P2P Lending Terbaik di Indonesia dan Aman

Pertumbuhan P2P lending di tengah-tengah masyarakat semakin marak. Tentunya ini merupakan salah satu inovasi teknologi yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya.

P2P atau Peer to peer merupakan sebuah lembaga yang menyediakan pinjaman kepada masyarakat dengan persyaratan yang mudah jika dibandingkan dengan Bank, atau koperasi. Oleh karenanya biasanya P2P ini dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki bisnis atau para pelaku UMKM yang sangat membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya.

Karena P2P lending semakin banyak di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan memberi peringatan bahwa harus berhati-hati dalam berinvestasi di P2P lending, dan diwajibkan menggunakan jasa P2P lending yang sudah terdaftar resmi di OJK.

Keuntungan yang didapatkan dari P2P lending adalah bunga pinjaman yang diberikan investor kepada para peminjam, baik itu pelaku bisnis maupun pihak lainnya.

P2P Lending Terbaik di Indonesia dan Aman

Nah, buat kamu yang tertarik berbisnis atau berinvestasi di P2P lending ini. Berikut di bawah ini adalah P2P terbaik di Indonesia yang wajib kamu ketahui, agar tidak salah langkah, silahkan disimak dengan baik!

1. Investree

Sejak tahun 2015 Investree merupakan P2P lending di Indonesia pertama. Memiliki dua fasilitas pemberian pinjaman di Investree yaitu pinjaman bisnis dan pinjaman lainnya.

Invoice financing buyer financing, pinjaman toko online, working capital term loan adalah macam-macam dari pinjaman bisnis. Sedangkan pinjaman lainnya terdiri dari SBN atau Surat Berharga Nasional, dan reksa dana for lender sebuah hasil kerjasama antara Tanam Duit dan Investree.

Minal pemberian pinjaman di Investree yaitu mulai dari 1 juta sampai 150 Juta dengan tenor investasi 1-12 bulan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan 12% sampai 18% per tahunnya.

Angka ini cukup fantastis, tercatat pada harian Kompas sampai akhir Mei 2020 Investree mampu mengumpulkan pinjaman hingga 5,68 triliun dengan pinjaman yang sudah tersalurkan 4,8 triliun.

Angka pengembaliannya atau retur sekuat 16% pertahun, dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi yaitu 97,75%.

2. Amartha

Amarta memulai bisnisnya pada tahun 2010 sebagai microfinance, lalu berubah menjadi perusahaan P2P lending pada tahun 2016. Yang menjadi fokus utama Amartha adalah penandaan untuk para UMKM yang berada di pelosok desa yang biasanya tidak memiliki akses untuk mengajukan kredit di bank.

Mulai dari 3 juta sampai 15 juta nilai pinjaman di Amartha, dan tenor investasi 6 sampai 12 bulan. Tercatat Amartha sudah berhasil menyalurkan dananya sebesar 2,38 triliun, dan membantu sekitar 500 ribu lebih pengusaha mikro.

Selain itu tren pengembalian pinjamanan sangat rendah atau TKB90 yaitu 99.49%. Kamu dapat dengan mudah mengakses Amartha cukup mendownload aplikasinya di google play store.

3. KoinWorks

Koinworks memiliki kelebihan dibandingkan P2P lending lainnya yaitu kamu dapat berinvestasi atau memberikan pinjaman mulai dari 100 ribu. KoinWorks sudah ada sejak 2016 lalu, yang memberikan pilihan kepada para investornya untuk mendandani di banyak bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis.

Kelebihan lainnya adalah dana yang kamu investasikan sudah dilengkapi dengan dana proteksi. Jadi, resiko akan kerugian sangat minim.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu 14%-23% per tahun dengan tenor investasi 1-12 bulan. P2P lending satu ini berhasil menyalurkan dana pinjaman sebanyak 2,13 triliun dengan TKB90 sebanyak 95,66% dimana nilai return ini cukup rendah.

Kamu dapat mendapatkan aplikasi ini dengan sangat mudah yaitu dengan mendownloadnya di google play store or app store.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

4. Uang Teman

Uang Teman memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan para investornya yaitu pencairan dana yang terbilang cepat yaitu mulai dari 15 menit hingga maksimalnya 2 hari. Perusahaan P2P lending satu ini sudah ada dari April 2005 dengan minimal nilai investasi 1 juta sampai 3 juta dan tenor mulai dari 10 hari hingga 30 hari.

Kota-kota besar seperti Bandung, Jabodetabek, Yogyakarta, Solo dan Makassar sudah tersedia Uang teman. Nah, kamu bisa menikmati aplikasi ini dengan mendownloadnya di google play store di hape kamu.

5. Modalku

Para investor di Modalku dapat memberikan pinjaman kepada para pengikut UMKM untuk pendanaan mereka, dengan syarat UMKM tersebut sudah terdaftar di Modalku. Berdiri sejak Januari 2016 memberikan kebebasan untuk para investornya untuk memberikan dana sesuai keinginan mereka yang berdasarkan informasi di Modalku.

Para investornya dapat memilih untuk memberikan pinjaman seperti jenis usaha, suku bunga pinjaman, dan jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Terdapat dua pilihan utama di Modalku itu Invoice Financing dan pinjaman UKM.

Invoice financing merupakan pemberian dana cepat dengan invoice yang mencapai 80% dari nilai invoice nya. Tenor yang diberikan pada invoice financing yaitu 15-90 hari.

Sedangkan pinjaman UKM yaitu pinjaman tanpa jaminan yang diperuntukan untuk perkembangan bisnis atau modal usaha mereka. Nilai pinjaman yang diberikan oleh pinjaman UKM yaitu sampai 2 miliar dengan tenor 24 bulan.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Dilansir dari website resmi Modalku per Mei 2020 total pendanaan yang disalurkan yaitu hingga 14,7 triliun. Kamu bisa merasakan manfaat dari Modalku dengan cara mendownloadnya melalui Google Play Store untuk para pengguna android, dan App store untuk para pengguna Iphone.

Nah, setelah kamu mengetahui daftar perusahaan P2P lending terbaik. Kamu juga perlu tau cara kerja dari P2P lending. Berikut dibawah ini adalah penjelasan.

Cara Kerja P2P Lending

1. Melakukan registrasi secara online untuk registrasi keanggotaan baik leander ataupun borrower
2. Pelaku pengajuan pinjaman di sebut borrower. Sedangkan, leander adalah para pemberi pinjaman.
3. Perusahaan P2P lending akan memilih serta menganalisa tingkat resiko borrower dalam mengajukan pinjaman.
4. Setelah borrower terpilih mereka akan ditempatkan di aplikasi P2P lending tersebut, dan akan akan menampilkan profil serta resiko borrower di aplikasi tersebut
5. Kemudian investor atau leander P2P lending akan melakukan seleksi dari seluruh borrower yang tersedia di aplikasi
6. Setelahnya, investor P2P lending akan memberikan dana kepada borrower melalui aplikasi P2P lending
7. Borrower yang sudah menerima dana wajib mengembalikan pinjaman sesuai perjanjian awal yang sudah disetujui oleh perusahaan
8. Investor P2P lending akan menerima dana pengembalian pinjman sekaligus bunga pinjaman dari aplikasi perusahan P2P lending

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah informasi daftar P2P lending terbaik di Indonesia. Kamu yang ingin mencoba berinvestasi atau sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis dapat mencoba salah satu dari P2P diatas.

Instagram