rekening koran

Istilah dari rekening koran sudah banyak dikenal oleh kebanyakan orang. Bentuk dari bukti transaksi ini berkaitan dengan dunia perbankan dan memang hanya pihak bank yang bisa mengeluarkan rekening tersebut.

Keberadaannya mempunyai banyak manfaat untuk setiap kebutuhan kamu. Selain itu dapat diminta oleh perusahaan tempat kamu bekerja sebagai syarat memperoleh visa.

Pengertian dari Rekening Koran

Courant dari bahasa Belanda ini merupakan ringkasan atas transaksi keseluruhan keuangan dari sebuah tabungan baik itu untuk individu maupun badan usaha. Data yang terlampir dalam bentuk cetak yang mempunyai rincian mengenai alur dari debit dan juga kredit seperti halnya dana masuk dan keluar.

Sistem dan ketentuan untuk percetakannya pada setiap bank berbeda-beda, ada yang memang rutin memberikannya pada nasabah dan ada yang harus melakukan proses pengajuan terlebih dahulu. Namun terkadang proses untuk mengajukannya membutuhkan beberapa waktu karena harus meminta persetujuan dari pejabat bank terlebih dahulu.

Kegunaan Ringkasan Transaksi

Ringkasan transaksi ini dapat diminta pada pihak bank sesuai dengan nomor rekening bersangkutan. Dan akan sulit melakukan percetakan jika bukan yang bersangkutan secara langsung.

Inilah beberapa kegunaannya yang dapat kamu ketahui:

Mengajukan visa

Jika kamu ingin keluar negeri maka wajib membuat visa dan ringkasan transaksi ini menjadi sangat penting dalam mengajukan visa. Kamu harus menunjukkan bahwa mempunyai dana yang cukup sehingga nantinya tidak jadi gembel di negara orang.

Dalam pembuatan visa biasanya terdapat beberapa persyaratan yang akan dimintai dan melampirkan dokumen sebagai bentuk pemberian informasi atas gambaran finansial kamu. Seperti halnya surat pemberitahuan pajak penghasilan, slip gaji, daftar riwayat transaksi, surat pajak bumi dan bangunan hingga bukti transaksi rekening.

Mengetahui ringkasan transaksi

Fungsi dari ringkasan atas cantuman transaksi ini seperti halnya buku tabungan yang telah menampilkan bukti transaksi dalam waktu tertentu. Informasi yang ada mengenai jumlah saldo untuk awal sampai akhir bulan, bunga bank, arus debit dan kredit hingga biaya administrasinya.

Kelebihannya yaitu tidak hanya mencantumkan kelengkapan tanggal dan waktu saja. Ringkasan transaksi juga terdapat pesan saat melakukan transaksi hingga detail lainnya.

Sebagai bukti hukum

Rekening dalam bentuk koran ini dapat dijadikan sebagai bukti sah hukum jika nantinya timbul perselisihan atau masalah dengan pihak lain dengan melakukan mutasi. Seperti halnya saat kamu yakin jika sudah mengirimkan uang guna membayarkan pesanan dalam toko online.

Akan tetapi dari pihak penjualnya bilang tidak ada pengiriman dana atas nama kamu sehingga orderan tidak diproses. Maka kamu bisa membuktikannya dengan ringkasan bukti transaksi tersebut.

Mengajukan pinjaman

Saat kamu membutuhkan sejumlah dana dan ingin mengajukan kredit ataupun pinjaman kepada pihak bank seperti Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Tanpa Angunan (KTA). Maka akan membutuhkan catatan tentang riwayat dari transaksi rekening keuangan kamu secara lengkap dan detail.

Dengan begitu ringkasan transaksi menjadi dokumen penunjang untuk mengajukan permohonan dan membuktikan ada transaksi yang sehat. Hal ini menjadi suatu yang wajib jika kamu bukan sebagai pegawai pada sebuah perusahaan.

Mengikuti lelang

Untuk kamu yang tertarik dengan lelang barang maka akan juga dimintai ringkasan dari transaksi di tabungan. Terutama jika lelang ini merupakan protek dari swasta maupun pihak pemerintah.

Peserta lelang wajib untuk menunjukkan bukti bahwa terdapat saldo yang tersedia yang akan dikeluarkan saat lelang. Jangan lupa kamu melampirkan ringkasan bukti transaksi dalam dokumen persyaratan lelang.

Audit keuangan pada perusahaan

Pada sebuah perusahaan sangat membutuhkan bukti dari ringkasan transaksi. Hal ini berfungsi guna melakukan perekapan atas daftar keuangan baik itu dalam arus keluar ataupun masuk secara lengkap.

Jika nanti terdapat suatu hal yang tidak wajar pada transaksi maka bisa langsung segera diproses. Sehingga bisa meminimalisir tingkat terjadinya masalah pada keuangan perusahaan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Mengajukan Rekening Koran ke Pihak Bank

Pencetakan untuk ringkasan transaksi ini hanya membutuhkan hitungan menit saja dan kamu tidak perlu menunggu lama. Cara mengajukan pencetakan harus datang langsung ke bank.

Pada umumnya untuk pencetakannya harus mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang atau pejabat bank tersebut. Inilah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mencetak ringkasan transaksi rekening:

Membawa buku tabungan asli

Agar bisa melakukan pencetakan ringkasan transaksi maka dibutuhkan buku tabungan asli. Kamu bisa memberitahukan kepada pihak customer service untuk mencetak ringkasan transaksi dan menyerahkan buku tabungan aslinya.

Kartu Tanda Penduduk atau KTP

Setelah kamu meminta untuk mencetak ringkasan transaksi maka petugas bank juga akan meminta KTP. KTP sebagai bukti identitas yang akan dicocokkan dengan buku tabungan kamu.

Sebab jika tidak cocok maka kamu tidak bisa melakukan pencetakan pada ringkasan transaksi tersebut. Maka bawalah identitas diri KTP dan dokumen lain seperti halnya paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM) jika kamu tidak bisa menunjukkan KTP.

Kartu debit

Syarat lain untuk melakukan pencetakan yakni kartu debit. Pihak bank yakni customer service akan meminta nasabahnya untuk menunjukkan kartu debit yang dapat dijadikan sebagai bukti kepemilikan atas buku tabungan tersebut dan nasabah bank.

Jangan lupa untuk membawa kartu debit ketika ingin mencetak ringkasan transaksi. Jika kamu tidak membawanya maka pihak bank juga tidak bisa memproses permohonan kamu pada saat itu.

Biaya mencetak rekening koran

Dalam melakukan pencetakan terdapat biaya yang harus kamu keluarkan. Namun besaran biayanya tergantung dari ketentuan setiap bank, sebab masing-masing bank mempunyai biaya yang berbeda.

Seperti contoh bank berikut ini:

  • Bank BCA biaya Rp 2.500 per lembar
  • Bank BNI biaya Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per lembar
  • Bank Permata biaya Rp 10.000 per lembar
  • Bank BRI biaya Rp 25.000 per lembar untuk lebih dari 12 bulan.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai rekening yang dapat dicetak. Nasabah bisa mengetahui ringkasan transaksi secara detail.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram