[:id]Apa Perbedaan IBAN dan SWIFT Code?[:]

Bingung apa itu perbedaan IBAN dan SWIFT Code saat ingin transfer uang ke luar negeri? Untuk melakukan transaksi internasional memang dibutuhkan lebih dari nama bank, nama pemilik rekening, dan nomor rekening saja, berbeda dengan transaksi sehari-hari di dalam negeri.

Dalam transaksi keuangan internasional, ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk transaksi antar rekening, yaitu IBAN dan SWIFT Code/kode Swift. 

IBAN dan SWIFT Code adalah kode-kode unik yang dimiliki suatu bank untuk memudahkan transaksi internasional dan menghindari terjadinya kesalahan dalam transaksi. 

Mungkin kamu pernah merasa bingung ketika suatu bank luar negeri menanyakan SWIFT Code, sementara bank yang berbeda menanyakan IBAN. Apa bedanya? 

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu IBAN dan apa itu SWIFT Code, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu IBAN?

IBAN adalah singkatan dari International Bank Account Number (Kode Rekening Bank Internasional). IBAN digunakan untuk mengidentifikasi akun individu yang terlibat dalam transaksi keuangan internasional.

IBAN ini biasanya digunakan untuk transaksi dengan bank-bank di Eropa. Tanpa tahu kode ini, kamu akan kesulitan untuk mengirimkan uang ke rekening di Eropa.

IBAN terdiri dari 22-30 rangkaian huruf dan angka. Dua huruf pertama mewakili kode huruf negara tujuan, diikuti dengan kode khusus, kode bank, kode kantor cabang/branch code, dan kemudian nomor rekening penerima.

Contoh Kode IBAN untuk mengirim uang ke Perancis:

FR14 2004 1010 0505 0001 3M02 606

Apa Itu SWIFT Code?

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau yang biasa disingkat dengan SWIFT adalah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia. Asosiasi ini kemudian menciptakan SWIFT Code atau kode swift.

SWIFT Code adalah kode unik untuk mengidentifikasi suatu bank. Kode ini dibuat untuk memudahkan transaksi keuangan lintas negara. Nama lain SWIFT Code adalah Bank Identifier Code (BIC). 

Format SWIFT Code:

AAAA BB CC DDD

AAAA = Kode bank

BB = Kode negara

CC = Kode bank pusat

DDD = Kode bank cabang

Berikut ini contoh SWIFT Code milik beberapa bank yang ada di Indonesia:

  • Bank Indonesia : INDOIDJA
  • Bank Central Asia (BCA) : CENAIDJA
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI) : BRINIDJA
  • Bank Mandiri : BEIIIDJA
  • Bank Negara Indonesia (BNI) : BNINIDJA

Apa Perbedaan IBAN dan SWIFT Code?

Setelah mengetahui apa itu IBAN dan apa itu SWIFT Code, di bawah ini adalah perbedaan IBAN dan SWIFT Code.

Perbedaan IBAN SWIFT Code
Bentuk kode 22-30 rangkaian huruf dan angka Rangkaian huruf
Tujuan penggunaan Mengidentifikasi akun individu Mengidentifikasi bank tertentu
Ruang lingkup penggunaan Internasional, tapi utamanya di negara-negara Eropa. Internasional

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Mau Kirim Uang ke Luar Negeri?

Setelah mengetahui apa itu perbedaan IBAN dan  SWIFT Code, kamu juga mungkin ingin tahu bagaimana cara terbaik dan termudah untuk kirim uang dari Indonesia ke luar negeri.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Untungnya, sekarang sudah ada Transfez! Kirim uang dari Indonesia ke 50 negara di dunia jadi lebih mudah, hemat, dan cepat.

Ayo, download aplikasinya sekarang, di sini!

Instagram