penyebab gagal investasi

Cara yang tepat untuk meningkatkan pendapatan yakni dengan melakukan investasi, akan tetapi tidak semua investor berhasil dalam melakukannya. Masalah seperti ini timbul karena beberapa hal dalam kesalahan mengelola dana atas penanaman modal yang dilakukan.

Penanaman modal sendiri merupakan upaya untuk membelanjakan dana ke dalam instrumen yang bisa menguntungkan masa depan. Namun tidak menutup kemungkinan upaya tersebut terdapat masalah yang menjadikan gagal investasi.

Kesalahan Investor dalam Melakukan Investasi

Untuk terjun di dunia penanaman modal memang mempunyai banyak resiko di samping adanya keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kegagalan yang terjadi biasanya karena beberapa faktor yang mendasarinya.

Berikut inilah kesalahan dari investor yang menyebabkan kegagalan dalam penanaman modal dan harus dihindari:

Tidak adanya tujuan dalam penanaman modal secara jelas

Saat kamu terjun di dunia penanaman modal haruslah mempunyai tujuan secara jelas. Sebelum memulainya tentukan terlebih dahulu apa yang ingin kamu capai dalam melakukan penanaman modal, seperti halnya untuk tabungan pendidikan anak atau dana pensiun tua.

Sebagian besar investor yang baru memulai atau pemula tidak mempunyai tujuan secara jelas dalam penanaman modal. Mereka melakukanya hanya karena ikut-ikutan dengan teman tanpa mengerti instrumen yang diikutinya.

Tidak realistis terhadap datangnya resiko

Dalam melakukan penanaman modal, resiko akan selalu berbanding lurus dengan adanya pertumbuhan hasil. Makin besar uang yang kamu tanamkan maka makin besar juga resiko yang nantinya harus siap kamu hadapi.

Banyak sekali investor yang mudah tergiur dengan tingkat keuntungan kurang masuk akal, ditambah lagi resiko tawarannya cukup minim. Pastikan sebelum terjun melakukan pengecekan terlebih dahulu atas izin dari pihak yang berwenang seperti halnya Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Tidak melakukan analisis secara jelas

Investasi dapat dilakukan dengan memilih instrumen yang tepat untuk kondisi finansial kamu, akan tetapi tidak semua dari jenis instrumen cocok digunakan oleh semua orang.

Sehingga perlunya kamu mempertimbangkan dengan perhitungan yang jelas sebelum memilih instrumen dan menempatkan dana dalam jumlah besar. Kamu harus menganalisis secara matang atas kemungkinan pendapatan keuntungan yang nantinya diperoleh dalam satu periode hingga kemungkinan terjadinya resiko.

Fokusnya hanya pada jangka pendek

Melakukan penanaman modal dalam jangka panjang pada umumnya akan sangat menguntungkan untuk masa depan. Akan tetapi butuh kesabaran yang lebih karena waktunya untuk mendapatkan keuntungan relatif cukup lama.

Banyaknya investor pemula yang hanya memfokuskan dirinya agar mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek. Padahal untuk time horizon pada suatu instrumen penanaman modal tergantung dari jenisnya serta berapa lama kegiatan itu berjalan.

Tidak melakukan diversifikasi investasi

Dalam menanam modal sebaiknya kamu tidak menempatkan semua dana yang kamu miliki pada satu jenis instrumen saja. Sebab jika satu instrumen yang menampung dana kamu mengalami kebangkrutan maka akan menanggung resiko besar.s

Penting sekali untuk melakukan diversifikasi pada setiap macam aset yang dimiliki serta membaginya pada resiko ke berbagi instrumen. Sehingga kemungkinan terburuk kehilangan seluruh aset dan tidak begitu besar.

Tidak fokus dengan rencana yang telah dibuat

Kesalahan lain yang membuat kegiatan penanaman modal kamu mengalami kegagalan yakni tidak ada fokus secara spesifik pada rencana yang sudah dibuat. Hal inilah yang memberikan kemungkinan besar terjadinya kegagalan karena memang dari awal tidak ada fokus untuk dijalankan.

Kedisiplinan dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk bisa menghindari hal yang membuat kabur dari tujuan melakukan penanaman modal. Sebab sangat sulit untuk bisa mempertahankan dibandingkan dengan meraih kekayaan.

Terlalu cepat dalam mengambil keputusan

Kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh para investor yakni terlalu gegabah dalam mengambil keputusan apalagi sebagai investor pemula. Semangatnya yang terlalu tinggi di awal tanpa melakukan pertimbangan secara matang bisa membuat salah dalam pengambilan keputusan.

Sehingga pada akhirnya bisa menggagalkan kesempatan kamu untuk menghasilkan imbal hasil yang tinggi. Ada baiknya kamu menanyakan hal tersebut pada orang yang berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan fatal.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Cara Mengatasi Kegagalan

Kegagalan dalam menanamkan modal menjadi hal paling buruk untuk investor meskipun terdapat cara mengatasi masalah tersebut. Penanaman modal pada dasarnya yakni menyisihkan dana untuk disimpan dan bisa digunakan pada masa depan.

Namun tidak menutup kemungkinan kegiatan juga mempunyai masalah yang menyebabkan kegagalan. Inilah beberapa cara untuk mengatasi kegagalan yang sudah terjadi dalam investasi.

Mengambil keputusan dalam keadaan tenang

Ketika kamu sedang mengalami gagal investasi, jangan langsung panik dan tenangkan pikiran kamu sejenak. Sebab banyak di antara mereka yang mengalami kegagalan justru panik meskipun memang wajar terjadi.

Namun kamu harus tetap ingat bahwasannya keputusan yang akan kamu buat harus dalam keadaan tenang sehingga tidak mengakibatkan hal fatal lagi. Keputusan yang diambil secara gegabah justru akan mempunyai resiko tinggi dan besar kemungkinan mengalami kegagalan sama lagi.

Mencari masalah utama dari investasi

Saat kamu sudah berada pada kondisi tenang maka carilah akar permasalahan yang membuat kamu gagal dalam melakukan penanaman modal. Berikanlah kamu waktu untuk memikirkan atas penyebab dari kegagalan melakukan penanaman modal.

Lakukanlah investigasi dengan mendalam pada pokok masalah yang timbul. Dengan kamu mengetahui penyebabnya maka mudah untuk mengambil keputusan dan menghindari kesalahan yang sama.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Jangan takut untuk konsultasi dan belajar lagi

Saat kamu takut untuk berkonsultasi ketika kamu mengalami kegagalan bisa menjadi penyebab penanaman modal menjadi gagal. Jangan takut untuk melakukan konsultasi tentang masalah kegagalan yang kamu alami pada ahlinya.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan pelajaran lebih detail lagi. Selain itu juga bermanfaat untuk menghindari penanaman modal yang gagal di kemudian hari.

Itulah beberapa pembahasan tentang kegagalan dalam melakukan investasi. Selesaikan kegagalan dengan menemukan inti permasalah dari penanaman modal.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram