Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan

Apa yang kamu tahu tentang strategi pemasaran handphone? Keberadaan handphone sekarang ini bukan lagi menjadi barang mewah, hampir semua orang sudah bisa memilikinya. Hal ini diimbangi oleh adanya berbagai macam merk dari handphone dengan harga yang berbeda, tidak heran juga jika setiap brand mengandalkan strategi pemasaran agar dibeli oleh masyarakat.

Bisnis penjualan handphone yang kian marak membuatnya harus memiliki hal baru untuk menarik perhatian para pembeli. Persaingan yang ketat tidak bisa hanya mengandalkan penawaran dari mulut ke mulut atau hanya sekadar promosi.

Strategi Pemasaran Handphone yang Efektif

Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan

Penjualan handphone bukan perkara yang sulit untuk dilakukan ketika kamu mempunyai cara berbeda di toko. Cara yang tepat bisa jadi solusi kamu untuk meningkatkan penjualan.
Inilah beberapa tips untuk kamu yang dapat langsung dipraktikan guna meningkatkan penjualan produk handphone:

1. Melakukan promosi secara rutin dan konsisten

Strategi dalam memasarkan produk kali ini yakni melakukan promosi yang sudah banyak dilakukan oleh penjual handphone. Melakukan promosi harus secara aktif, masif dan intens agar bisa dilihat oleh orang banyak baik itu melalui media online atau secara offline dengan cara menyebarkan brosur.

Dalam pemanfaatan media sosial juga bisa menjadi pilihan alternatif yang menguntungkan mengingat keluarnya anggaran tidak begitu banyak bahkan ada yang gratis dan harus kamu coba. Postinglah hal menarik di media sosial dan tambahkan hashtag agar lebih populer dan menjangkau banyak orang meskipun bukan pengikut.

2. Memberikan hadiah

Strategi pemasaran yang bisa meningkatkan menjualan kamu dan menarik konsumen dalam jumlah banyak dengan memberikan hadiah. Setiap konsumen pastilah ingin mendapatkan tawaran seperti ini saat melakukan transaksi khususnya di toko handphone.

Caranya dengan memajang hadiah tersebut di depan toko agar para konsumen tertarik dan datang berkunjung, hadiah bisa dalam bentuk apa saja tergantung dari ketersediaan di toko. Strategi ini bisa membuat toko handphone lebih unggul dibandingkan dengan toko yang lainnya.

3. Strategi O2O

Salah satu strategi yang mempunyai banyak keuntungan yakni O2O, kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online dan offline. Jangan hanya mengandalkan satu penggunaan media dalam mengenalkan dan memasarkan produk jual kamu ke masyarakat.

Melakukan penjualan dengan sistem yang lebih banyak memberikan peluang menguntungkan bagi toko handphone kamu, usahakan juga calon pembeli bisa datang ke toko kamu. Dalam memancing para pembeli agar datang maka buatlah bentuk promosi dengan cara memberikan diskon tertentu ketika melakukan pembelian di toko offline.

4. Strategi pemasaran dengan bekerja sama dengan brand

Terdapat beberapa merk handphone yang mempunyai strategi untuk memasarkan produknya dengan cara eksklusif di marketplace tertentu. Maka dari itu kamu dapat membuat toko online secara unggulan dan menjualkan produk eksklusif dan terpercaya guna meningkatkan penjualan produk.

Maka dari itu pentingnya bagi toko handphone kamu menjual produk dengan melakukan kerjasama bersama brand dari handphone tersebut. Seperti menyediakan tawaran awal dalam melakukan pre order produk handphone sebelum benar-benar dirilis dan besar kemungkinan akan terjual di masyarakat.

5. Memberikan layanan perawatan secara gratis

Menawarkan layanan perawatan handphone dengan gratis pada pelanggannya mampu meningkatkan penjualan produk lebih banyak dan sebagai strategi pemasaran. Pelanggan akan menyebarkan informasi ini kepada orang lain karena merasa diberikan keistimewaan dalam perawatan handphone secara gratis.

Hal ini juga akan meningkatkan image positif bagi toko handphone kamu dan pastinya para pelanggan juga akan tergiur dengan tawaran promo gratis. Dengan cara ini kamu akan meningkatkan jumlah pembeli dan besar kemungkinan penjualan kamu lebih besar daripada sebelumnya.

6. Mengadakan konsultasi secara gratis

Banyaknya brand dari berbagai macam handphone pastinya akan membuat konsumen akan merasa bingung ingin membeli produk yang mana. Maka dengan begitu berikanlah konsultasi secara gratis dan ramah pada konsumen serta berikan penjelasan secara maksimal terhadap perkembangan handphone sekarang ini.

Jangan hanya mengedepankan pada satu produk untuk ditawarkan pada konsumen, karena banyak di antaranya sales di toko handphone yang justru menawarkan brand tertentu saja untuk mendapatkan komisi. Berilah saran yang tepat dan sesuai keinginan dari konsumen agar tidak kecewa dan bisa kembali lagi ke toko kamu.

7. Mengikuti pameran atau event

Strategi pemasaran yang ini sebenarnya sudah banyak diikuti oleh banyak toko handphone, namun dengan mengikuti pameran ataupun event maka toko kamu akan jauh lebih dikenal. Terlebih sekarang ini banyak sekali pameran handphone yang mengikutsertakan berbagai macam toko agar bergabung dan menawarkan produknya masing-masing.

Ikutilah beberapa pameran ataupun event guna membuka stand dan memberikan tawaran spesial yang jauh berbeda dengan toko lainnya untuk menarik perhatian konsumen datang ke stand. Jangan lupa siapkan brosur untuk dibagikan kepada konsumen saat pameran agar konsumen bisa mengenal toko dan membeli produk handphone di toko kamu.

8. Layanan kredit

Sekarang ini banyak handphone yang menawarkan harga fantastis bahkan di antara beberapa orang tidak sanggup untuk membelinya. Maka penting bagi toko kamu menawarkan strategi pemasaran sistem pembelian kredit guna memudahkan para konsumen memiliki handphone yang diinginkan.

Tawarkan dengan layanan kredit bungan 0 persen dan memberikan kemudahan angsuran ringan kepada konsumen. Tawaran seperti ini dijamin akan meningkatkan penjualan kamu pada berbagai handphone dengan harga yang terbilang cukup tinggi di pasaran.

9. Melengkapi aksesoris pendukung handphone

Selain kamu menjual berbagai macam merk handphone, lengkapi juga dengan aksesoris. Sebab setiap pembelian handphone pasti banyak konsumen yang juga melengkapi kebutuhan aksesorisnya seperti anti gores, soft case, kartu perdana dan lainnya.

Tawarkan juga layanan pemasangan agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pada toko kamu. Maka dikemudian hari konsumen bisa menjadi pelanggan tetap untuk kembali membeli produk kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa strategi pemasaran pada produk handphone yang bisa kamu gunakan ketika melakukan penjualan. Setiap strategi yang ada bisa meningkatkan penjualan di toko kamu.

Instagram