Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Menggunakan Internet Banking

Mungkin di luar masih banyak yang bertanya bagaimana caranya transfer uang ke luar negeri melalui internet banking BCA? Setiap bank yang ada di Indonesia, umumnya memiliki mekanisme pengajuan Remittance yang hampir sama dan tidak jauh berbeda. Sehingga, kamu bisa menggunakan dan mengandalkan layanan Remittance di Bank BCA, yang bisa menggunakan layanan serupa di Bank BRI, BNI, CIMB NIAGA atau yang lainnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Cara mentransfer uang ke luar negeri bisa dilakukan melalui offline dan online. Saat ini BCA telah berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar bisa transfer uang ke luar negeri melalui klikBCA, yang dilakukan secara online.

Simak uraian di bawah ini, untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai cara transfer uang ke luar negeri melalui internet banking BCA.

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Menggunakan Internet Banking
Pexels/Karolina Grabowska

Keuntungan Remittance bagi nasabah

Bagi layanan pengiriman uang secara internasional, Remittance tentu saja mempunyai keunggulan sehingga masih dipakai banyak orang sampai saat ini. Maka dari itu, kamu bisa manfaatkan internet Banking BCA juga lho!

Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan Remittance bagi nasabah:

1. Mudah dan cepat

Karena dilakukan melalui internet maka penggunaan Remittance memberikan kemudahan dan cepat saat pengiriman uang. Pengiriman bisa berupa transfer dengan tujuan rekening bank maupun diambil tunai melalui kantor cabang.

Bahkan, beberapa jasa pengiriman uang mampu menjamin transfer uang ke luar negeri dalam waktu hitungan jam, hal ini tentu saja menjadi kelebihan Remittance dibandingkan yang lain.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

2. Menjamin keamanan bertransaksi

Remittance memberikan keamanan yang sangat terjamin setiap transaksinya, sehingga pihak remitansi mempertanggungjawabkan setiap pengiriman uang yang dilakukan oleh nasabah. Prosedur pengiriman uang juga dilakukan secara transparan, sehingga nasabah bisa memantau proses pengiriman uang dari atau ke luar negeri.

Bank Indonesia menjamin keamanan transaksi dan Otoritas Jasa Keuangan juga mengawasi praktiknya. Sehingga, perusahaan yang sudah mendapatkan lisensi dari beberapa lembaga keuangan yang berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

3. Biaya pengiriman Remittance yang rendah

Remittance adalah solusi atas permasalahan apabila kamu tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk pembayaran administrasi biaya transfer ke luar negeri. Keunggulan remitansi yaitu, memiliki biaya pengiriman yang lebih rendah dibandingkan jasa pengiriman uang lainnya.

4. Mampu membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan

Layanan Remittance bisa menjangkau semua kalangan, bahkan kepada masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan keuangan sekalipun. Faktor remitasi bisa menjangkau keberadaan masyarakat di daerah tertentu dan mendorong untuk memiliki rekening perbankan di kemudian hari.

Dengan adanya remitansi ini, tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa transfer uang ke luar negeri.

Remittance BCA

Remittance BCA merupakan layanan pengiriman valuta asing di dalam maupun di luar negeri yang bisa dilakukan ke sesama rekening BCA ataupun yang bukan rekening BCA. Apabila kamu ingin mengirim uang ke luar, maka bisa menggunakan layanan yang bernama Outward Remittance, sementara itu untuk menerima uang dari luar kamu bisa menggunakan layanan Inward Remittance.

Syarat dan Ketentuan menggunakan Remittance BCA

• Nominal transfer maksimal ekuivalen USD 25.000 per transaksi
• Transaksi dijalankan secara non value today
• Biaya Remittance adalah biaya telex Rp50,000 + USD 10 (ekuivalen)
• Untuk sumber dana valas dikenakan biaya provisi USD 5 (ekuivalen), kecuali sumber dana bank notes
• Transaksi dilakukan melalui kantor cabang BCA
• Limit per transaksi: min. USD 100 (eqv) – max. USD 10,000 (eqv)
• Limit Harian: max IDR 500 juta* (mengikuti ketentuan underlying document yang berlaku)
• Jam Layanan*: 08.30 – 14.00 WIB
• Kurs e-rate

Cara mudah transfer valas dengan klikBCA

Transfer valas atau Remittance dulu dilakukan mungkin cukup ribet, namun saat ini sudah ada teknologi perbankan yang terus berkembang untuk mempermudah dalam transfer ke luar negeri.

Cara daftar rekening tujuan valas

Sebelum melakukan transfer pastikan rekening tujuan sudah terdaftar di klikBCA yang kamu miliki dengan cara sebagai berikut.

1. Login klikBCA
2. Pilih menu transfer dana
3. Pilih menu daftar rekening tujuan
4. Kemudian pilih valas ke rekening bank lain
5. Masukkan respon keyBCA appli 2
6. Klik lanjutkan
7. Cek ulang rekening yang mau didaftar
8. Klik kirim bila data rekening sudah sesuai
9. Nomor rekening transfer valas ke rekening bank lain berhasil didaftarkan

Mata Uang yang Dapat Dilakukan Menggunakan KlikBCA

BCA saat ini telah melayani pengiriman valas dalam 14 mata uang asing diantaranya yaitu AUD, CAD, CHF, CNY, DKK, EUR, GBP, HKD, JPY, NZD, SAR, SEK, SGD, USD dengan kurs cantik dan biaya yang kompetitif.

Selain itu, KlikBCA juga dilengkapi dengan fitur Full Amount dan Value Today yang membuat transaksi valas akan berjalan secara real time. Yang artinya mata uang akan terkonversi otomatis kemana uang tujuan dan sampai di hari yang sama.

Promo transfer valas via KlikBCA

Selain dengan adanya internet banking BCA, BCA juga memberikan promo menarik untuk setiap transaksi transfer valuta asing melalui KlikBCA. Promo yang diberikan berupa cashback biaya telex, pada transaksi melalui KlikBCA dengan sumber dana Rupiah.

Promo yang ditawarkan berlaku selama periode Maret – 31 Desember dengan kode promo HUTBCA64 selama kuota tersedia. Maksimal cashback 5x biaya telx per bulan per nomor rekening, dimana cashback akan masuk ke rekening penerima pada bulan selanjutnya.

Biaya transfer uang ke luar negeri

Pengiriman uang ke luar negeri akan dikenakan biaya jasa pengiriman dan biaya administrasi. Jika kamu melakukan pengiriman uang melalui bank BCA, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu (biaya telex) + USD 10.

Internet Banking BCA memang bukan satu satunya metode pengiriman. Namun dengan adanya internet banking BCA, para pengguna BCA bisa memanfaatkan fitur yang dimilikinya.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke United Kingdom
Cara Transfer Uang ke Jerman
Cara Transfer Uang ke Belanda
Cara Transfer Uang ke Amerika Serikat
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Transfez

Layanan penyedia jasa pengiriman uang ke luar negeri, yang bisa menjadi solusi untuk memperoleh kemudahan dan lebih praktis digunakan yaitu Transfez.

Walaupun Transfez baru lauched app di Desember 2019, namun penyedia jasa ini mampu menjawab kebutuhan pengiriman remittances bagi para orang tua yang anaknya tinggal di luar negeri.

Kurs dan biaya yang ditawarkan oleh Transfez juga cukup transparan dna fair dibandingkan kurs di bank.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Demikian penjelasan mengenai Remittance BCA / Internet Banking BCA dan panduan lengkap cara transfer uang ke luar negeri melalui internet banking BCA. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dan memberikan kemudahan pada kamu yang ingin mengirim uang ke luar atau ke dalam negeri melalui layanan yang disediakan oleh bank BCA.

Instagram