bagaimana cara melek investasi

Perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang teknologi manajemen kekayaan telah meyakini keberadaan masyarakat dalam instrumen investasi sebagai penopang industri. Hal itu disebabkan oleh antusiame dari para investor muda yang makin meningkat.

Investor sekarang ini tidak hanya berasal dari kalangan orang tua ataupun orang sukses. Anak muda pun sekarang bisa menjadi investor dengan kemudahan tersedianya banyak aplikasi pendukungnya.

Peningkatan Tren Anak Muda Melek Investasi

Kustodian Sentral Efek Indonesia menunjukkan data pada pertengahan tahun 2020 yang menjelaskan tentang peningkatan sebanyak 50 persen investor generasi muda. Jumlah ini cenderung sangat naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tren untuk menanam saham pada kalangan millenials memang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Ketertarikan masyarakat untuk menanam modal mulai meningkat karena kecanggihan teknologi yang membuat aksesibilitasnya menjadi lebih mudah.

Menanam Modal Sebagai Peluang Kebebasan Finansial

Menanam modal pada pasar saham menjadi peluang yang cukup besar untuk kamu bisa meraih kebebasan secara finansial. Sehingga kamu tidak lagi bekerja untuk uang namun uanglah yang akan bekerja untuk kamu.

Instrumen dari investasi sendiri begitu banyak seperti halnya pada bidang properti, tahan, crypto, pasar saham, forex, emas, logam mulia dan lain sebagainya. Kegiatan ini bisa menjadi proses pembelajaran untuk menjadi seorang investor meskipun dimulai dari dana yang kecil.

Mengenal Apa Itu Pasar Saham

Saham sendiri merupakan sebuah tanda penyertaan modal ataupun kepemilikan di dalam sebuah perusahaan. Sementara itu untuk pasar saham yakni wahana yang dilakukan pada sebuah transaksi perdagangan saham

Di dalam pasar saham ini mempunyai fasilitas untuk setiap pihak yang memiliki dana atau investor. Pasar saham mempunyai banyak aktivitas jual beli saham yang dapat kamu ikuti setelah mempelajari dan memahaminya terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Pengertian Sekuritas

Dalam dunia investasi tidak hanya ada pasar saham dan sebutan investor saja, juga terdapat istilah dari sekuritas. Sekuritas merupakan perusahaan yang telah mendapatkan ijin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dalam menjalankan usahanya.

Perusahaan berperan sebagai pihak perantara pedagang efek, pihak yang menjamin emisi efek serta kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan serta peraturan pengawasan dari pasar saham. Sehingga sebagai investor tidak bisa secara langsung melakukan pembelian saham di perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.

Penanaman Modal bagi Millenials untuk Masa Depan

Mengubah masyarakat agar melek investasi memang bukan suatu perkara yang mudah. Namun dengan melakukannya bisa memudahkan urusan keuangan kamu di masa depan menjadi lebih baik dan terjamin.

Meskipun banyak anggapan dari masyarakat yang mengatakan bahwa menanam modal untuk mendapatkan keuntungan membutuhkan dana besar. Padahal hal tersebut tetap bisa dilakukan meskipun hanya mempunyai dana yang kecil seperti halnya memilih instrumen emas dan logam mulia.

Keuntungan Melakukan Pembelian Saham

Penanaman modal modern sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan dengan dana yang relatif sangat rendah mulai dari 100 ribu. Keuntungan dalam melakukan pembelian saham terdapat dua cara yakni capital gain dan dividen.

Capital gain yakni keuntungan yang bisa kamu dapatkan atas penjualan dari aset modal di mana harganya jual dapat melebihi harga saat pembelian awal. Sementara itu untuk dividen yakni pembagian laba bagi pemegang saham yang mengacu pada saham miliknya di perusahaan.

Instrumen Penanaman Modal

Untuk kamu yang ingin memulai terjun di dunia penanaman modal maka penting mengetahui instrumennya. Berikut inilah beberapa instrumen yang ada dalam penanaman modal:

Saham

Saham merupakan bentuk dari surat berharga yang menunjukkan bagian dari kepemilikan di sebuah perusahaan. Membeli saham artinya kamu sudah mempunyai hak atas kepemilikan dari perusahaan yang kamu ikuti tersebut.

Maka dengan demikian, kamu juga mempunyai hak atas keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Bentuknya berupa keuntungan dividen yang dapat diterima pada akhir tahun periode pembukuan dari perusahaan.

Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan wadah penghimpun dana yang asalnya dari kalangan masyarakat atau investor. Dana terkumpul dari reksa dana kemudian ditanamkan manajer investasi pada jenis instrumen di antaranya saham, obligasi ataupun deposito.

Reksa dana mempunyai 4 jenis produknya yakni raksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran hingga reksa dana pasar uang. Pemilihan ini dapat kamu lakukan dengan menyesuaikan keadaan finansial.

SBR

Saving Bond Ritel atau SBR merupakan salah satu bentuk alternatif dari penanaman modal untuk warga negara Indonesia. Penanaman modal tersebut menawarkan imbalan dalam bentuk kupon ataupun bunga.

SBR ini diterbitkan oleh pemerintah untuk membantu pembiayaan anggaran negara. Instrumen ini dapat kamu ikuti dengan aturan dan ketentuan yang sudah diberikan oleh pihak pemerintah.

ORI

ORI atau kepanjangan dari Obligasi Ritel Indonesia yakni jenis obligasi negara yang penjualannya pada individu ataupun perseorangan dari warga negara Indonesia. Hal itu dilakukan melalui agen penjual yang mana volumenya minimum sudah ditentukan dari sana.

Deposito

Deposito merupakan instrumen penanaman modal sederhana yang berasal dari bank dan memberikan suku bunga tetap dalam jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya dari bunga yang begitu tinggi untuk waktu tertentu maka pemilik deposito tidak melakukan penarikan uang yang sudah didepositokan.

Deposito tidak hanya bisa disimpan dengan bentuk uang rupiah saja namun juga bisa valuta asing. Jangka waktunya yang diberikan oleh setiap bank biasanya berbeda mulai dari 1, 3, 5, 12 hingga 24 bulan dan setiapnya menawarkan suku bunga yang cukup kompetitif.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Memahami Pemilihan Jenis Instrumen

Kerugian dalam menanamkan modal tidak hanya karena perkembangan yang mulai menurun namun kerugian juga bisa datang dari investor yang tidak memahaminya. Sehingga sebelum kamu memulai dalam penanaman modal sebaiknya mengetahui terlebih dahulu setiap instrumen yang kamu pilih mulai dari resiko dan keuntungannya.

Kamu bisa dengan mudah mempelajari itu lewat online. Dengan demikian melek penanaman modal tidak membuat kamu rugi dan mengalami kehancuran.

Demikianlah penjabaran mengenai melek dalam investasi untuk kaum muda. Untuk terjun penting bagi kamu memilih instrumen yang tepat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram