Contoh Laporan Keuangan untuk Bukti Pertanggungjawaban

Contoh laporan keuangan adalah jenis laporan yang mampu menunjukkan kondisi finansial pada sebuah entitas pada periode tertentu. Dari setiap detail untuk laporan keuangan tentunya akan sangat dibutuhkan ketika akan melakukan kegiatan evaluasi perusahaan sehingga proses pembuatannya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Laporan keuangan nantinya akan menjadi acuan bagaimana kinerja dari perusahaan dalam satu periode sehingga dengan adanya informasi maka dapat diketahui seberapa banyak laba dan rugi yang telah didapatkan oleh perusahaan pada satu periode tersebut. Maka dari itu pembuatan laporan keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dikerjakan dan harus dilakukan dengan akurat.

Fungsi dan Tujuan Contoh Laporan Keuangan

Fungsi dan tujuan adanya laporan keuangan guna mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan pada periode tertentu. Dengan adanya laporan keuangan tersebut nantinya dapat digunakan oleh pengguna informasi dan semua stakeholder yang memiliki kepentingan dengan kebutuhan laporan keuangan.

Hasil dari laporan keuangan bisa digunakan sebagai bahan evaluasi guna melakukan pencegahan apabila hasilnya kondisi keuangan perusahaan sedang dalam masalah. Berikut ini beberapa fungsi umum dari laporan keuangan perusahaan:

1. Sebagai Bahan Evaluasi Kondisi Perkembangan Usaha

Fungsi dan Tujuan Contoh Laporan Keuangan Sebagai Bahan Evaluasi Kondisi Perkembangan Usaha

Guna melakukan evaluasi perkembangan bisnis dan usaha tentunya harus menggunakan acuan yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yaitu kamu bisa menggunakan laporan keuangan yang didalamnya memuat informasi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.

Dengan menggunakan semua data informasi atas laporan keuangan perusahaan pada periode tertentu akan memperlihatkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Seperti halnya contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan bisamemang kondisinya sedang untung ataupun rugi.

2. Sebagai Penilaian Kondisi Bisnis

Fungsi dan Tujuan Contoh Laporan Keuangan Sebagai Laporan Pertanggungjawaban pada Stakeholder

Apabila sudah diketahui bagaimana kondisi usaha atau bisnis dalam keadaan rugi ataupun untung maka bisa membuat keputusan apakah perlu untuk menambahkan modal dalam bisnis tersebut ataupun tidak. Seperti halnya mengetahui kondisi bisnis atau ke usaha dari laporan keuangan dapat diputuskan untuk memberikan tambahan modal sebagai ekspansif bisnis ataupun perusahaan membutuhkan modal tambahan guna menutup kerugian yang sedang terjadi.

3. Sebagai Laporan Pertanggungjawaban pada Stakeholder

Fungsi dan Tujuan Contoh Laporan Keuangan Sebagai Penilaian Kondisi Bisnis

Laporan keuangan tentunya memuat informasi keuangan perusahaan yang dapat digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pada semua stakeholder yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Seperti halnya apabila perusahaan terbuka maka investor dan pemegang saham bisa menggunakan laporan keuangan ini guna melihat kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Dengan demikian laporan keuangan merupakan pertanggungjawaban dari sebuah perusahaan guna memberikan informasi atas kondisi perusahaan pada stakeholder. Mengingat data laporan keuangan ini sangat penting maka sebagian besar perusahaan biasanya menggunakan software guna membantu pekerjaan sehingga menghasilkan nilai yang kredibel dan akurat.

Jenis Contoh Laporan Keuangan

Contoh Laporan Keuangan untuk Bukti Pertanggungjawaban

Terdapat beberapa jenis laporan keuangan yang ada di setiap perusahaan termasuk dagang. Dari setiap laporan keuangan tersebut mempunyai fungsi dan peranannya yang tersendiri dalam agenda laporan keuangan di setiap perusahaan ataupun bisnis.

Dalam hal ini biasanya perusahaan mempunyai kebutuhan masing-masing sehingga untuk penggunaan laporan keuangan tersebut akan berbeda-beda. Berikut detail laporan keuangan yang dapat kamu ketahui:

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan jenis laporan yang dapat digunakan oleh pihak perusahaan guna mengetahui posisi keuangan laba ataupun rugi. Jenis laporan yang satu ini dibuat guna mengetahui atau menilai kinerja keuangan sebagai acuan untuk kondisi perusahaan serta pengambilan langkah berikutnya sebagai pemimpin perusahaan.

Laporan ini juga dapat menginformasikan terkait keuntungan ataupun kerugian dalam satu periode akuntansi yang dialami oleh perusahaan. Selain itu laporan laba rugi dibuat guna memberikan informasi terkait pajak perusahaan.

2. Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan ekuitas atau perubahan modal merupakan jenis contoh laporan keuangan yang menggambarkan adanya perubahan dalam segi peningkatan ataupun penurunan aktiva bersih dalam waktu satu periode. Laporan perubahan modal berhubungan dengan besarnya perubahan modal keuangan yang sedang terjadi sehingga kamu bisa mengetahui gambaran perencanaan perusahaan ke depan.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan

3. Laporan Neraca

Neraca atau balance sheet adalah salah satu jenis laporan keuangan yang mampu menunjukkan posisi serta informasi keuangan pada sebuah perusahaan. Dalam pembuatan laporan neraca tentunya kamu akan melihat informasi lengkap terkait kewajiban, aset dan modal perusahaan yang detail dan rinci.

Laporan keuangan untuk neraca yang satu ini sangat penting bagi perusahaan supaya dapat merencanakan proyek untuk masa depan. Proses penyusunan laporan neraca perusahaan ada beberapa komponen yang harus disiapkan seperti halnya jumlah aktiva mulai dari harta ataupun aset, kewajiban berupa hutang serta ekuitas ataupun modal perusahaan.

4. Laporan Arus Kas

Contoh laporan keuangan akuntansi yaitu laporan arus kas yang dikenal dengan cash flow statement yang memberikan informasi terkait aliran kas perusahaan baik yang masuk ataupun keluar. Laporan arus kas ini memiliki fungsi sebagai indikator guna melakukan prediksi arus kas pada periode yang akan datang.

Seperti halnya hasil dari kegiatan operasional perusahaan, kas perusahaan sampai pendanaan ataupun pinjaman yang telah diperoleh oleh perusahaan. Laporan arus kas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas arus kas masuk dan keluar dalam periode pelaporan.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan adalah salah satu bagian dari jenis ataupun bentuk laporan keuangan suatu entitas yang ada di perusahaan dan sebenarnya bukan hal yang wajib untuk dibuat perusahaan. Dengan demikian perusahaan yang telah membuat catatan atas laporan keuangan merupakan perusahaan yang sudah berskala besar ataupun perusahaan yang telah go public.

Pembuatan catatan atas laporan keuangan ini memiliki tujuan yang berhubungan dengan informasi keuangan pada perusahaan guna memberikan penjelasan secara terperinci dan detail terutama pada beberapa hal yang ada di dalam jenis laporan bisnis lainnya. Sehingga untuk letak catatan atas laporan keuangan biasanya berada di bagian paling belakang dan laporan ini bisa memberikan kemudahan kamu dalam memahami informasi laporan yang lain karena isinya terbilang lebih terperinci dan detail.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait penjabaran contoh laporan keuangan yang biasanya dibuat oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan keuangan menginformasikan kondisi perusahaan sedang berada pada posisi untung ataupun rugi.

Instagram