Artikel inkaso dari Transfez

Banyak istilah-istilah dalam dunia perbankan yang masih asing di telinga banyak orang. Diantara sekian banyaknya istilah tersebut salah satunya yakni Inkaso.

Sebenarnya istilah inkaso sering digunakan dalam dunia perbankan. Untuk kali ini simaklah secara baik-baik pembahasan menyeluruh tentang inkaso.

Artikel inkaso dari Transfez

Pengertian Inkaso

Istilah inkaso dalam dunia perbankan ini mempunyai arti yang merupakan salah satu jenis layanan dalam perbankan.

Dalam rangka menyelesaikan hutang atau tagihan berupa instrumen atau surat-surat perbankan dan surat berharga lainnya yang mana tidak bisa diambil aliy atau dilunasi segera kepada pihak pemberi amanat untuk kegiatannya maka dengan layanan ini dapat menghubungkan kepada pihak ketiga.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Jenis-jenis Inkaso

Apa saja layanan yang terdapat dalam inkaso, sebenarnya dalam inkaso ini terdapat tiga jenis yang dibedakan dengan beberapa hal dalam dasarnya. Perbedaan itu semuanya atas dasar kriterianya masing-masing. Beberapa jenis tersebut sebagai berikut:

Inkaso Berdasarkan Pelaksanaanya

Mekanisme ini dimulai dari bank lain atau melalui cabang lain dari bank tersebut. Pihak ketiga yang ternyata telah menjadi nasabah bank lain di luar kota maka melalui bank lain dapat dilakukan. Karena hal itu dibutuhkan bantuan dari bank lain.

Kemudian dari cabang bank sendiri pada pihak ketiga ternyata mempunyai rekening yang sama hanya saja berbeda cabangnya, oleh karena itu maka proses pelaksanaanya atau memulainya dari cabang bank sendiri.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Inkaso Berdasarkan Jenisnya

Jenis transaksi yang digunakan ada dua atas dasar jenisnya yang dapat dilihat. Yaitu inkaso surat perbankan yang tidak memiliki lampiran dokumen apapun yang berguna untuk digunakan sebagai pendukung, atau sebutan lainnya ialah inkaso warkat.

Sebagai contohnya adalah bilyet, cek ataupun giro. Sedangkan inkaso lainnya ialah warkat dengan lampiran yang memerlukan dokumen lain untuk dapat digunakan sebagai pendukung atau pendamping misalnya faktur, kwitansi, polis asuransi dan surat lainnya yang telah disetujui oleh bank.

Inkaso Berdasarkan Lalu Lintas Dana

Keluar dan masuk adalah kondisi dimana apabila kamu melihat inkasi dengan lalu lintas dananya. Inkaso masuk yang berarti tagihan masuk dengan dibebankan kepada rekening nasabah itu sendiri.

Sedangkan inkaso keluar ialah penagihan kepada pihak bantuan ke bank lain di luar kota atas panduan atau instruksi dari nasabah langsung.

Inkaso Berdasarkan Mekanisme

Inkaso juga memiliki mekanismenya sendiri layaknya layanan perbankan lainnya.
Terdapat 3 mekanisme atau metode yang dimiliki oleh inkaso ini sendiri, mekanisme ini diatur atas dasar pengirimnya maupun penerimanya.

Berikut tiga mekanisme nya:

a. Inkaso via bank sendiri

Mekanisme ini terjadi ketika bank yang ditunjuk oleh pembeli memiliki lokasi yang sama dengan bank yang digunakan, contohnya ketika A adalah nasabah bank Z di Sumatera. Si A dari tempat ia menabung melakukan pembayaran ke si B menggunakan cek.

Kemudian nasabah dari bank X di Jakarta adalah si B, yang mana bank itu tak memiliki cabang di Sumatera. Maka dengan kejadian tersebut cabang itu mengirimkan cek nya ke bank Z dimana tempat A menabung.

Cabang bank X yang ada di Surabaya melakukan pengecekan atau validasi atas surat-surat tersebut yang mana sebelumnya dari bank Z telah mengkliring dana melalui cek dan kemudian dikirimkan. Jika surat tersebut lolos atau valid dan dananya cukup, maka bank X akan menjadikan tagihan ke rekening nasabah.

Kemudian bank X akan memberikan kabar bahwa transaksi telah terjadi, dan selanjutnya dari bank Z yang mendapatkan kabar atau informasi tersebut kemudian melakukan perhitungan antar kantor dilanjutkan memberitahukan cabangnya di Jakarta mengenai transaksi efektifitas penarikan cek tersebut.

b. Inkasi via bank koresponden

Mekanisme ini melibatkan dari pihak bank lain, jika bank yang ditunjuk oleh pemberi dana menabung ternyata tidak punya cabang di daerah itu.

Misal si pemberi dana menabung di bank X, tetapi ternyata bank X tidak mempunyai cabang di sumatera, layaknya ilustrasi di atas. Dengan kasus seperti itu maka memerlukan bantuan dari pihak lain contohnya pihak Y yang menjadi koresponden.

Pihak Y ini nantinya menjadi bank yang akan melakukan kalkulasi atau perhitungan antar kantor yang kemudian dari bank YG akan menyampaikan keefektifan dana ke bank DZ. Bank Z akan menjadi bank yang melakukan pengkreditan ke rekening nasabah bank X.

Proses ini memang lebih lama dan rumit dari mekanisme yang pertama karena dalam proses ini melibatkan bank lain dalam transaksinya.

c. Inkaso antar cabang bank sendiri

Metode yang ketiga atau yang terakhir ini akan lebih mudah karena hanya melibatkan satu bank inti saja yang sama walau berbeda lokasi dan cabangnya. Sebagai contoh si nasabah Q yang menabung di bank P di cabang Bogor.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Si Q melakukan transaksi atau pembayaran kepada pihak W yang mana si pihak W merupakan nasabah di bank P dengan cabang yang berada di Tangerang. Penagihan kepada bank P di Bogor dilakukan oleh bank P yang berada di Tangerang yang menerima cek sebelumnya.

Lalu kemudian bank P menanyakan dan membebankan ke pihak Q tentang pembayaran melalui tabungan si Q di banknya. Setelah semuanya jelas dan valid dan kedua bank P dari berbeda cabang ini telah mengkonfirmasi, maka nantinya pihak bank P yang dari Tangerang memberikan atau melanjutkan dananya ke pihak si W yang mana dana tersebut adalah pembayaran yang dilakukan si Q.

Dengan begitu proses dengan inkaso antar cabang bank sendiri ini akan terasa lebih mudah dan cepat jika membandingkan dengan mekanisme yang sebelum-sebelumnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Demikianlah informasi seputar inkaso yang dapat kamu ketahui dari pengertian, contoh, dan jenis. Jika masih ada pertanyaan mengenai topik pembahasan ini, bisa tulis komentar di bawah atau mention ke social media kami.

Instagram