contoh surat kuasa bank

Contoh surat kuasa bank memang banyak dibutuhkan sebagai bahan referensi bagi mereka yang menggunakannya untuk kepentingan di bank. Surat kuasa bank merupakan dokumen yang dapat digunakan sebagai perwalian dalam segala kepengurusan bank pada orang lain.

Surat kuasa ini mempunyai fungsi untuk sebagai bukti yang sah secara hukum dan sangat kuat atas pelimpahan wewenangnya dalam segala keperluan bagi pihak yang bersangkutan.Tanpa menggunakan surat kuasa maka tidak akan memberikan perwakilan yang berhubungan dengan urusan di bank untuk orang lain.

Pengertian Surat Kuasa

Secara umum surat kuasa merupakan pemberian wewenang ataupun kuasa yang berguna untuk mewakili seseorang melakukan tindakan ataupun kegiatan legal dalam bentuk tertulis. Dalam mengacu pengertian itu maka surat kuasa bank ini merupakan salah satu surat yang isinya permintaan ijin pada orang lain guna mewakilkan seseorang untuk mengurus di perbankan.

Surat dapat digunakan ketika kamu ataupun pihak yang berwenang tidak bisa datang langsung guna melakukan kegiatan di mana kaitannya dengan perbankan. Contoh surat kuasa bank ini biasanya diberikan pada orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab untuk melakukan amanahnya.

Fungsi Surat Kuasa Bank

Saat kamu berada di situasi ataupun kondisi darurat maka surat kuasa mempunyai peranan yang sangat penting di sini. Dengan menggunakan surat kuasa maka kamu dapat menunjuk orang yang bisa bertanggung jawab mengurus kepentingan di bank.

Fungsi lain dari surat kuasa yakni dapat memberikan bukti pada bank bahwasannya kamu telah diberikan kuasa dari pihak pertama dalam bentuk tertulis hitam di atas putih. Maka dengan cara inilah pihak bank akan menindaklanjuti apa yang menjadi kebutuhan kamu di perbankan dengan ahli kuasa.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Manfaat Surat Kuasa Bank

Sebelum kamu mengetahui bagaimana contoh surat kuasa bank maka perlu mengerti manfaat dari surat kuasa itu sendiri. Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan surat kuasa:

  • Melakukan pencairan sejumlah uang di bank melalui perantara orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab
  • Membuat rekening bank yang dilakukan oleh orang lain dan amanah akan tugas tanggungjawabnya
  • Melakukan transfer bank antar rekening dengan jumlah yang cukup besar dengan perantara orang lain
  • Mengurus kepentingan pada buku rekening ataupun ATM yang telah hilang dengan bantuan orang lain.

Format Surat Kuasa Bank

Dengan membuat surat secara resmi maka terdapat beberapa komponen atau unsur yang harus dicantumkan. Termasuk dalam pembuatan contoh surat kuasa bank yang satu ini.

Surat kuasa mempunyai fungsi yang sangat penting maka kamu juga harus memperhatikan dalan pembuatan format surat kuasa dengan benar. Inilah beberapa format surat kuasa yang dapat kamu ketahui dengan baik untuk dunia perbankan:

Kop surat

Dalam pembuatan surat secara resmi khususnya dari perusahaan harus dilengkapi dengan adanya kop surat. Jika surat kuasa untuk bank ini dibuat dengan atas nama perusahaan, instansi, organisasi maka harus menggunakan kop surat.

Akan tetapi jika surat kuasa digunakan sebagai perwakilan perseorangan maka tidak membutuhkan kop surat. Dalam hal ini kamu harus bisa mengetahuinya dengan jelas agar surat kuasa dapat berguna baik di bank.

Nomor surat

Tidak hanya pembuatan kop surat, surat kuasa untuk urusan perbankan juga membutuhkan nomor surat jika surat ini resmi dari perusahaan, instansi dan organisasi. Jika sebuah surat kuasa tidak ada mencantumkan nomor surat maka untuk validitasnya akan dipertanyakan lagi oleh pihak bank.

Namun juga perlu diketahui jika surat kuasa dari perseorangan tidak perlu menggunakan nomor surat. Hal ini sama dengan pembuatan kop surat tersebut.

Identitas pemberi serta penerima kuasa

Untuk membuat surat kuasa perusahaan ataupun perseorangan harus mencantumkan data diri secara lengkap. Terdapat beberapa data diri yang harus ada seperti halnya nama lengkap, nomor identitas dengan menunjukkan nomor KTP, tempat tanggal lahir, alamat domisili serta nomor telepon aktif.

Tujuan surat kuasa

Contoh surat kuasa bank tentu akan tercantum apa yang menjadi tujuan pembuatan. Di dalam surat kuasa wajib bagi pemberi kuasa untuk mencantumkan apa tujuan spesifiknya.

Tujuan dalam pelimpahan wewenang untuk kepentingan apa. Contohnya untuk membuat rekening, pencairan uang, pencetakan rekening atau yang lainnya.

Detail surat kuasa

Tidak hanya berisi tujuan saja dalam menyampaikan maksud pembuatan surat kuasa. Kamu pun juga harus menjelaskan secara detail mengenai kuasa yang diberikan pada penerima kuasa.

Tujuannya guna menghindari adanya penyalahgunaan atas wewenang dari pihak penerima kuasa. Selain itu kamu juga bisa mencantumkan batas waktu dari surat kuasa tersebut agar tidak bisa untuk dimanfaatkan untuk hal di luar kepentingan.

Meterai dan tanda tangan

Di akhir pembuatan surat kuasa kamu perlu mencantumkan tanda tangan bermaterai. Maka dengan begitu surat kuasa bisa terbukti sah secara hukum.

Selain itu juga tuliskan nama dengan tanda tangan secara jelas. Jangan lupa untuk menambahkan tanggal surat dibuat dan ditandatangani oleh pembuat surat.

Contoh Surat Kuasa Bank

Inilah contoh surat kuasa di bank kosongan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat surat kuasa.

contoh surat kuasa bank

Syarat Pembuatan Surat Kuasa Bank

  • Adanya kesepakatan dua belak pihak tanpa ada unsur paksaan
  • Surat kuasa berhubungan dengan urusan perbankan dan pilihlah orang yang dapat diandalkan atau dipercaya
  • Pihak yang terlibat harus sudah dalam kriteria dewasa serta sehat jasmani rohani
  • Cantumkan secara jelas identitas dari kedua pihak
  • Mencantumkan tanggal pembuatan surat kuasa dan masa berlakunya
  • Menjadi bukti kesepakatan yang sudah disetujui dan ditanda tangani kedua pihak dengan tambahan materai untuk menguatkan surat kuasa di mata hukum.

Demikianlah beberapa uraian pembahasan mengenai contoh surat kuasa bank untuk diwakilkan. Bank akan menerima surat kuasa tersebut jika sesuai dengan ketentuan dari bank itu sendiri.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram