Strategi Pemasaran Kopi dengan Cara Jitu Ditengah Persaingan Bisnis

Bagaimana strategi pemasaran kopi yang tepat? Konsumsi kopi pada masyarakat Indonesia ini cukup tinggi, jadi tidak heran jika banyak sekali bisnis atau kedai kopi yang buka. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat maka bisa menaikkan jumlah omset di tengah persaingan yang cukup ketat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Banyak cara yang dilakukan oleh pebisnis kopi agar jualannya bisa meningkat lebih banyak. Selain membuat tempat yang nyaman bagi pelanggan juga melakukan berbagai macam promosi guna menarik perhatian calon pelanggan.

Beberapa Strategi Pemasaran Kopi

Strategi Pemasaran Kopi dengan Cara Jitu Ditengah Persaingan Bisnis

Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar ke empat di dunia sehingga cukup mudah untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas. Namun biji kopi yang berkualitas saja belum cukup jika tidak dilengkapi dengan pemasaran yang tepat.

Inilah beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk mendatangkan pelanggan dan menaikkan jumlah omset:

1. Mengutamakan kualitas pada produk jual

Meskipun hanya sebuah kopi namun sangat penting bagi kamu memilih kopi yang berkualitas bagus untuk dikonsumsi. Meskipun harga kopi berkualitas sekarang ini relatif jauh lebih mahal daripada kopi biasa namun mempunyai cita rasa yang khas.

Selain itu aroma kopinya bisa memuaskan hati para pelanggan yang datang ke kedai kamu. Cara seperti ini bisa menjadi kelebihan di kedai kamu dan kemungkinan besar akan banyak pelanggan yang datang untuk menikmati cita rasa kopi berkualitas.

2. Memposiskan diri sebagai rumah ketiga

Strategi pemasaran yang dapat kamu gunakan untuk mengenalkan kedai kopi kamu yakni dengan membuat tempat nyaman untuk didatangi. Sejak awal kamu menciptakan kedai kopi sebagai rumah ketiga bagi mereka yang bepergian dari rumah ataupun sepulang dari tempat kerja.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Kedai kopi bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan melakukan banyak diskusi serta sosialisasi khususnya bagi pelajar dan kaum muda. Pengalaman ini menjadi atmosfer yang berbeda dan pastinya mendukung konsep menenangkan sehingga bisa membuat pelanggan betah di kedai kamu.

3. Mengutamakan kepuasan para pelanggan

Membuat strategi pemasaran dalam promosi produk memang bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan jika kamu memiliki cara tepat untuk menarik pelanggan. Salah satu yang wajib diutamakan dalam menjalankan bisnis kedai kopi yakni kepuasan dari para pelanggan yang berdatangan.

Pastikan pelanggan yang datang untuk menyeduh kopi bisa merasakan keunikan serta mendapatkan pengalaman bereda dari kedai kamu. Sehingga kemungkinan besar pelanggan akan datang lagi karena mendapatkan kepuasan pelayanan serta keunikan di dalam kedai kopi.

4. Memunculkan inovasi ide kreatif

Mengingat ketatnya persaingan dalam dunia bisnis kopi, maka penting bagi kamu mempunyai strategi pemasaran yang tepat sasaran. Salah satunya dengan memunculkan inovasi ide kreatif untuk menambahkan pililah produk yang ada di kedai kopi.

Ide kreatif dan inovatif yang patut kamu coba seperti halnya menyajikan kopi dengan tawaran rasa berbeda dari menunya. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan menu makanan yang dapat disandingkan untuk menikmati kopi dan ketersediaan jaringan wifi menjadi daya tarik sekarang ini.

5. Memilih lokasi yang tepat dan strategis

Dalam meningkatkan penjualan kopi tidak cukup dengan menyajikan pelayanan terbaik dan kopi berkualitas untuk pelanggan. Perlunya kamu membuka kedai kopi di lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau dari berbagai sisi.

Dengan begitu kamu bisa memilih lokasi di area yang mudah untuk ditemukan serta areanya cukup ramai. Mempunyai lokasi kedai kopi yang strategi mampu membantu kamu dalam meningkatkan penjualan secara signifikan.

6. Eksistensi kedai kopi di media sosial dalam strategi pemasaran

Selain kamu bisa menawarkan kopi secara konvensional, cara tepat sasaran yakni dengan membuat akun media sosial. Media sosial menjadi salah satu media promosi yang pasti menjanjikan kelarisan jualan kopi kamu di kedai.

Terdapat dua cara untuk kamu bisa memperkuat eksistensi di media sosial yakni dengan meningkatkan engagement pada media sosial dan melakuan promosi melalui iklan. Lakukan posting setiap hari secara rutin dan konsisten di semua akun media sosial dan berikan kuis atau voucher berhadiah untuk meningkatkan jumlah pengikut.

7. Meluncurkan promo pada waktu tertentu

Meluncurkan promo ini sudah banyak digunakan oleh berbagai macam kedai hingga restoran namun tidak salah jika kamu juga mencobanya. Jangan ragu untuk meluncurkan dan memberikan diskon promo bagi para pelanggan yang datang ke kedai kopi.

Dengan adanya promo tersebut maka orang akan berdatangan dan tertarik dengan kopi sajian kamu, terlebih kopi yang disajikan cukup enak dan berkualitas. Dari sinilah orang yang semula hanya ingin mendapatkan diskonan, selanjutnya akan tertarik untuk datang lagi.

8. Membuat pemasaran di website

Selain bisa menggunakan strategi pemasaran dengan media sosial, kamu juga bisa menambahkannya dengan pemasaran di website. Sebuah brand yang mempunyai website maka akan memperkuat dari segi brand awareness kedai kopi di mata kalangan masyarakat.

Dengan begitu kamu bisa membuat desain dan konten yang menarik serta tambahkan beberapa foto untuk meramaikan isi dari website kamu. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan konten artikel edukasi mengenai kopi dan berikan informasi lengkap dari kedai kopi seperti halnya menu dan harganya.

9. Menjadi mitra pada layanan food delivery

Sekarang ini layanan food delivery sedang trend kekinian yang memudahkan banyak orang bisa membeli makan dan minum tanpa harus datang ke lokasinya. Layanan seperti inilah yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat seperti dikota besar.

Cara melakukannya dengan memesan makanan atau minuman melalui aplikasi dan dalam waktu yang tidak lama pesanan sudah datang ke rumah. Maka dari itu, penting bagi bisnis kamu untuk bergabung pada layanan food delivery dan mempunyai peluang besar untuk meningkatkan penjualan kopi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah uraian pembahasan mengenai strategi pemasaran untuk kedai kopi. Banyak sekali cara yang dapat kamu tempuh untuk memasarkan kopi agar laku di tengah persaingan bisnis.

Instagram