Penasihat Investasi

Pernah mendengan penasihat investasi? Perkembangan membawa kabar baru dalam melakukan penyimpanan uang namun tetap berkembang. Selain menabung, kegiatan tersebuat berupa investasi baik pada pasar modal maupun pada pihak tertentu.

Kegiatan ini mampu memberikan penghasilan tetap dalam jangka waktu lama. Tanpa kamu harus bekerja untuk orang lain namun penghasilan mengalir setiap bulannya.

Apa Itu Investasi?

Penasihat Investasi

Kegiatan untuk menyimpan ataupun menempatkan dana yang dimiliki pada periode tertentu. Harapannya penanaman modal tersebut bisa menguntungkan atau peningkatan pada nilainya.

Sudah banyak investor sekarang ini yang menanamkan modalnya pada pihak tertentu atau bentuk trading. Sebab penanaman modal tersebut bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan namun harus siap dengan segala risikonya.

Penanaman Modal untuk Bisnis dan Non Bisnis

Penanaman modal sangat erat hubungannya dengan hal bisnis, meskipun juga ada investasi yang tidak berkaitan dengan bisnis. Salah satunya aset yang memiliki tujuan untuk meningkatkan nilainya dalam jangka panjang.

Tujuan dari penanaman modal bukan untuk menjadi investor kaya, sebab untuk melakukannya harus dijalani dengan komitmen yang kuat dan sabar. Terdapat 2 jenis yang bisa kamu pilih untuk memulai menanam modal yakni jangka pendek ataupun jangka panjang

Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Inilah uraian mengenai penanaman modal jenis jangka pendek dan jangka panjang:

1. Jangka Pendek

Jika diartikan bahwa penanaman modal jangka pendek biasanya berjalan kurang dari 3 tahun untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga nantinya dapat dikonversikan dengan dijual atau dalam bentuk uang.

Contoh dari bentuk penanaman modal jangka pendek yakni pasar saham, obligasi jangka pendek dan sertifikat deposito.

2. Jangka Panjang

Penanaman modal yang membutuhkan waktu hingga 3 tahun lebih agar bisa mendapatkan keuntungan. Penanaman modal jangka panjang sangat cocok untuk kamu yang mempersiapkan masa depan menikah, biaya pendidikan anak ataupun dana pensiun ketika sudah tua.

Jika kamu sudah memutuskan untuk melakukan penanaman modal jangka panjang pastikan tidak melakukan pengambilan dana sebelum 3 tahun. Seperti halnya penanaman modal Reksa Dana yang mana sifatnya cukup agresif dan nilai untuk pengembaliannya tinggi.

Tujuan Menanam Modal

Dari uraian di atas dapat dapat dipahami bagaimana penanaman modal berjalan. Berikut inilah manfaat dari melakukan penanaman modal:

1. Mendapatkan penghasilan tetap dari investasi

Tujuan untuk menanam modal yakni bisa mendapatkan penghasilan tetap yang seringkali diterapkan pada para investor. Seperti halnya melakukan penanaman modal diperusahaan pengolahan makanan siap saji.

Dari hasil penjualan yang mereka dapatkan, kamu mempunyai hak dari persentase keuntungan setiap bulannya. Besaran persentase tersebut akan selalu berbeda tergantung dari kesepakatan yang telah dilakukan oleh investor dan juga perusahaan.

2. Sebagai jaminan dalam bisnis

Melakukan penanaman modal pada supplier bahan baku yang tengah kamu lakukan maka perusahaan tidak akan kekurangan pasokan. Tidak hanya itu saja, harga produknya mampu bersaing di pasaran sebab mempunyai bahan baku lebih murah dan tetap berkualitas baik.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Manfaat Melakukan Investasi

Selain tujuan, penanaman modal juga memberikan banyak manfaat untuk kamu. Sekarang ini banyak orang yang menanam modal demi mendapatkan keuntungan serta bisa memperluas bisnisnya.

Inilah beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh investor:

1. Mampu meningkatkan aset

Misalnya seseorang melakukan pembelian tanah dengan tujuan menanam modal. Setelah disimpan beberapa tahun kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Maka dengan demikian nilai asetnya berupa kenaikan harga tanah. Akan tetapi, peningkatan nilai aset tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat, membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan.

2. Memenuhi kebutuhan untuk masa depan

Menanam modal sekarang ini memiliki tujuan sebagai penunjang serta bentuk untuk mendukung kehidupan di masa depan. Seperti halnya melakukan penanaman modal dengan bentuk emas untuk dana pendidikan anak kelak.

3. Menghindari Hutang

Membentuk prinsip gaya hidup yang sederhana, maka seseorang bisa mengindari dirinya dari hutang. Orang yang telah mempunyai komitmen untuk menanam modal maka akan menghindar dari hutang dan memilih untuk hidup hemat serta melakukan perbaikan ekonomi.

4. Gaya hidup hemat

Melakukan penanaman modal bisa melalui cara hidup hemat. Sebab untuk menanam modal membutuhkan dana yang pastinya tidak sedikit, sehingga lebih berhemat untuk bisa melanjutkan penanaman modal dan tidak membeli hal-hal tidak penting dalam kebutuhan hidupnya.

5. Bentuk Penanaman Modal

Pada umumnya tujuan dari menanam modal tidak lain untuk mengembangkan aset. Penanaman modal dibagi menjadi 2 antara lain:

• Aktiva rill yang sering dilakukan oleh seseorang dengan bentuk yang tidak terlihat maupun terlihat. Seperti emas, logam mulia, properti, tanah dan lainnya.
• Aktiva finansial yang dilakukan oleh investor dengan bentuk sekuritas seperti deposito dan saham.

Pengertian Penasihat Investasi

Setelah kamu memahami tentang penanaman modal di atas, perlu diketahui juga tentang penasihatnya. Namanya saja penasihat pasti seseorang ataupun lembaga yang akan memberikan masukan baik itu nasihat ataupun informasi terkait penanaman modal agar investor dapat menjalankanya dengan baik.

Akan tetapi menurut UU pasar modal bahwa penasihat di sini artinya pihak yang memberikan nasihat pada pihak lain tentang penjualan serta pembelian efek untuk mendapatkan imbalan jasa. Tidak hanya sebagai instrumen saja, namun perannya untuk memberi arahan pada calon investor atau sebagai tempat konsultasinya investor.

Jenis Penasihat Investasi

Bidang dalam penasihat ini tidak hanya terdiri dari satu bidang saja. Melainkan terdapat beberapa jenis penasihat dengan bidang yang berbeda, berikut uraiannya:

1. Perencana Keuangan Bersertifikat

Pihak yang profesional dan memenuhi syarat standar dalam perencanaan keuangan bersertifikasi dan lulus ujian.

2. Pialang Saham

Seseorang menjadi perwakilan berlisensi dari sebuah perusahaan pialang untuk membeli dan menjual efek saham serta obligasi.

3. Penasihat Investasi Terdaftar

Perusahaan yang telah terdaftar pada Komisi Pertukaran Efek Indonesia.

4. Agen Asuransi dan Bankir

Agen ini mempunyai izin untuk menjual dan menyarankan asurasni, obligasi, saham ataupun reksadana.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai investasi dan penasihatnya. Jika kamu kebingungan untuk memulainya bisa menanyakan pada penasihat sesuai bidangnya.

Instagram