Transaksi Kliring Adalah Hal Penting Dalam Perbankan dan Keuangan

Transaksi kliring adalah salah satu hal yang familiar di dunia perbankan dan keuangan. Dimana hal tersebut pada dasarnya harus melibatkan beberapa pihak. Pada dasarnya kliring sendiri merupakan sebuah bentuk dari adanya penyelesaian transaksi yang berkaitan dengan keuangan. Dalam hal ini tentunya ada dua pihak yang terlibat yaitu pihak pelaku hutang dan piutang. Maka transaksi penyelesaian hutang dan piutang ini dilakukan dengan melibatkan suatu lembaga.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Disinilah peran lembaga kliring yang kemudian menjadi pihak ketiga dan bertindak sebagai mediator. Tentu saja penyelesaian ini dilakukan dengan benar dan pastinya sesuai dengan setiap peraturan atau prosedur yang memang berlaku. Maka bisa dibilang bahwa transaksi untuk menyelesaikan masalah hutang dan piutang ini memiliki berbagai fungsi penting diantaranya sebagai berikut.

Transaksi Kliring

Manajemen Risiko Lewat Transaksi Kliring

Salah satu fungsi dari transaksi kliring adalah berkaitan dengan hal manajemen risiko. Yang dimaksud dengan manajemen risiko disini tak lain adalah pengelolaan risiko yang bisa saja terjadi. Terutama pada saat terjadi suatu transaksi yang dilakukan oleh dua pihak yang terlibat di dalamnya. Tepatnya antara pihak yang menerima pinjaman atau hutang dengan pihak yang memberi pinjaman dana atau piutang.

Lembaga yang melaksanakan kliring dapat membantu kedua belah pihak untuk bisa terhindari dari segala macam risiko yang bsia saja terjadi. Maka bisa dibilang pula bahwa lembaga ini dapat menghindarkan kedua belah pihak dari suatu permasalahan berkaitan dengan hutang dan piutang.

Menyeimbangkan Transaksi Keuangan

Fungsi selanjutnya dari transaksi kliring adalah untuk membantu mewujudkan suatu keseimbangan transaksi. Pada dasarnya menyeimbangkan transaksi turut menjadi tugas bagi suatu lembaga kliring. Dalam hal ini lembaga kliring memiliki tugas untuk dapat memastikan bahwa seluruh transaksi keuangan yang terjadi sudah berjalan seimbang. Artinya dari kedua belah pihak sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada pihak yang dirugikan.

Keseimbangan transaksi sendiri penting untuk dapat menyelaraskan kepentingan kedua belah pihak. Baik pihak penerima dana hutang maupun pihak pemberi dana sama-sama memiliki kepentingan sehingga sepakat akan terjadinya suatu transaksi. Maka transaksi ini haruslah berjalan tanpa menimbulkan kerugian bagi kedua pihak yang bersangkutan.

Mengelola Margin Lewat Transaksi Kliring

Ada lagi fungsi dari transaksi kliring adalah untuk melakukan pengelolaan margin. Lembaga ini bertugas untuk menjamin adanya pengelolaan margin yang tepat dan bisa dipertanggungjawabkan. Setidaknya lembaga kliring dapat membantu melakukan pengelolaan kebutuhan margin bagi para pihak yang terlibat dalam suatu transaksi.

Pada dasarnya lembaga transaksi jenis kliring ini perlu tahu lebih jelas mengenai kebutuhan para pihak. Setelah itu barulah kemudian lembaga ini dapat membantu memberikan margin bagi kedua belah pihak. Dengan kata lain pengelolaan margin ini perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan pihak penerima dan pemberi hutang tepatnya dalam menjalankan transaksi.

Memfasilitasi Pengiriman Uang Dengan Transaksi Kliring

Lembaga yang bertugas di bidang transaksi kliring adalah lembaga yang juga memiliki fungsi sebagai pihak yang menjamin fasilitas bagi pengiriman uang. Tentunya pengiriman uang atau dana merupakan suatu hal penting yang menjadi bagian dari proses pemberian dan penerimaan dana hutang. Oleh karena itu proses pengiriman uang haruslah diperhatikan dengan benar agar terhindar dari berbagai macam kesalahan yang mungkin terjadi.

Untuk itu lembaga kliring perlu memastikan bahwa proses pengiriman uang atau dana berjalan secara lancar. Selain itu pengiriman uang ini juga perlu dipastikan sudah berjalan secara teratur. Jika hal ini sudah dilakukan maka berarti fasilitas yang diberikan oleh lembaga kliring bisa dibilang telah diterapkan bahkan secara maksimal.

Melindungi Pihak Terlibat

Selain seluruh fungsi di atas rupanya salah satu fungsi transaksi kliring adalah memberikan perlindungan dengan baik. Perlindungan ini tidak lain diberikan pada kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi keuangan. Dalam hal ini transaksi keuangan yang dimaksud berkaitan dengan hutang dan piutang.

Lembaga kliring memang memiliki tugas untuk memberi perlindungan pada penerima dana dan pemberi dana dalam suatu transaksi yang terjadi. Setidaknya lembaga kliring perlu memastikan bahwa transaksi yang terjadi atau berjalan tersebut sudah sesuai dengan rencana dari kedua belah pihak. Selain itu lembaga kliring juga perlu memastikan bahwa transaksi yang terjadi sudah melalui tahapan atau proses verifikasi.

Baca juga: Apa itu Kliring? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Melakukan Mediasi Via Transaksi Kliring

Tak ketinggalan pula fungsi lain dari transaksi kliring adalah melakukan mediasi. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa mediasi diperlukan untuk menekan kemungkinan terjadinya perselisihan bagi kedua pihak yang saling terlibat dalam suatu bentuk hubungan. Termasuk pula hubungan yang terjadi karena adanya transaksi keuangan seperti misalnya hutang dan piutang.

Disini lembaga kliring bertugas untuk selalu siap turun tangan dalam mengatasi perselisihan kedua pihak yang terlibat. Lembaga kliring dapat berperan sebagai mediator dan turun tangan dalam mendamaikan kedua belah pihak. Mediasi ini bisa diberikan atau dilakukan tepatnya sebelum permasalahan ini dikirim kepada pihak arbiter yang bertugas memberikan keputusan.

Memastikan Aturan Dalam Transaksi Kliring

Satu lagi hal penting dari transaksi kliring adalah peraturan yang berlaku. Tentu saja peraturan ini berkaitan dengan segala transaksi yang dilakukan oleh dua belah pihak terkait. Pada dasarnya setiap aturan mengandung tata tertib dalamnya. Tentu saja peraturan yang mengandung tata tertib ini diperlukan untuk menjadi pedoman dalam melakukan transaksi.

Jadi setiap pihak yang terlibat sudah seharusnya mengikuti tata tertib yang menjadi pedoman agar transaksi berjalan lancar. Maka nantinya transaksi yang terjadi bisa berlangsung sesuai dengan aturan yang sudah disepakati bersama. Jika hal ini sudah berjalan dengan baik maka tansaksi tidak akan sampai menimbulkan kerugian bagi keduanya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Transaksi kliring adalah salah satu transaksi perbankan dan keuangan yang sangat berperan penting. Terutama terkait dengan menyelesaikan permasalahan keuangan dari berbagai pihak. Melalui transaksi yang aman dan lancar, tentu akan menyelesaikan kendala bisnis dan keuangan secara efektif.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Februari 2024