Cara Memulai Investasi dari Nol

Kegiatan investasi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan oleh banyak orang untuk menyimpan dana dan bukan menjadi sebuah pilihan lagi. Dengan melakukan penanaman modal jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek mempunyai kesempatan bisa mendapatkan keuntungan.

Kegiatan penanaman modal ini mempunyai keuntungan untuk mendapatkan return ataupun imbal hasil lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan maupun deposito. Namun memulai investasi dari nol juga membutuhkan pembelajaran, pengertian dan pemahaman sebelum memulainya.

Cara Memulai Investasi dari Nol

Meskipun terlihat sulit dan menakutkan, kamu tidak perlu khawatir lagi. Terdapat beberapa cara untuk kamu bisa memulai kegiatan penanaman modal dengan benar.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai investor pemula:

Menentukan instrumen dalam kegiatan penanaman modal

Cara dalam memulai kegiatan untuk penanaman modal dari nol yakni menentukan instrumen terlebih dahulu. Terdapat beberapa jenis penanaman modal atau instrumen yakni berupa emas, saham, reksa dana, valas, properti dan instrumen lainnya.

Memilih instrumen bisa berdasarkan dari profit resiko kamu. Contohnya yaitu kamu tipe seorang investor yang cukup agresif, bisa melakukan penanaman modal pada saham, peer to peer lending (P2P Lending) dan reksa dana.

Siapkan dana penanaman modal

Cara lain untuk memulai terjun dalam dunia penanaman modal yakni dengan menyiapkan dana secara khusus. Tidak ada batasan minimum atau maksimumnya atas jumlah yang harus kamu siapkan.

Namun sangat penting untuk kamu menyiapkan dana di mana kamu sanggup kehilangan, sebab dalam kegiatan investasi tentunya terdapat resiko yang cukup besar. Sehingga alangkah baiknya menggunakan dana dingin yang tidak untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Menentukan pihak perantara

Dalam memulai penanaman modal biasanya membutuhkan pihak perantara seperti halnya saham melalui perusahaan sekuritas maupun pialang saham atau broker saham. Sementara itu untuk reksa sana dalam pengelolaannya dana dilakukan oleh manajer.

Perusahaan sekuritas ataupun MI haruslah kamu tentukan pastikan tidak membawa kabur uang kamu. P2P Lending menentukan fintech lending ataupun perusahaan dalam pinjaman online legal untuk disalurkan pendanaannya.

Mengikuti kegiatan investasi secara rutin

Setelah kamu menjadi investor perlu sekali melakukan kegiatan penanaman modal secara rutin. Seperti halnya trading saham online ataupun jual beli saham secara online, jual beli reksa dana dan lain sebagainya.

Dengan aktif melakukan kegiatan penanaman modal maka kamu bisa cepat menguasai ilmu mengenai penanaman modal itu sendiri. Seperti halnya kemampuan dalam membaca pergerakan saham yang cukup berguna untuk melakukan analisis teknikal, memasang jual beli saham pada harga berapa serta sahamnya apa yang sering diborong oleh pihak asing.

Memperbanyak sumber informasi

Sebelum kamu terjun pada kegiatan penanaman modal seperti halnya jual beli maka sebaiknya mencari informasi secara lengkap terlebih dahulu. Contohnya terdapat aksi korporasi yang berasal dari emiten tertentu dan membuat banyak pengaruh pada pergerakannya IHSG.

Informasi penting yang kamu dapatkan dengan mencari tahu dari berbagi sumber antara lain media online, forum diskusi online, sosial media, seminar ataupun blog. Informasi yang ada dapat kamu jadikan sebagai bahan untuk melengkapi kebutuhan analisis kamu sehingga bisa melakukan pengambilan keputusan secara tepat.

Mengelola keuntungan dengan baik

Salah satu tujuan dalam melakukan penanaman modal yakni mendapatkan keuntungan yang besar. Saat keuntungan telah kamu dapatkan maka bisa diputar lagi untuk kegiatan penanaman modal.

Baik itu menambahkan penanaman modal pada portofolio ataupun melakukan diversifikasi  investasi, sehingga tidak meletakkan dana pada satu instrumen yang sama.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Kunci Sukses untuk Kamu Memulai Adalah Pantang Menyerah

Ketika kamu ingin memulai kegiatan penanaman modal tidak akan selalu berjalan dengan lancar dan selalu untung. Terlebih untuk kamu sebagai pemula yang baru memulai kegiatan penanaman modal maka besar potensinya mengalami kegagalan ataupun kerugian.

Dengan begitu mental kamu akan diuji apakah akan tetap lanjut atau memilih untuk menyerah dalam hal penanaman modal. Saat kamu gagal artinya uang hilang namun terus lakukan penanaman modal sembari melakukan perbaikan diri agar tidak jatuh lagi pada lubang yang sama.

Tips Investasi Pasar Modal untuk Pemula

Memulai sedini mungkin untuk investasi

Faktor waktu bisa menjadi penentu kamu dalam melakukan penanaman modal. Makin muda usia kamu maka ringan juga persiapan yang akan kamu butuhkan dan untuk pencapaian masa depan.

Dalam penanaman modal sesuaikan dengan waktu, profit dari resiko yang dimiliki, komitmen serta modal awal. Dengan begitu kamu bisa membuat rencana penanaman modal menjadi lebih terarah.

Menentukan tujuan melakukan penanaman modal secara spesifik

Setiap menanam modal maka tentukanlah tujuan yang kamu fokuskan seperti halnya untuk persiapan dana pendidikan, dana pensiun, liburan, membeli kendaraan, membeli rumah atau yang lainnya. Jika kamu mempunyai jasa perencana atau penasihat keuangan bisa melakukan konsultasi untuk mendiskusikannya.

Jika ternyata tidak memiliki penasihat keuangan maka pilih saja salah satu impian kamu sebagai tujuan melakukan penanaman modal. Sehingga bisa memotivasi kamu menjadi lebih semangat dan fokus pada pencapaian tujuan tersebut.

Menentukan jangka waktu dan target dana yang dibutuhkan

Menentukan jangka waktu pada kegiatan penanaman modal akan berpengaruh pada nominal serta jenis instrumen yang kamu pilih dalam mencapai dana keperluan. Makin pendek jangka waktunya maka nominal yang harus kamu alokasikan biasanya relatif lebih besar.

Pilihan pada instrumen akan jatuh pada nilai yang lebih aman atau stabil maupun volatilitas rendah. Sehingga penting untuk kamu menentukan waktu dan target dana secara spesifik sebelum melakukan penanaman modal.

Mengalokasikan dana untuk penanaman modal secara konsisten

Idealnya sebagai investor pemula dapat mengalokasikan dana sekitar 10 hingga 30 persen dari pendapatan setiap bulan. Pastikan uang yang kamu gunakan tidak menggangu kebutuhan sehari-hari atau gunakan uang dingin untuk penanaman modal.

Demikianlah uraian mengenai cara memulai investasi sebagai pemula. Setiap cara di atas dapat kamu ikuti untuk melancarkan kegiatan penanaman modal.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram