Artikel grace period dari Transfez

Artikel ini membahas tentang pengertian dan contoh lengkap dari grace period. Untuk yang sering menggunakan kartu kredit dan dekat dengan dunia finansial, wajib tahu soal istilah ini.

Mungkin banyak dari kamu masih asing dengan istilah yang satu ini. Jika kamu memiliki kartu kredit, tempo pembayaran kartu pasti menjadi masalah utama.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Apalagi kalau kamu tidak bisa membayar temponya tepat waktu, maka akan muncul masalah-masalah lainnya lagi.

Untuk dapat menghindari masalah-masalah tersebut, kamu bisa menggunakan Grace Period ini.

Artikel grace period dari Transfez

Apa itu Grace Period ?

Definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang Grace Period adalah kelonggaran waktu dalam bentuk pengembalian bunga atau pinjaman pokok dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Secara global atau umumnya, grace period merupakan masa tenggang setelah waktu jatuh tempo dalam pembayaran hutang. Dalam dunia perbankan, grace period memiliki arti masa atau waktu tenggang yang memungkinkan debitur untuk membayar bunga pinjamannya saja sampai jangka waktu yang telah disepakati berakhir.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

15 hari ialah jangka waktu yang biasanya disepakati. Grace period ini sering kali ditemukan biasanya pada angsuran properti atau rumah dan kartu kredit.

Apabila nasabah dari pengguna kartu kredit melakukan pembayaran, melewati lewat jatuh tempo tetapi masih dalam grace period, maka pengguna kartu kredit itu tidak akan mendapatkan kartu merah pada laporan kreditnya dikemudian hari.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Ketentuan Grace Period

Kamu bisa melihat pada periode tiap bulannya pada tanggal penutupan transaksi, merupakan cara untuk mengetahui kapan tepatnya grace period tiba.

Hal ini berarti bahwa setiap transaksi akan dicatat, sebagai transaksi di bulan berikutnya yang akan dibuat setelah tanggal tersebut.

Keuntungan untuk para pengguna yang memanfaatkan grace period ini adalah para pengguna atau konsumen bisa membayar tagihan tanpa harus dikenai bunga. Pada bulan transaksi setelah tanggal penutupan hingga jatuh tempo pembayaran tersebut, grace period ini baru mulai berlaku.

Contoh Grass Period

Contohnya ketika kamu membayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo atau membayar tepat waktunya dan karena kamu tidak mempunyai tanggungan pembayaran, maka kamu bisa menggunakan grace period ini yang mana kamu bisa melakukan transaksi tanpa harus terkena bunganya.

Transaksi yang nantinya tercantum dalam grace period akan tercatat sebagai transaksi dalam tagihan selanjutnya. Dan sebaliknya jika kamu membayar sebagian besar dari tagihan kamu namun masih menyisakan sedikit hutang misalnya hanya Rp100.000 saja, pada setiap transaksi yang kamu buat akan dikenakan bunga dan juga tambahan tagihan yang masih tersisa pada bulan sebelumnya.

Hal ini mungkin terlihat sangat tidak nyaman , tetapi dengan adanya hal itu bertujuan akan pentingnya bagi kamu para pemilik kartu kredit untuk dapat membayar tagihan secara sepenuhnya.

Contoh Penggunaan

Supaya dapat lebih memahami tentang pengaplikasian grace period ini, ada contoh lainnya sebagai berikut. Ada seseorang bernama Pak Andika mempunya kartu kredit di bank M dan wajib membayar tagihannya pada setiap tanggal 29 di setiap bulannya.

Tertulis dalam surat perjanjian bahwasanya pada tanggal 3 di setiap bulan berikutnya adalah jatuh tempo pembayaran. Fitur grace period untuk para nasabah disediakan oleh Bank M tersebut.

Apabila bapak Andika ingin menggunakan fitur grace period tersebut, maka Pak Andika harus membayar tagihan pada tanggal 29 atau sebelum jatuh tempo pembayaran. Dengan hal itu maka Pak Andika dapat membuat atau melakukan transaksi lain tanpa harus dikenakan bunga dari tanggal 29 sampai tanggal 3 di bulan berikutnya.

Akan tetapi jika Pak Andika tidak dapat atau tidak mampu melunasi sesuai tanggal tagihan dan jumlah yang tepat. Maka Pak Andika ini tidak dapat menggunakan fitur grace period.
Pada setiap transaksi yang dilakukan Pak Andika sebelum tanggal jatuh tempo akan tetap dihitung dalam tagihan bulan dan mendapatkan bunga.

Memanfaatkan Grace Period

Grace Period memberikan keuntungan bagi para kreditur yang merupakan ketika kamu para pemilik kartu kredit ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar, kamu bisa melakukannya dengan membelinya tanpa harus dikenakan bunga satu persen pun, namun pada bulan selanjutnya jatuh tempo pembayaran masih terhitung.

Kamu harus memanfaatkan semaksimal mungkin jika kartu kredit kamu masih memiliki grace period. Segera lakukan transaksi tersebut satu hari setelah tanggal penutupan tagihan pada bulan ini.

Dengan melakukan hal itu, maka kamu bisa membuat transaksi baru yang tidak memberikan bunga yang mana pembayarannya dibebankan pada bulan berikutnya walaupun kamu belum membayar tagihan kartu. Dan keuntungan lainnya adalah kamu masih punya waktu membayar transaksi dengan jumlah yang besar tersebut.

Walau semua hal itu dapat dilakukan, namun kamu tetap harus ingat satu hal, bayar sepenuhnya dari tagihan kamu pada setiap bulannya supaya kamu dapat merasakan manfaat sebenarnya dari grace period.

Sistem penalty harian atau denda biasanya diberlakukan oleh pihak bank. Itu berarti kamu hanya akan diberikan denda selama kamu belum menutup tagihan tersebut.

Walaupun itu terlihat menguntungkan kamu karena kamu tidak akan diberikan denda selama sebulan penuh, tetapi semakin lama kamu melunasi tagihan maka semakin besar juga jumlah denda yang harus kamu tanggung.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Fitur Grace Period ini memang sangatlah menguntungkan bagi para pemilik kartu kredit atau para kreditur. Pada intinya kamu para kreditur tetap harus atau diwajibkan membayar tagihan kartu kredit sebelum batas waktu jatuh tempo pembayaran yang telah ditentukan di awal.

Karena hal tersebut, maka kamu harus mengusahakan membayar setiap tagihan tepat pada waktunya supaya kamu tidak dikenakan denda yang berkepanjangan.

Jadi kamu juga harus pkamui-pkamui mengatur arus keuangan kamu agar tak lupa dengan kewajiban membayar tagihan kamu sepenuhnya sebelum waktu jatuh tempo pembayaran tanpa harus dikenai denda-denda lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram