pengertian Tabungan Berjangka adalah apa lur

Tabungan berjangka merupakan tabungan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin disiplin persoalan keuangan. Karena sebenarnya menabung sendiri merupakan hal yang paling mudah untuk mengatur keuangan, salah satunya adalah dengan tabungan berjangka.

Tabungan berjangka dapat dijadikan solusi untuk kamu dimasa yang akan datang, jika memiliki rencana besar yang membutuhkan biaya yang besar juga.

Nah, agar lebih jelas berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya mengenai tabungan berjangka. Silahkan disimak!

Pengertian Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka merupakan uang yang disetorkan oleh nasabah yang penyetorannya memiliki jangka waktu tertentu, yang sebelumnya sudah dihitung dan ditetapkan oleh nasabahnya, jumlah uang yang disetorkan berjumlah tetap.

Uang yang disimpan di tabungan berjangka tidak akan bisa diambil selagi belum pas jatuh temponya. Biasanya tabungan berjangka memiliki waktu menabung sekitar 6 bulan sampai 20 tahun.

Karena memiliki periode waktu atau yang disebut dengan tenor, kamu tidak bisa asal mengambil uang direkening ini. Apabila kamu mengambil uang sebelum jatuh tempo maka bank akan memberikan denda.

Tapi bank pun akan memberikan toleransi kepada kamu sebanyak tiga kali, jika mangkir menabung di tabungan berjangka ini.

contoh Tabungan Berjangka apa aja lur

Cara Membuka Tabungan Berjangka

Apabila kamu berminat untuk membuka tabungan berjangka. Ada berapa syarat yang harus dipenuhi, tidak perlu khawatir karena syarat-syarat yang diperlukan sangat mudah.

Berikut dibawah ini adalah syarat dan cara membuka di tabungan berjangka, silahkan disimak ya!

  1. Kamu harus menyiapkan data diri bisa berupa KTP, SIM, Paspor, ataupun Kartu Pelajar bisa berupa dokumen asli ataupun Fotocopy Nya saja, yang digunakan untuk persyaratan administrasi bank.
  2. Kamu harus menyediakan sejumlah uang untuk setoran awal. Jumlah tersebut harus anda sesuaikan dengan jumlah ketentuan awal bank.
  3. Setelahnya datangi CS untuk melakukan pembukaan rekening baru, yaitu rekening berjangka
  4. Isi semua formulir yang CS berikan kepada kamu dengan benar, tidak boleh asal.
  5. Dengarkan arahan yang diberikan oleh CS kepada kamu tentang simulasi dan gambaran hitungan tabungan berjangka yang kamu pilih
  6. Setelah kamu menyetujui seluruh pembicaraan CS, maka CS akan memproses tabungan berjangka kamu
  7. Kemudian CS akan memberikan buku tabungan berjangka kepada kamu bukti bahwa kamu sudah membuka tabungan berjangka di bank tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Keuntungan Menabung Di Tabungan Berjangka

Bukan hanya karena prosesnya yang mudah, tetapi menabung di tabungan berjangka ini memiliki banyak keuntungan untuk mu. Berikut dibawah ini adalah Keuntungannya!

Suku Bunga yang Tinggi

Keuntungan pertama yang paling mengiurkan adalah subu bunga yang tinggi. Hitungannya semakin lama kamu menabung maka semakin tinggi juga bunga yang akan kamu dapatkan, karena pada setiap bulannya bank akan menerapkan suku bunga tertinggi.

Suku bunga pada tabungan berjangka bisa mencapai 5% per 1 tahun. Suku bunga ini lebih tinggi dari tabungan konvensional.

Melatih Disiplin Keuangan

Keuntungan yang dapat kamu nikmati selanjutnya adalah kamu akan menjadi disiplin keuangan. Karena pada setiap bulannya kamu harus mengeluarkan uang dengan sejumlah yang tetap untuk disetorkan di tabungan berjangka ini.

Sekarang ada transaksi autodebet tabungan berjangka, sehingga nasabah tidak perlu lagi datang ke teller untuk membayar setoran tabungan berjangka. Dengan sistem auto debit ini keuangan pribadi kamu akan menjadi lebih mudah, karena kamu hanya perlu mengatur pada tanggal berapa saldo anda akan di tarik ke tabungan berjangka.

Dijamin Kemanannya

Uang yang anda setoran ke Bank dan dimasukan ke Tabungan Berjangka sudah dipastikan keamananya karena bank-bank yang menyediakan tabungan berjangka merupakan banyak terpercaya yang merupakan peserta LPS atau Lembaga Penjamin SImpanan.

Dengan kata lain jika kamu menabung di tabungan berjangka kamu sedang lg menyimpan uang dengan sangat aman, karena LPS akan menjamin uang anda kembali jika terjadi kerugian yang tidak anda inginkan seperti perubahan eksoterm atau likuidasi.

Setoran Rendah

Keuntungan selanjutnya yang akan kamu rasakan adalah setoran rendah yang tidak begitu memberatkan kamu. Biasanya setoran yang akan kamu berikan kepada pihak adalah sekitar 100 ribu sampai 500 ribu.

Lalu untuk setoran tiap bulannya hanya sekitar 100 ribu saja. Tentunya hal ini berbeda jauh dengan setoran deposito yang lumayan besar.

Walaupun jumlah setorannya kecil. Tapi jika disetorkan secara rutin pada setiap bulan dan dikalikan dengan suku bunga yang tinggi, maka uang yang akan kamu hasilkan di periode akhir atau pada masa jatuh tempo lumayan besar.

Adanya Asuransi

Keuntungan selanjutnya adalah di tabungan berjangka biasanya juga akan ditawarkan layanan asuransi, dengan perhitungan yang berbeda pada setiap banknya.

Kamu biasanya akan ditawarkan asuransi jiwa untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Asuransi ini juga memberikan jaminan untuk terus menyetarakan hingga akhir jangka waktu berakhir apabila nasabah tidak bisa meneruskannya karena suatu hal.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Tabungan Berjangka

Sekarang, kamu akan bertanya-tanya tentang kapan waktu yang tepat untuk membuka tabungan berjangka. Padahal tabungan berjangka ini cocok saja untuk mengumpulkan dana yang akan kamu pakai pada waktu dekat.

Misalnya kamu ada rencana liburan ke Bali, atau mungkin rencana Menikah kamu dapat menabungnya mulai dari 6 bulan sampai 5 tahun, atau 20 tahun untuk masa depan anda.

Tabungan ini tidak memiliki resiko yang tinggi, akan lebih baik jika dana yang anda kumpulkan akan dipakai pada waktu dekat. Bunga yang akan kamu dapatkan juga tinggi, walaupun tujuan utamanya adalah menyimpan uang dengan aman.

kamu dapat menabungnya di beberapa bank yang menyediakan tabungan berjangka, seperti dibawah ini:

  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga
  • BTPN Taseto Mapan
  • Taka Bunga Pasti OCBC NISP
  • BNI Tapenas
  • BJB Tandamata Berjangka
  • Tahapan Berjangka BCA
  • Tabungan Pendidikan Bank Danamon

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, demikianlah informasi tentang tabungan berjangka. Ayo menabung agar masa depan menjadi lebih mudah.

Instagram