7 tips mengelola keuangan perusahaan

Mengelola keuangan perusahaan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dipikirkan ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis maupun akan menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Sayangnya, masih banyak pebisnis di luaran sana yang mengalami kerugian hanya karena tidak mampu mengelola keuangan bisnisnya dengan baik. Nah, untuk itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara dalam mengelola keuangan perusahaan secara efektif dengan memaksimalkan laporan keuangan.

Menentukan Presentase

Menentukan presentase

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, maka hal pertamna yang perlu Anda lakukan adalah menentukan berapa persen uang yang akan dialokasikan untuk operasional bisnisnya.

Selain itu, Anda juga harus menentukan berapa persen target laba yang ingin dicapai, berapa persen uang yang digunakan untuk cadangan kas bisnis, serta berapa persen uang untuk pengembangan bisnisnya.

Dengan menentukan presentase tersebut, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan sesuai dengan porsi yang telah ditentukan di awal Anda memulai bisnis.

Lakukan Negosiasi Sebelum Penandatanganan Kontrak

Lakukan negosiasi sebelum penandatanganan kontrak

Terkadang, memang Anda harus menggali penawaran yang terbaik. Ketika melakukan pembelian dari pihak vendor, mak cobalah untuk melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang lebih baik. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih berhema dan bisa menjaga kestabilan keuangan perusahaan dengan lebih baik.

Negosiasi ini bisa Anda lakukan secara bertahap untuk akhirnya bisa mendapatkan kesepakatan yang mana akan sama-sama saling menguntungkan diantara kedua belah pihak, baik untuk Anda maupun untuk vendor yang akan menjalin kerjasama.

Jika tanda tangan kontrak sudah dilakukan tanpa proses negosiasi terlebih dahulu, maka jika suatu ketika terjadi hal-hal yang mungkin tidak sesuai dan tidak diinginkan, maka akan cukup sulit dalam mengatasinya.

Lakukan Putaran Kas

Lakukan putaran kas

Jika Anda sedang memulai bisnis, maka Anda jangan hanya berpusat pada keuntungannya saja. Mengelola keuangan bisnis juga meliputi bagaimana Anda mengelola hutang piutang, dan persediaan.

Ada banyak sekali usaha yang mengalami kesulitan kas meski catatan akuntansinya menunjukkan angka yang baik. Hal ini bisa Anda perhatikan dari bagaimana cara Anda dalam mengelola arus kas perusahaan.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bayar tagihan tepat waktu

Sangat penting bagi Anda untuk bisa membayar semua tagihan perusahaan secara tepat waktu. Siapkan saja pengingat bulanan untuk bisa memastikan bahwa memang tidak ada tagihan bisnis yang telah jatuh tempo. Dengan menghindari keterlambatan pembayaran, maka bisa menjaga keuangan perusahaan Anda dengan baik.

Jangan sampai Anda terbelit oleh hutang yang nantinya malah akan memperlambat proses pengembangan bisnis pada perusahaan Anda tersebut.

Kurangi Hutang

Kurangi hutang

Sebisa mungkin untuk Anda menghindari risiko hutang dalam menjalankan perusahaan. Mengembangkan sebuah bisnis dengan cara berhutang memang diperbolehkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati akan hutang piutang ini. Tambahan beban cicilan hutang dengan kondisi keuangan yang kurang baik hanya akan memperburuk perusahaan.

Rencanakan Alur Pengembangan Bisnis

Rencakan alur pengembangan bisnis

Anda berhak untuk menikmati keuntungan dari bisnis perusahaan Anda tersebut. Namun, bukan berarti bahwa Anda boleh menghabiskannya begitu saja. Anda harus tetap menyisihkan sebagian keuntungan untuk pengembangan bisnis pada perusahaan Anda.

Pengembangan bisnis yang tepat, tentunya akan menjadi saalah satu bentuk investasi yang perlu untuk Anda lakukan.

Buat Pembukuan Keuangan

Buat pembukuan keuangan

Bisnis yang tidak dikelola dengan baik, bahkan yang hanya dijalankan berdasarkan ingatan manusia saja, maka tidak akan memberikan hasil yang baik dan maksimal. Tentunya Anda butuh yang namanya pencatatan lengkap terkait dengan keuangan perusahaan Anda tersebut.

Misalnya saja dengan Anda membuat laporan keuangan, baik yang berupa laporan laba dan rugi, maupun laporan neraca keuangan perusahaannya. Cobalah untuk mencatat semua jenis transaksi yang dilakukan ke dalam saebuah pembukuan sederhana.

Dengan begitu, maka Anda pun bisa dengan mudah mengontrol semua jenis transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis perusahaan Anda tersebut. Selain itu, dengan Anda membuat pemnbukuan ini tentunya juga akan mempermudah Anda dalam mengevaluasi perkembangan bisnis perusahaan.

Anda pun bisa mulai berinvestasi dengan menambahkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membuat laporan keuangan dalam bisnis perusahaan Anda, atau dengan Anda memanfaatkan teknologi berbasis Cloud seperti halnya jurnal keuangan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store 350px appstore

Jurnal sendiri merupakan sebuah software akuntansi terbaik yang bisa membantu Anda membuat laporan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan real-time tentunya. Anda hanya perlu menginputkan semua jenis transaksi yang terjadi dalam bisnis perusahaan Anda, dan jurnal pun akan menyediakan laporan yang sesuai dengan data yang sudah Anda masukkan tersebut.

Demikianlah ketujuh cara mengelola keuangan bisnis pada perusahaan Anda. Semakin Anda memahami keuangan bisnis Anda, maka akan semakin siap juga bagi Anda untuk bisa membuat keputusan yang cerdas dalam mengelola keuangan perusahaan.

Hal yang palling penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan ini adalah dimana Anda mampu meminimalisir risiko apapun yang akan berpotensi merugikan perusahaan, dan Anda pun mampu untuk terus belajar mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri