Mengenal Apa Itu CVV dan CVC Pada Kartu Kredit Transaksi Online

Mengenal apa itu CVV selalu selalu berhubungan dengan kartu kredit sebagai kode keamanannya. Kartu kredit sendiri merupakan kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi belanja baik secara online ataupun offline.

Apabila melakukan pembelanjaan secara offline maka kartu kredit ini akan digesek pada mesin EDC ataupun Electronic Data Capture. Fungsinya agar bisa mencetak nomor kartu kredit tersebut ketika melakukan kegiatan transaksi dengan sistem otomatis.

Bagian Kartu Kredit

Mengenal Apa Itu CVV dan CVC Pada Kartu Kredit Transaksi Online

Kamu akan mengenal CVV apabila melakukan pembayaran menggunakan sistem online. Sebelum kamu mengetahui apa itu CVV secara lebih detailnya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu bagian pada kartu kredit.
Berikut inilah dua bagian yang ada pada kartu kredit:

1. Bagian Depan Kartu Kredit

Pada bagian depan kartu kredit ini terdapat beberapa informasi yang harus kamu ketahui. Inilah daftar informasi yang ada di bagian depan kartu kredit:
• Kelas kartu kredit meskipun tidak semuanya kartu kredit mencantumkan semua jenis kelasnya
• Logo bank sebagai penerbit dari kartu kredit tersebut
• Nomor kartu kredit
• Nama dari pemegang kartu kredit
• Jenis kartu kredit seperti halnya Visa ataupun Mastercard

2. Bagian Belakang Kartu Kredit

Sementara itu di bagian belakang kartu kredit juga mempunyai informasi lengkap yang harus kamu ketahui dengan jelas. Berikut informasi yang ada pada bagian belakang kartu kredit:
• Nomor kartu dengan printed
• Tempat membubuhkan tanda tangan dari pemegang kartu kredit
• Terdapat tiga angka khusus sebagai informasi bank penerbit kartu kredit

Apa Itu CVV atau CVC Kartu Kredit?

Dalam melakukan kegiatan transaksi secara online maka akan diarahkan untuk memasukkan nomor CVV atau CVC pada kartu kredit. Bagi kamu yang memiliki kartu kredit sebaiknya memahami akan hal ini dan tidak bingung ketika akan bertransaksi karena tidak mengetahui CVV.

Kode CVV atau CVC ini berada di tiga digit angka terakhir yang ada pada belakang kartu kredit kamu. CVV atau CVC untuk setiap jenis kartu kredit semuanya sama dan hanya dibedakan pada jenisnya saja dengan logo Visa yakni CVV dan Mastercard yakni CVC.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Sejarah Apa Itu CVV atau CVC

CVV atau CVC merupakan salah satu fitur sebagai kode keamanan atas pembayaran yang dilakukan secara online dan diterapkan oleh jenis kartu Visa ataupun Mastercard. Keberadaan Mastercard sebenarnya sudah sejak 1 Januari 1997 yang menggunakan sistem fitur keamanan namun untuk penerapan dari CVV sendiri baru pada tahun 2001.

Setelah itu pada Oktober 2003 dalam penggunaan CVV ataupun CVC diseragamkan agar memberikan perlindungan bagi nasabah ketika melakukan pembayaran secara online. Cara melakukannya hanya dengan memasukkan kode angka tersebut pada kolom yang telah disediakan pada proses pembayaran.

Fungsi CVV atau CVC

CVV atau CVC merupakan bentuk kode keamanan untuk menjaga setiap transaksi pembelian atau pembayaran yang dilakukan pada sistem online. Dengan adanya CVV atau CVC maka bank penyedia kartu kredit pun juga lebih percaya atas transaksi online yang dilakukan, terlebih jika nominalnya terbilang cukup besar.

Apabila tidak menyertakan CVV atau CVC maka secara otomatis transaksi pembayaran yang akan kamu lakukan ini akan batal atau ditolak dan bahkan kartu kredit akan diblokir. Hal seperti ini sebagai tindakan preventif ataupun pencegahan yang dilakukan oleh bank penerbit untuk menghindari adanya tindak kriminal dalam penggunaan kartu kredit.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Pentingnya Menjaga Kerahasiaan CVV Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Dalam menggunakan CVV atau CVC pada kartu kredit harus dipahami dengan jelas apa yang menjadi fungsinya. CVV atau CVC mempunyai fungsi untuk melakukan verifikasi data dan hanya pemilik kartu kredit itulah yang mengetahui kodenya agar bisa melanjutkan pembayaran atas tagihan kartu kredit.

Apabila kode CVV tersebut tersebar dan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab maka bisa menguras uang kamu dalam pembelian transaksi online dengan kartu kredit tersebut. Maka dari itu penting sekali untuk kamu menjaga kerahasiaan dari kode kartu kredit dan jangan sekali-kali memberikan kode tersebut pada orang lain agar tidak berdampak besar nantinya.

Tips Agar Kode Kartu Kredit Tetap Aman

Berikut inilah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menjaga kerahasiaan pada kartu kredit agar tidak disalah gunakan oleh oknum tertentu:

1. Menyimpan data dengan aman

Dalam hal ini silahkan menghindari tindakan untuk menyimpan data pada kartu kredit ataupun kode CVV pada ponsel kamu. Selain itu juga pada aplikasi belanja yang menggunakan transaksi secara online agar tidak ada pencurian.

2. Menerapkan keamanan ganda

Tidak hanya pada ponsel saja yang harus kamu sertakan keamanan ganda dengan menggunakan PIN ataupun kata sandi. Kamu juga perlu menggunakan sistem keamanan ganda pada setiap transaksi dengan kartu kredit, caranya dengan menyediakan PIN sebagai konfirmasi melakukan transaksi tersebut.

3. Tidak sembarangan mengisi data

Apabila ada kiriman pesan mengenai pengisian data pada kartu kredit maka pastikan kamu tetap berhati-hati. Janganlah sembarangan untuk kamu meng-klik ataupun mengisi formulir jika ada yang memintanya, terlebih pada kode apa itu CVV ataupun CVC tersebut termasuk meminta verifikasi data yang mengatasnamakan penerbit dari kartu kredit kamu.

4. Jangan posting foto kartu kredit

Di era digital sekarang ini banyak orang yang lupa akan privasinya dan membuatnya diincar oleh oknum kejahatan. Maka dari itu hindari untuk posting foto diri dengan informasi data pribadi seperti halnya nomor pada kartu kredit serta CVV di sosial media.

5. Memblokir kartu kredit jika ada indikasi mencurigakan

Saat kamu mengetahui ada indikasi mencurigakan maka silahkan untuk segera melakukan pemblokiran. Dengan demikian kamu bisa terhindar dari pencurian uang ataupun kegiatan transaksi lain yang membuat kamu harus membayarkannya dengan jumlah tidak sedikit.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah penjabaran mengenai apa itu CVV dan CVC yang ada pada kartu kredit baik Visa ataupun Mastercard. Penting bagi kamu menjaga kode CVV atau CVC agar tidak diketahui oleh orang lain.

Instagram