agar bisa menguntungkan dengan memilih fundamental yang baik seperti LQ45 atau IDX30. Tidak hanya itu saja, kamu harus melihat bagaimana portofolio yang dimiliki, rekam jejak dari usaha yang dijalankan hingga kondisi keuangan.

Hal ini tentunya bertujuan agar bisa menekan angka resiko kerugian dan mendapatkan kemungkinan keuntungan yang cukup besar. Memperhatikan kondisi pada fundamental perusahaan adalah cara tepat untuk bermain trading bagi pemula dan menjadi tips dasar.

Memilih investasi jangka panjang atau pendek

Tips lain yakni menentukan pilihan untuk investasi jangka panjang atau pendek. Hal ini akan bepengaruh pada strategi kamu sebagai investor.

Poin ini sebagai gambaran umum cara bermain trading bagi pemula. Maka tentukan terlebih dahulu sebelum terjun pada dunia trading.

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara bermain saham bagi pemula secara online. Dari penjabaran di atas semoga bermanfaat untuk kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram