Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang dan Struktur Pembuatannya

Lagi mencari contoh surat kuasa? Surat kuasa yang digunakan untuk bank harus dibuat dengan baik dan benar agar bisa diterima oleh pihak bank. Maka dari itu penting sekali bagi kamu untuk mengetahui contoh surat kuasa pengambilan uang.

Tujuan dibuatnya surat kuasa yakni untuk keperluan yang berhubungan dengan pihak bank dan fungsinya sebagai tanda bukti hitam putih atas limpahan wewenang. Dengan demikian pembuatan surat kuasa harus mencantumkan informasi yang dibutuhkan secara jelas.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP
Cara Bayar Shopee di Indomaret
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Struktur Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang dan Struktur Pembuatannya

Apabila ingin membuat surat kuasa pastikan kamu sudah mengetahui contoh surat kuasa pengambilan uang di bank yang sudah benar. Dengan demikian dapat diperhatikan strukturnya secara lebih jelas.

Berikut inilah struktur untuk membuat surat kuasa pengambilan uang yang bisa kamu ketahui:

1. Kop Surat

Surat kuasa tidak hanya untuk memberikan limpahan wewenang dari pihak perorangan saja namun juga bisa dari sebuah perusahaan atau organisasi. Apabila surat kuasa tersebut melibatkan organisasi mak harus mencantumkan kop surat secara resmi milik dari organisasi yang bersangkutan.

Hal ini akan berbeda dengan surat kuasa perorangan yang tidak menambahkan kop surat. Sebab sifatnya perorangan yang tidak membutuhkan kop surat dan langsung saja ke poin intinya.

2. Nomor Surat

Nomor surat hanya berlaku untuk surat kuasa pengambilan uang di bank yang berasal dari organisasi pemberi limpahan wewenangnya kepada seseorang. Nomor surat tidak akan berlaku untuk perorangan sama seperti halnya kop surat tersebut.

Limpahan wewenang dari sebuah organisasi harus mencantumkan nomor surat sebagai contoh kuasa pengambilan uang di bank. Struktur ini menjadi salah satu hal yang sangat penting pada sebuah organisasi ataupun untuk pihak bank.

3. Data Diri

Baik untuk organisasi ataupun perorangan harus mencantumkan data diri secara lengkap dari pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa. Data diri yang dicantumkan harus asli tanpa dipalsukan sesuai dengan yang telah tercantum di KTP.

Data diri yang harus ada pada surat kuasa adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas, alamat, pekerjaan hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Identitas menjadi salah satu poin yang sangat penting dicek oleh pihak bank untuk memastikan kebenarannya.

4. Tujuan Pembuatan Surat Kuasa

Surat kuasa yang digunakan untuk pengambilan uang di bank wajib mencantumkan tujuan atas pembuatan surat kuasa tersebut. Pihak dari pemberi limpahan wewenang menyampaikan apa maksud dan tujuan pembuatan surat kuasa kepada pihak bank.

Selain itu, tujuan dari surat kuasa harus dibuat secara lebih spesifik agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan yang lainnya. Misalnya surat kuasa untuk pengambilan uang, pembuatan rekening ataupun mencetak rekening koran.

5. Tanda Tangan Bermaterai

Surat kuasa yang telah dibuat tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan dengan benar atas keabsahan datanya. Hal itu baik dari pemberi kuasa ataupun penerima kuasa harus menggunakan data yang asli.

Maka dengan begitu surat kuasa ini diwajibkan untuk membubuhkan tanda tangan di atas materai. Dengan adanya materai yang berlaku maka surat kuasa bisa dipertanggung jawabkan apabila nantinya ada masalah di kemudian hari.

Unsur-Unsur Surat Kuasa

Sebelum mengetahui contoh surat kuasa pengambilan uang di bank perlu mengetahui apa saja unsur dari surat kuasa itu sendiri. Inilah beberapa unsur surat kuasa yang dapat kamu ketahui:

1. Surat perjanjian

Pemberian limpahan wewenang kuasa melalui adanya proses perjanjian konsensual yakni telah mengikat secara sah dari pemberi kuasa hingga penerima kuasa. Bentuk dari pemberian kuasa bisa dilakukan dengan akta otentik serta akta di bawah tangan.

Bahkan untuk pemberian limpahan wewenang kuasa bisa dilakukan dengan cara lisan secara diam-diam serta disimpulkan atas pelaksanaan kuasa dari pemberi kuasa tersebut. Agar bisa mengajukan gugatannya di pengadilan, surat kuasa mempunyai peranan penting sebagai bukti tertulis yang dapat dilampirkan.

2. Kekuasaan atau Wewenang

Kekuasaan dari wewenang yang telah diberikan oleh pihak pemberi kuasa ke penerima kuasa atas nama pemberi kuasa agar melaksanakan perbuatan secara hukum. Sehingga akan terikat karena tidak dapat bertindak di luar batas wewenang yang sudah tercantum di lembar surat kuasa.

3. Untuk Atas Nama

Orang yang telah diberikan kuasa dari pemberi kuasa dinamakan Juru Kuasa atau Kuasa. Apa yang dilakukannya itu merupakan perbuatan hukum atas nama atau mewakili peran dari pemberi kuasa.

Artiannya yakni apa yang akan kamu lakukan adalah tanggung jawab dari pemberi kuasa. Baik hak ataupun kewajibannya yang ada dari perbuatan pihak penerima kuasa menjadi bentuk hak dan kewajibannya pemberi kuasa pengambilan uang di bank.

4. Menyelenggarakan Sebuah Urusan

Dalam hal ini surat perbuatan hukum merupakan sebuah perbuatan yang memiliki dampak terhadap hukum. Sehingga apa yang dilakukan oleh penerima kuasa harus sesuai dengan maksud dan tujuan dari pihak pemberi kuasa.

Maka penting sekali pemberi kuasa ini menyampaikan tujuan pada contoh surat surat kuasa pengambilan uang di bank secara spesifik. Sehingga tidak ada tindakan yang dilakukan penerima kuasa di luar dari apa yang telah ditugaskan tersebut.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Berikut inilah beberapa contoh surat kuasa pengambilan uang pada bank yang bersangkutan:

1. Surat Kuasa Pengambilan Uang Bank BCA

Surat Kuasa Pengambilan Uang Bank BCA

Pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa yang mengambil uang di bank BCA harus mencantumkan informasinya dengan jelas. Informasinya berupa data diri pemberi kuasa dan penerima kuasa serta melampirkan dokumen pendukung.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang ke Bank BNI

Surat Kuasa Pengambilan Uang Bank BNI

Sama seperti pengambilan uang di Bank BCA harus dengan surat kuasa yang sah secara hukum. Selain itu surat kuasa bisa dipertanggungjawabkan keabsahan datanya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai contoh surat kuasa pengambilan uang di bank yang bisa menjadi acuan pembuatan surat secara sah. Penting diketahui oleh pemberi dan penerima kuasa bahwa surat kuasa harus bisa dipertanggungjawabkan keaslian data yang diberikan mengingat membubuhkan materai yang sah secara hukum.

Instagram