DANA: Cara Menarik Saldo ke Rekening Bank dan Melalui Alfamart

DANA adalah dompet digital yang memiliki fitur lengkap serta memudahkan transaksi non tunai. Selain itu, DANA juga memiliki fitur transfer ke bank tanpa biaya admin 10x per bulan. Untuk fitur tarik tunai saldo DANA, dompet digital ini bekerja sama dengan retail Alfamart, Alfamidi, Dan-Dan dan, Lawson serta Pegadaian.

Cara Transfer Uang Melalui HP dana

Syarat dan Ketentuan Pencairan Saldo DANA

1. Permintaan pencairan saldo DANA hanya dapat dilakukan melalui aplikasi DANA.
2. Permintaan pencairan saldo DANA hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah melakukan upgrade akun DANA, dengan status terverifikasi.
3. Terdapat biaya yang dikenakan setiap pencairan saldo DANA sebesar Rp 4.500. Minimum saldo DANA yang dapat dicairkan sejumlah Rp 50.000.
4. Maksimal saldo DANA yang dapat dicairkan sejumlah Rp 1.000.000 per transaksi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Cara tarik saldo DANA ke rekening bank

Agar bisa tarik tunai saldo dari aplikasi DANA ke rekening bank, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu sudah upgrade DANA ke premium user serta memiliki saldo minimal Rp10.000 ditambah biaya admin atau bisa gratis tanpa biaya admin. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara transfer uang dari aplikasi DANA ke rekening bank lokal, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi DANA
2. Pilih menurut Kirim
3. Kemudian pilih Kirim ke Akun Bank
4. TapKirim ke Rekening Bank, kemudian pilih bank tujuan misalnya BNI, BCA, Mandiri atau BRI yang sesuai dengan rekening yang akan digunakan untuk menerima transfer uang dari DANA.
5. Masukkan nomor rekening kamu pada kolom nomor akun, dan kemudian tab tombol tambah bank baru. Dimana nama alias tidak wajib untuk diisi.
6. Isi nominal uang yang akan kamu tarik ke rekening bank minimal Rp10.000
7. Tab tombol atur jumlah dan kemudian klik konfirmasi
8. Terakhir masukkan PIN akun DANA dan tunggu sampai transaksi selesai
9. Saldo DANA akan langsung masuk ke rekening tujuan apabila proses penarikan sudah berhasil. Biasanya saldo yang ditarik akan langsung instan masuk ke rekening tujuan saat itu juga tanpa ada delay.

Cara tarik tunai saldo DANA melalui Alfamart

cara transfer uang lewat alfamart

Selain transfer ke rekening bank, kamu juga bisa menarik saldo DANA melalui Alfamart setelah kamu upgrade akun menjadi premium secara online. Pastikan jumlah saldo kamu mencukupi untuk sebelum penarikan dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi DANA yang kamu miliki
2. Pilih menu Cashout
3. Pilih jaringan gerai Alfamart
4. Kunjungi Alfamart terdekat
5. Saat di Alfamart, beritahu kasir bawah kamu ingin menarik tunai saldo DANA
6. Kemudian, informasikan nomor handphone dan token kepada kasir, kamu harus ingat bahwa token hanya valid atau aktif selama 5 menit.
7. Beritahu kasir nominal penarikan saldo yang kamu lakukan. Jumlah penarikan minimum sebesar Rp50.000 dan maksimum Rp1.000.000 per transaksi.
8. Transaksi akan diproses oleh kasir. Apabila penarikan tunai DANA berhasil dilakukan melalui Alfamart, kemudian DANA akan memberi pemberitahuan akan muncul melalui layar ponsel kamu.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Cara Transfer DANA ke Rekening Pengguna

Kamu juga bisa mengirim saldo DANA ke sesama pengguna DANA, dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi DANA
2. Klik Kirim
3. Kemudian, klik Kirim ke Teman
4. Lalu, masukkan nomor tujuan
5. Masukkan nominal yang akan dikirimkan
6. Pilih metode pembayaran menggunakan saldo DANA
7. Pastikan nomor dan jumlah transfer sudah sesuai
8. Selanjutnya pilih Bayar
9. Masukkan PIN DANA
10. Selesai

DANA: Cara Menarik Saldo ke Rekening Bank dan Melalui Alfamart
Pexels/ Karolina Grabowska

Dompet digital lain yang dapat menerima saldo transfer DANA

Selain mentransfer ke rekening tabungan, kamu juga bisa kirim saldo DANA ke dompet digital lainnya, seperti Shopeepay atau OVO. Meskipun kamu dapat mengirim ke dompet digital lain, namun ini bukan pintu resmi yang disediakan oleh pihak DANA jadi bisa saja suatu saat tidak bisa digunakan lagi.

Cara Transfer DANA ke ShopeePay

1. Buka aplikasi Shopee
2. Pilih isi saldo ShopeePay
3. Pilih isi saldo dan tujuan bank transfer
4. Pilih bank sesuai keinginan
5. Muncul kode transfer dan salin kode tersebut
6. Untuk transfer Dana ke ShopeePay, buka aplikasi Dana
7. Lalu pilih Kirim
8. Pilih opsi Kirim ke Rekening Bank
9. Isi Bank Mandiri pada kolom nama bank
10. Masukkan salinan kode transfer dari aplikasi Shopee
11. Setelah semua informasi sesuai, pilih Tambah Bank Baru
12. Kemudian, isi nominal transfer dengan minimal Rp10.000
13. Pada halaman Konfirmasi, cek ulang nominal saldo dan nomor tujuan
14. Jika sudah sesuai, klik Konfirmasi
15. Masukkan nomor PIN Dana
16. Selesai

DANA: Cara Menarik Saldo ke Rekening Bank dan Melalui Alfamart
Pixabay/Bru-No

Batas maksimal transfer DANA ke bank

Maksimal penarikan saldo DANA ke rekening bank yaitu Rp1.000.000 per transaksi, namun untuk tarik saldo pada DANA pertama kali batasnya hanya Rp250.000. Namun, untuk bisa melakukan transfer sejumlah saldo rekening bank kamu harus memiliki minimal saldo sebesar Rp50.000.

Biaya admin tarik saldo DANA ke rekening bank

Saat kamu melakukan transfer sejumlah saldo DANA ke rekening bank, maka kamu tidak akan dikenakan biaya admin. Karena kamu memiliki kuota bebas transfer 10x, namun kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp4.500 per transaksi apabila sudah melewati batas maksimum kuota bebas transfer.

Sedangkan apabila kamu ingin menarik saldo DANA melalui agen, seperti Alfamart atau Alfamidi, Dan-Dan, pegadaian dengan minimal Rp50.000 akan dikenakan biaya admin Rp4.500. Hingga batas minimal penarikan harus memiliki saldo Rp54.000.

Kuota gratis penarikan tunai

Kuota gratis penarikan tunai diperbarui setiap tanggal satu, maka kuota akan kembali ke posisi awal 10x gratis tarik tunai. Kuota gratis penarikan tunai ini tidak bersifat akumulatif, sehingga apabila sisa kuota bulan sebelumnya masih tersedia maka untuk selanjutnya akan hangus.

Misalnya, kamu memiliki sisa kuota cashout 3x untuk bulan Agustus. Pada tanggal 1 September sisa kuota di bulan Agustus tersebut akan hangus dan kembali ke posisi 10 gratis cashout, yang artinya tidak diakumulasi menjadi 13x.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah cara menerima uang dari DANA melalui rekening tabungan pribadi atau agen retail seperti Alfamart, Alfamidi, Dan-Dan dan Pegadaian. Penarikan saldo pada DANA bersifat real time, artinya akan segera bisa diterima setelah transaksi berhasil.

Instagram