alasan kenapa pengajuan kredit ditolak bank

Ada saat di mana untuk mewujudkan sesuatu kita terhalang oleh keterbatasan dana. Untuk mengakali kondisi yang seperti itu sebenarnya kita dapat melakukan beberapa cara dan salah satu di antaranya adalah dengan melakukan pengajuan kredit ke bank.

Untuk mengajukan kredit ke bank supaya kita bisa mendapatkan dana tambahan, ada beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu kita persiapkan. Namun dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas jauh ke sana karena dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan beberapa alasan kenapa pengajuan kredit ditolak oleh pihak bank. Hal yang seperti ini cukup penting untuk diketahui supaya kita dapat lebih mempersiapkan semua yang dibutuhkan sebelum kelak mengajukan kredit.

Alasan Kenapa Orang Mengajukan Kredit Ke Bank

Sebelum membahas kenapa pengajuan kredit ditolak, terlebih dulu kita akan membedah beberapa alasan kenapa kredit diajukan.

Modal Usaha

Salah satu alasan orang mengajukan kredit adalah untuk tambahan modal usaha. Beberapa bank bahkan menciptakan produk khusus untuk kredit usaha seperti misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diinisiasi oleh Bank BRI.

Besaran modal usaha yang bisa diajukan pun bermacam-macam tergantung oleh beberapa hal misalnya jenis usaha yang kita jalankan.

Pendidikan

Alasan lainnya adalah untuk biaya pendidikan. Beberapa orang memang memiliki persoalan dengan biaya pendidikan sehingga mereka memilih untuk mengajukan pinjaman.

Membeli Rumah

Membeli rumah dengan sistem kredit adalah hal yang sangat jamak ditemui di Indonesia. Tanpa perlu orang mencari informasi pun beberapa developer perumahan sedari awal sudah menawarkan opsi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi orang-orang yang berniat membeli unit di wilayahnya.

Hal ini tidaklah mengherankan sebenarnya mengingat harga rumah yang mahal dan harganya cenderung terus naik sehingga orang-orang berbondong-bondong berusaha segera memilikinya sebelum harganya bertambah mahal. Meski sebenarnya untuk mengajukan KPR tidaklah mudah dan tidak jarang pengajuan kredit ditolak oleh pihak bank karena beberapa alasan tertentu.

Membeli Kendaraan

Sebagaimana kredit pemilikan rumah, kredit pembelian kendaraan pun sangat lazim dilakukan di Indonesia baik untuk membeli sepeda motor atau mobil. Jangka waktu kredit pun amat bervariasi dari yang hanya 12 bulan sampai dengan 60 bulan atau 5 tahun.

Tentunya besaran uang yang harus dibayarkan dapat berbeda-beda tergantung dengan durasi kredit yang kita pilih. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan supaya kita tidak mengalami gagal bayar.

Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak Bank

Penghasilan Tidak Mencukupi

Salah satu alasan kenapa pengajuan kredit ditolak adalah karena penghasilan yang tidak mencukupi. Maksudnya tidak mencukupi di sini adalah pemohon dianggap tidak memiliki cukup penghasilan untuk dapat membayar cicilan bulanan. Misalnya kita memiliki penghasilan bersih dalam satu bulan sebesar 5 juta rupiah. Dengan penghasilan tersebut jika kita mengajukan kredit dengan nilai per bulan sebesar 3 juta besar kemungkinan pengajuan kita akan ditolak.

Penghasilan Tidak Tetap

Alasan lainnya yang menyebabkan pengajuan kredit ditolak adalah karena penghasilan yang dianggap tidak tetap. Misalnya dalam bulan Januari kita memiliki penghasilan sebesar 20 juta tetapi di bulan Februari penghasilan kita ‘hanya’ sebesar 3 juta.

Melihat kondisi kita yang seperti itu dapat membuat pemberi kredit mempertimbangkan apakah kita layak diberi kredit ataukah tidak.

Data yang Tidak Lengkap

Selain karena penghasilan, pengajuan kredit juga dapat ditolak dengan alasan dokumen yang tidak lengkap. Oleh karena itulah sebelum mengajukan kredit ada baiknya kita mencari informasi terkait dokumen apa saja yang perlu kita persiapkan. Kalau perlu, kita langsung ke bank saja dan bertanya perihal daftar dokumen yang perlu dibawa untuk mengajukan kredit.

Riwayat Kredit yang Kurang Baik

Alasan lain yang juga bisa membuat pengajuan kredit kita ditolak bank adalah karena kita memiliki riwayat kredit yang buruk. Misalnya di masa lalu kita pernah mengalami kredit macet di mana kita tidak bisa memenuhi kewajiban pada waktu tertentu. Atau malah kita pernah mengalami gagal bayar atau hal-hal kurang diinginkan lainnya.

Sekian artikel tentang alasan kenapa pengajuan kredit ditolak oleh bank dan beberapa alasan kenapa orang mengajukan kredit. Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat bermanfaat dan semoga beruntung.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri