ciri ciri investasi bodong

Investasi merupakan pilihan yang tepat untuk kamu bisa memutarkan dan mengembangkan keuangan. Kegiatan menanamkan modal ini tidak hanya untuk menyelamatkan kondisi keuangan sekarang namun sebagai tabungan masa depan.

Penanaman modal mempunyai 2 jenis yakni dalam produk keuangan dan juga bisnis langsung seperti halnya kantor, toko ataupun properti. Dalam produk keuangan yang menjadi pilihan banyak orang yakni reksa dana.

Mengenal Investasi Bodong

Bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia penanaman modal maka harus waspada dengan banyaknya penipuan sekarang ini. Investasi bodong namanya, kegiatan yang dilakukan untuk meminta sejumlah uang kamu agar bisa ditanamkan pada sebuah bisnis di aman sesungguhnya hal itu tidak ada.

Orang yang menyuruh kamu untuk menanamkan modal akan membawa kabur uang. Maka dari itu kamu harus waspada dalam mengambil keputusan untuk menyerahkan sejumlah uang pada sebuah penanaman modal.

Data Otoritas Jasa Keuangan

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK hingga bulan Juli sudah didapati 99 investasi tidak jelas yang mana juga tidak memiliki ijin dan meresahkan masyarakat. Penanaman modal ini biasanya hanya memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat dalam sistemnya yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Perlunya kewaspadaan dan kehati-hatian kamu dalam menanamkan modal menjadi suatu hal yang cukup penting. Dengan begitu kamu juga perlu melihat ciri-ciri dari penipu seperti ini.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Ciri Ciri Investasi Bodong

Untuk mengetahui adanya indikasi penipuan sebenarnya tidak begitu sulit. Berikut inilah terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat kamu pelajari dan kamu pahami agar terhindar dari penipuan.

Tidak adanya izin atau izin palsu perusahaan investasi

Adanya sindikat penipuan dalam hal penanaman modal biasanya tidak mempunyai perizinan sehingga untuk terjun kamu harus memastikannya. Berdirinya lembaga keuangan harusnya memang terdapat kepemilikan badan hukum resmi dari pihak pemerintah dan mempunyai izin untuk beredar.

Perusahaan keuangan dan juga penanaman modal juga harus terdaftar di OJK agar bisa melakukan verifikasi keamanan atas transaksi yang dilakukan. Cara mengecek lembaga keuangan atau perusahaan di OJK bisa meminimalisir terjadinya penipuan keuangan.

Menawarkan keuntungan berlipat dan tidak masuk akal

Ciri-ciri lainnya yakni dari pihak perusahaan memberikan penawaran yang menguntungkan namun tidak masuk akal. Pendekatan yang satu ini untuk masyarakat memang cukup menggiurkan apalagi kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam bidangnya.

Investasi sendiri mempunyai sifat fluktuatif yakni bisa berubah sesuai dengan kondisinya ekonomi. Sehingga jika perekonomian sedang baik maka keuntungan yang didapatkannya juga tinggi, begitupun sebaliknya saat perekonomian tidak bagus maka hasilnya pun juga sedang tidak bagus.

Bisa berhenti kapan saja

Penipuan yang mengatakan bahwa kamu bisa berhenti sewaktu-waktu dengan mengambil keuntungan pada saat berhenti. Maka sudah dipastikan bahwa penawaran itu hanya sebuah penipuan yang akan menguras habis dana kamu.

Kemudahan tersebut tentulah tidak benar sebab dalam proses melakukan penanaman modal mempunyai jangka waktu tertentu. Jika pihak perusahaan menawarkan hal seperti itu maka sudah dipastikan adanya penipuan dibalik penawaran yang menggiurkan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Jenis Investasi Reksa Dana

Sebenarnya banyak sekali instrumen dari penanaman modal yang dapat kamu pilih. Namun dalam memulai penanaman modal dengan dana yang rendah bisa dengan menggunakan reksa dana.

Berikut inilah beberapa jenis dari reksa dana yang dapat kamu ketahui:

Reksa dana pasar uang

Dalam jenis yang satu ini kamu dapat mengalokasikan dana sebanyak 100 persen di instrumen pasar uang seperti halnya deposito, SBI atau Sertifikat Bank Indonesia maupun. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa menggunakan obligasi dengan jatuh tempo yang diberikan kurang dari 1 tahun.

Reksa dana pasar uang mempunyai keunggulan di antaranya:

  • Mempunyai hasil yang relatif stabil dan tidak fluktuatif. Seperti tujuan dari penanaman modal jangka pendek
  • Likuid mudah untuk dicairkan yang umumnya T+2
  • Tidak adanya biaya saat pembelian dan penjualan
  • Resiko yang dimiliki cukup kecil jika dibandingkan dengan reksa dana lain

Reksa dana pendapatan tetap

Pada jenis reksa dana pendapatan tetap mengalokasikan dana minimum 80 persen di instrumen obligasi. Keuntungan yang dimiliki oleh reksa dana pendapatan tetap yakni sesuai dengan tujuan dari penanaman modal jangka panjang.

Selain itu terdapat tambahan pembagian keuntungan yang mana akan dibagikan secara berkala. Hal itu dilakukan untuk beberapa reksa dana pada jenis ini.

Reksa dana terproteksi

Memberikan proteksi dari nilainya investasi awal yang didapat dari pemegang unit penyertaan dengan mekanisme atas pengelolaan portofolio. Sehingga dapat penanaman dana efek yang sifatnya hutang dan masuk pada kategori layak investment grade.

Dengan begitu nilainya efek bersifat utang ketika jatuh tempo bisa menutupi jumlah nilainya yang terproteksi. Keuntungan yang dimiliki yakni imbal hasil secara terukur dalam jangka waktu tertentu.

Reksa dana campuran

Alokasi dananya maksimal 70 persen bagi setiap instrumen pasar uang, saham dan obligasi. Keunggulan yang dimiliki oleh reksa dana campuran yakni menyesuaikan dengan adanya tujuan jangka menengah hingga jangka panjang dalam 3 sampai 5 tahun.

Selain itu alokasi asetnya juga lebih fleksibel sehingga membuatnya lebih adaptif pada kondisi pasar. Sehingga pentingnya bagi kamu untuk bisa mempertimbangkan jenis dari instrumen reksa dan yang mampu memberikan keuntungan lebih.

Reksa dana saham

Alokasi dana minumnya sebanyak 80 persen di instrumen saham. Sementara itu untuk potensi pertumbuhan dari reksa dana saham yakni relatif cukup tinggi karena mempunyai sifat yang agresif.

Keunggulan yang dimiliki oleh reksa dan saham sesuai untuk kamu dengan adanya tujuan melakukan penanaman modal dalam jangka panjang. Hal ini dapat dilakukan dalam jangka waktu di atas 5 tahun dengan profit dan resiko lebih agresif.

Demikianlah beberapa penjabaran tentang keberadaan investasi bodong yang banyak menipu masyarakat. Kenali ciri-cirinya sebelum tergiur dengan tawaran yang diberikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram