pengertian, manfaat dan cara menggunakan kartu kredit

Salah satu cara mengelola pinjaman menjadi lebih baik adalah dengan mengetahui cara kerja dari kartu kredit itu sendiri. Sehingga dapat memaksimalkan manfaat serta keuntungan yang akan didapatkan dari kartu kredit.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu Kredit diatur oleh peraturan Bank Indonesia pada pasal 1 angka 4 Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 yang kemudian diubah di peraturan Bank Indonesia No.

10/8/PBI/2008 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu.
Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang menggunakan kartu, dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi, yang transaksi tersebut akan menimbulkan kewajiban untuk dibayar pada jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Misalnya transaksi pembelanjaan yang menggunakan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pa waktu yang sudah disepakati yaitu secara sekaligus atau angsuran.

pengertian, manfaat dan cara menggunakan kartu kredit

Sederhananya, kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sah yang diterbitkan oleh bank sebagai sebuah fasilitas untuk nasabahnya, yang didalamnya terdapat kesepakatan serta perjanjian yang terjadi antara kedua belah pihak.

Dalam penggunaannya terdapat limit dana yang jumlahnya sudah ditentukan oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit. Kartu kredit ini dapat membuat nasabah menggunakan kartu kredit untuk melakukan banyak transaksi keuangan, pembelanjaan, serta tarik tunai di mesin ATM pada jumlah tertentu.

Cara Kerja Kartu Kredit

Kartu Kredit ini merupakan alat transaksi yang dikeluarkan oleh pihak bank, sebagai produk keuangan yang ditawarkan bank kepada nasabahnya. Dengan kartu kredit nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan, pembayaran belanja, serta menarik uang tunai.

Kartu Kredit memiliki jatuh tempo yang telah ditetapkan pada setiap tanggalnya, dan nasabah wajib membayar keseluruhan dari tagihan uang yang telah ia gunakan.

Apabila nasabah lupa membayar tagihan kartu kredit atau membayar angsuran dibawah tagihan dari jumlah yang sudah dipakai, maka nasabah akan dikenakan denda.

Agar kamu lebih memahami tentang kartu kredit, kamu juga harus memahami tentang istilah-istilah pada kartu kredit. Berikut dibawah ini adalah istilah-istilah dari kartu kredit!

– Jatuh Tempo

Jatuh tempo pembayaran sudah ditentukan oleh setiap penerbit kartu kredit. Umumnya jatuh tempo terjadi pada 15 hari setelah tanggal cetak transaksi pemakaian kartu kredit.

Tanggal cetak merupakan tanggal ditagihnya setiap transaksi serta saldo terhutang lainnya. Tanggal cetak selalu jatuh pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Tanggal jatuh tempo merupakan batas akhir dari pembayaran saldo terutang dan harus diterima pembayarannya oleh bank penerbit, yaitu pada 15 hari saat tanggal cetak berlaku.

Sebelum lewat tanggal jatuh tempo pembayran tagihan minum wajib dilunasi oleh setiap nasabah.

– Denda Kartu Kredit

Denda Kartu kredit merupakan tanggungan dari pemilik kartu kredit selain bunga.Dalam hal ini sudah diatur pada Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/17/DASP, tentang Penyelenggaraan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu.

Pada pertaturan Bank Indonesia tersebut dijelaskan denda dari keterlambatan pembayaran kartu kredit adalah 3% dari total yang ditagihkan pada setiap bulannya, dan total denda tidak boleh lebih dari 150 ribu.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit dan masih bingung bagaimana cara menggunakan kartu kredit. Berikut dibawah ini adalah cara penggunaanya.

– Cara menggunakan kartu kredit untuk belanja

Pemilik kartu kredit hanya bisa melakukan transaksi dengan menggunakan kredit ketika ia membeli barang di toko yang menggunakan kartu kredit.

Cara menggunakannya ketika kamu sampai di kasir, berikan kartu kredit tersebut, dan petugas kasir akan pengecekan kartu kredit pada mesin yang sudah disediakan oleh bank

– Saat Kartu digesek proses transaksi terjadi

Ada beberapa hal yang terjadi apabila kartu kredit mengalami kegagalan misalnya ketika mengaktivasi kartu kredit, kartu kredit tersebut sudah masuk limit transaksinya, atau mungkin belum melakukan pembayaran tagihan, dan bisa jadi adanya gangguan koneksi internet.

– Saldo pinjaman akan bertambah ketika transaksi sukses

Saldo pinjaman akan bertambah saat transaksi pembelian berhasil. Sehingga pada setiap bulannya pemilik kartu kredit harus membayarkan sejumlah saldo yang sudah dibelanjakan atau membayar minimum tagihan kartu kredit.

Agar tidak mendapatkan denda atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak bank maka pembayaran harus dilakukan dengan tepat waktu.

Setiap transaksi kartu kredit yang dilakukan oleh pemilik kartu akan dicatat riwayat transaksinya dengan bank. Apabila bank menilai pembayaran kamu lancar dalam membayar kartu kredit maka pemilik kartu kredit akan berpotensi mendapatkan tambahan limit kredit.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Ada beberapa keuntungan saat kamu menggunakan kartu kredit, yaitu:

– Mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana
– Akan terhindar dari resiko kehilangan uang
– Kamu tetap dapat melakukan transaksi pembelanjaan, dan sejenisnya dengan menggunakan kartu kredit, walaupun saat itu tidak memiliki uang.
– Adanya potongan harga, serta manfaat tambahan misalnya cicilan 0%
– Membantu ketika ingin melakukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jenis-jenis Kartu Kredit

Kartu Kredit terbagi menjadi beberapa jenis. Agar kamu semakin mendapatkan manfaat dari kartu kredit, kamu harus memahami lebih jauh dari jenis kartu kredit dibawah ini yang umumnya ada di Indonesia.

a. Kartu Kredit Berdasarkan Limit

Bank memberikan beberapa jenis kartu kredit kepada nasabahnya yang dibedakan menjadi beberapa kartu kredit, yaitu:

– Classic
– Gold
– Platinum
– Signature
– Infinite

b. Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi

Jenis kartu kredit berdasarkan afiliasi yaitu menjadi kartu kredit affinity, contohnya kartu kredit mastercard dan visa, kartu kredit co branding, dan kartu kredit private label.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi lengkap tentang kartu kredit. Kamu dapat memahaminya dari pengertian, dan cara penggunaanya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram