Artikel anuitas dari Transfez

Artikel ini membahas tentang apa itu anuitas. Pembahasan kali ini mulai dari pengertian, jenis, rumus, dan contoh detail dari Anuitas.

Istilah kata yang satu ini mungkin masih sangat asing bagi sebagian besar masyarakat. Namun berbeda jika kamu seseorang yang berkecimpung dalam profesi di bidang keuangan, tentu saja sudah tak asing lagi dengan istilah kata ini.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Pengertian Anuitas

Tak hanya orang yang berprofesi dalam bidang keuangan, kamu orang-orang yang pernah mengajukan pinjaman ke bank juga pasti sudah pernah tahu dan mendengar secara singkat pengertian dari istilah kata anuitas ini.

Menurut dalam ilmu perbankan, anuitas merupakan penerimaan atau pembayaran yang dilakukan secara rutin serta berkala selama periode tertentu. Anuitas juga dapat dideskripsikan sebagai suatu proses pembayaran yang dilakukan dalam tempo tertentu dan dalam besaran yang sama.

Artikel anuitas dari Transfez

Secara pendek atau singkat tentang anuitas ini ialah cicilan. Walaupun dapat dikatakan dengan nama cicilan, tetapi anuitas tidaklah berhubungan dengan pembayaran hutang ataupun kredit.

Selain itu anuitas juga dapat dilakukan atau digunakan dalam melakukan pembayaran untuk premi asuransi. Anuitas juga digunakan dalam dunia perbankan untuk menghitung besaran investasi atau bunga.

Hal tersebut bertujuan supaya nasabah dapat lebih mudah melakukan pembayaran dan menerima besaran keuntungan dari investasi yang dimilikinya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Kelebihan & Kekurangan

Tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penghitungan bunga anuitas ini. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa tujuan anuitas ialah agar bisa memudahkan nasabah dalam menerima return dan melakukan pembayaran dari investasinya.

Anuitas digunakan dalam proses kredit, yang memungkinkan peminjam membayar cicilan dalam jumlah sama pada setiap jangka waktu yang sudah ditentukan.

Nilai cicilan pokok dihitung atas dasar total cicilan, yang kemudian dikurangi dengan bunga anuitas. Hal ini sangat berbeda dengan cara menghitung bunga efektif, yang didapatkan dari pembagian antara plafon dan tenor.

Dari segi komposisi, bunga anuitas berbeda meskipun dari segi jumlah nilainya sama dengan perhitungan bunga efektif. Pembayaran bunga kredit di awal besar dan semakin berkurang dengan seiringnya berjalannya periode kredit jika menggunakan sistem anuitas ini. Sedangkan sebaliknya, nilai cicilan pokok yang dibayar akan semakin besar.

Dari segi nominal besarannya akan tetap sama meskipun komposisi dari besaran cicilan pokok dan bunga akan terus mengalami perubahan selama masa periode kredit berlangsung.

Nilai bunga dihitung atas dasar jumlah angsuran utama yang belum dibayar ini dianggap adil jika dengan menggunakan penghitungan anuitas dalam sistem pembayaran tersebut.

Namun di satu sisi lain beberapa pihak menganggap bahwasanya bunga dari anuitas ini bisa merugikan peminjam, apalagi kalau peminjam ingin melunasi hutang-hutangnya.

Karena utang pokok tidak berkurang banyak dan di awal komposisi cicilan lebih banyak dibayarkan untuk bunga serta beban utama dari utang masih terbilang besar, karena semua hal tersebutlah dianggap memberatkan bagi si peminjam.

Penilaian Anuitas

Dibutuhkan syarat adanya perhitungan pada nilai saat ini dari pembayaran yang ingin dilakukan di waktu yang akan datang supaya bisa menentukan suatu nilai anuitas ini. Faktor nilai waktu uang dan tingkat bunga serta nilai di waktu yang akan datang menjadi penilaian untuk syarat-syarat tersebut.

Nilai aliran pembayaran yang didiskon atau dipotong oleh suku bunga agar dapat memperhitungkan adanya fakta bahwa pembayaran atau pelunasan wajib dilakukan pada berbagai momen di waktu yang akan datang adalah nilai saat ini dari anuitas.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Untuk dapat menghitung nilai bunga atas suatu pinjaman biasanya menggunakan perhitungan pada anuitas, karena dengan anuitas akan dapat diketahui nilai cicilan yang terdiri dari pinjaman utama yang selanjutnya akan diakumulasikan dengan bunga yang wajib dilunasi oleh pihak peminjam dalam kurun waktu pinjaman tersebut.

Penggunaan perhitungan pada anuitas juga dapat menghitung bunga investasi seperti deposito dan investasi dalam jangka panjang.

Dalam hal ini menggunakan perhitungan anuitas supaya bisa menginvestasi nilai keuntungan yang didapat diinvestasikan dalam dana deposito atau dalam bentuk jenis investasi lainnya.
Perhitungan dalam bunga ini pasti berbeda dengan perhitungan pada bunga efektif dan tetap, meskipun seperti itu mampu memberikan jumlah angsuran atau cicilan yang sama.

Tetapi pada prinsipnya hasil dari adanya perubahan atau pengembangan dari nilai perhitungan suku bunga efektif merupakan perhitungan pada bunga ini. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mempermudah para peminjam dalam melunasi atau membayar jumlah angsuran yang nilainya sama pada tiap periode.

Jenis dan Contoh Anuitas

Anuitas Ditangguhkan

Anuitas ini juga disebut Deferred Annuity, jenis anuitas yang merupakan penerimaan secara berkala dalam kurun waktu tertentu yang dilakukan setelah lewat jangka waktu tertentu, yang mana menjadikan pembayaran atau penerimaan dapat ditunda.

Anuitas Biasa

Anuitas jenis ini adalah pelunasan yang dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu tertentu dalam akhir periode. Sebagai contoh, pelunasan atau pembayaran hipotek yang mana penerimaan hipotik didapatkan saat akhir periode.

Anuitas Langsung

Anuitas Langsung atau Immediate Annuity ini ialah anuitas yang dimana pembayaran dapat dilakukan secara bertahap selama periode waktu yang telah ditentukan atau dilakukan secara langsung tanpa penundaan dalam suatu periode waktu tertentu.

Misalnya ketika kamu membeli motor dengan cara kredit atau angsuran, dikarenakan pelunasan atau pembayarannya tetap maka bisa dilakukan tanpa ada penundaan periode.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Dapat disimpulkan bahwa anuitas ini merupakan suatu cicilan atau angsuran pembayaran ataupun pelunasan serta penerimaan yang nilainya tetap yang mana jika dibayar dalam jangka waktu tertentu.

Butuh perhitungan yang cermat dan ketat untuk bisa mendapatkan suatu nilai anuitas yang tepat. Dan yang pastinya kamu juga wajib bisa mengelola keuangan perusahaan kamu supaya bisa melunasi beban hutang dan bunganya tersebut.

Instagram