apa pentingnya Tabungan Pendidikan Anak

Setiap orang tua pasti memiliki rencana masa depan untuk buah hatinya. Salah satunya adalah mempersiapkan pendidikan yang baik untuk anaknya di masa depan.

Oleh karenanya dibutuhkan perencanaan pendidikan yang baik mulai sejak sedini mungkin. Merencanakan pendidikan sama dengan harus mempersiapkan keuangan yang matang, oleh karenanya para orang tua penting sekali memiliki tabungan pendidikan anak.

Jika kamu merupakan orang tua yang masih memiliki buah hati yang masih kecil-kecil. Silahkan kamu simak pembahasan dibawah ini tentang pentingnya tabungan pendidikan anak!

Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan anak adalah uang yang kamu simpan di rekening dalam bank dengan identitas kamu sebagai orang tua dengan nama anakmu sebagai nasabah. Tabungan pendidikan anak umumnya diperuntukan untuk anak-anak dibawah 17 tahun, karena anak-anak dibawah 17 tahun belum memiliki identitas diri sehingga ia tidak bisa membuka rekening di Bank.

Hal positif yang akan kamu rasakan adalah membiasakan anak menjadi gemar menabung sejak dini. Sehingga anakmu ketika dewasa nanti dapat mengatur keuangannya dengan baik.

Maka dari itu memiliki tabungan pendidikan anak sangatlah penting. Bukan hanya untuk mempersiapkan uang untuk pendidikan anak dimasa depan, tapi juga untuk melatih buah hati untuk dapat mengontrol keuangannya dengan baik.

Tabungan pendidikan anak dapat dibuat sejak anak berusia masih sangat kecil. Kamu dapat melakukan setoran secara rutin hingga akhirnya, tabungan pendidikan anak dapat diambil untuk kebutuhan sekolah anakmu.

Tabungan Pendidikan Anak kegunaannya apa aja lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Manfaat Memiliki Tabungan Pendidikan Anak

Jika kamu masih saja sungkan untuk memiliki tabungan pendidikan anak. Berikut dibawah ini adalah banyaknya manfaat dari tabungan pendidikan anak, yang akan membuatmu sadar betapa pentingnya memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini.

Memiliki Pegangan dan Jaminan Biaya Saat Anak Membutuhkannya

Dewasa pendidikan anak semakin membutuhkan biaya yang besar, untuk mendapatkan pendidikan terbaik untuk anak maka perlu mengeluarkan burger yang gila-gilaan. Misalnya adalah memasukan anak ke TK Internasional yang kualitasnya sudah sangat terkenal dimana-mana, tetapi biayanya memakan ratusan juta rupiah.

Sebab itulah penting sekali memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini. Semakin lama kamu menabung maka jumlah saldonya pun semakin banyak, jadi kamu dapat memasukan anaknya ke sekolah terbaik manapun tanpa memikirkan biaya yang besar.

Kamu hanya perlu melakukan setoran setiap bulannya secara rutin loh!

Resiko Kecil

Keuntungan lainnya yang akan kamu rasakan ketika membuka tabungan pendidikan anak adalah resiko yang akan dihadapi sangat kecil, atau dengan kata lain menabung di tabungan pendidikan anak sudah dijamin keamananya.

Melatih Disiplin Keuangan

Dengan menabung di tabungan pendidikan anak artinya kamu harus dapat menyisihkan sejumlah uang pada setiap bulannya. Penyisihan uang tersebut akan membuat kamu menjadi melek finansial, dan kamu menjadi disiplin keuangan.

Dana yang sudah kamu tabungkan ke tabungan pendidikan anak, tidak bisa kamu otak-atik kecuali untuk keperluan pendidikan anakmu, atau keperluan darurat yang tidak bisa ditunda.

Menyimpang Uang Lebih Fleksibel

Keuntungan yang akan kamu rasakan selanjutnya adalah kemudahan dalam menyetorkan uang tabungan pendidikan anak. Sehingga kamu akan merasa lebih fleksibel dalam menyimpan uang, terlebih kamu akan dijamin keamanannya dan tidak usah takut akan kehilangan saldo.

Usahakan terus konsisten untuk menabung. Karena jika loncat sekali tidak menabung akan menjadi kebiasaan dan tabungan pendidikan anak kamu tidak semakin bertambah.

Mendapatkan Bunga

Menabung di tabungan pendidikan anak merupakan hal yang bersifat “harus” dan penting demi menunjang masa depan anak kamu. Selain kamu akan mendapatkan kepastian dan jaminan masa depan, kamu juga akan mendapatkan bunga dari tabungan tersebut.

Bunga bank dapat dijadikan motivasi untuk kamu lebih rajin menabung. Karena semakin besar saldo tabungan pendidikan anak kamu, maka semakin besar juga bunga bank yang diberika.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Cara Membuat Tabungan Pendidikan Anak

Setelah kamu mengetahui tentang manfaat dari tabungan pendidikan anak. Kini, saat nya kamu mengetahui bagaimana caranya membuat tabungan pendidikan anak.

Berikut dibawah ini adalah tahapannya. Silahkan disimak!

Pilih Tabungan Pendidikan Anak Sesuai Kebutuhan

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah berdiskusi dan memikirkan dengan matang tentang bank apa dan jenis tabungan pendidikan seperti apa yang kamu butuhkan sebagai orang tua. Karena setiap bank memiliki variasi tabungan pendidikan anak yang berbeda-beda.

Nah, saat kamu datang ke bank, kamu harus mampu menjelaskan bahwasannya kamu ingin membuka tabungan anak yang berjenis tabungan pendidikan anak.

Datang Ke Bank

Tahapan ke 2, setelah kamu yakin dan tahu ingin menabung dimana dan membuka jenis tabungan pendidikan anak. Selanjutnya kamu harus mendatangi Bank tersebut untuk melakukan administrasi.

Dibandingkan mendaftar secara online, mendaftar secara langsung akan memberikan banyak hal positif untuk kamu. Karena CS bank akan menjelaskan dengan detail tentang tabungan pendidikan anak yang sedang ingin kamu buka.

CS bank juga akan menjelaskan solusi-solusi untuk kamu. Jika misalkan kemudian hari kamu tidak bisa membayar angsuran tabungan pendidikan anak ini.

Mengisi Formulir

Tahap selanjutnya kamu akan diberikan formulir oleh CS Bank yang berisikan tentang identitas orang tua dan anak. Oleh karenanya kamu memerlukan berkas seperti akta lahir, KTP orang tua, Kartu Pelajar anak, dan kartu keluarga.

Kamu harus menyiapkan berkas-berkas tersebut sebelum kamu datang ke bank. Agar proses pembuatan tabungan pendidikan anak menjadi jauh lebih cepat.

Menyertakan Surat Pernyataan Orang tua

Tahap berikutnya pihak bank akan meminta kamu untuk melampiri surat keterangan dari orang tua. Biasanya bank sudah menyediakan surat keterangan tersebut dan kamu sebagai orang tua tinggal mendatanginya saja.

Memberikan Setoran Awal

Tahap terakhir adalah menyetorkan setoran awal kepada pihak bank sebagai syarat pembukaan tabungan rekening anak. Siapkan uang secukupnya untuk membayarkan setoran tersebut, setelahnya saldo tersebut akan masuk kedalam tabungan pendidikan anak yang kamu buat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang betapa pentingnya tabungan pendidikan anak. Buatlah tabungan pendidikan anak pada usia sedini mungkin agar kelak dewasa nanti anakmu dapat terjamin pendidikannya.

Instagram