Strategi Pemasaran Bank dan Tujuan Menggandeng Nasabah Baru

Bagaimana strategi pemasaran bank yang tepat? Perbankan menjadi salah satu lembaga keuangan yang mempunyai banyak nasabah. Meskipun begitu juga tidak pernah luput dari yang namanya strategi pemasaran dalam menawarkan produknya baik itu dalam membuka rekening ataupun menawarkan pinjaman.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan keuntungan untuk baik yan berasal dari para nasabahnya. Perbankan pun juga harus dikelola secara profesional sehingga nantinya nasabah bisa terpenuhi dalam pemasaran yang telah ditawarkan sebelumnya.

Tujuan Strategi Pemasaran bagi Perbankan

Tujuan Strategi Pemasaran bagi Perbankan

Perbankan sebagai lembaga keuangan masih banyak membutuhkan pemasaran untuk meningkatkan pendapatan. Tujuan dilakukannya pemasaran dari pihak perbankan yakni:

• Guna memenuhi kebutuhan para nasabah mengenai produk ataupun layanan dari bank yang diinginkannya
Memaksimalkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh bank
Meningkatkan keuntungan dalam hal pencapaian omset pendapatan
• Agar bisa menguasai pasar perbankan mengingat keberadaan pesaing semakin luas
• Guna menghadapi persaingan yang sekarang ini semakin ketat
• Dalam rangka untuk melakukan perluasan jaringan bisnis.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Target Sasaran Pemasaran Perbankan

Target Sasaran Pemasaran Perbankan

Sasaran dalam melakukan pemasaran dari bank tidak lain yakni nasabah ataupun masyarakat yang belum menjadi nasabahnya. Penerapan manajemen yang dilakukan dalam pemasaran bank dengan cara efektif mampu memudahkan bank untuk bisa menjangkau nasabah lebih banyak lagi.

Bank bisa meningkatkan kegiatan pemasaran dengan cara meningkatkan kualitas SDM yang telah dimilikinya. Pada umumnya menjalankan kegiatan pemasaran adalah SDN perbankan meskipun sudah adanya teknologi yang mampu bergerak namun tetap saja SDM sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan secara maksimal.

Bentuk Strategi Pemasaran Bank

Bentuk Strategi Pemasaran Bank

Dalam menjalankan strategi untuk memasarkan produknya bank mempunyai beberapa bentuk sebagai kunci utamanya. Sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang mengarah pada target sasarannya:

Inilah beberapa bentuk dari pemasaran yang dilakukan oleh pihak bank:

1. Strategi produk

Strategi produk yakni instrumen atau perangkat yang dapat beli ataupun dijual oleh pihak bank. Di Indonesia sendiri mempunyai beberapa produk yang telah dibeli dan dijual oleh pihak bank dan dapat ditawarkan kepada para calon nasabahnya.

Produk dibeli bank

Melihat pelayanan dan banyaknya produk yang dimiliki oleh bank ini membuat para nasabah tidak lepas dengan keberadaan bank. Bank mempunyai produk yang dibeli dengan jumlah cukup banyak.

Mereka di antaranya simpanan giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan nasional, tabungan khusus, wesel, promes, dan surat tagih. Tidak hanya itu saja, bank juga membeli beberapa produk lainnya seperti halnya setoran ongkos naik haji atau ONH, travelers check hingga perdagangan valas atau sering dikenal dengan mata uang asing.

Produk dijual oleh bank

Selain terdapat produk yang dibeli oleh pihak bank, bank juga membeli beberapa produk untuk menjalankan strategi pemasaran kepada nasabahnya. Produk tersebut seperti kredit perdagangan untuk kelas besar, menengah hingga kecil, kredit jangka pendek, kredit jangka menengah, kredit jangka panjang, kredit untuk sektor industri, perkapalan, pertanian dan masih banyak lagi.

Bank juga menjual produk kredit usaha kecil atau KUK, kredit profesi, kredit sindikasi, L/C dalam dan luar negeri, serta perdagangan surat berharga ataupun efek. Bentuk pemasaran ini berguna untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi bank.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

2. Strategi pemasaran harga

Dalam menggunakan strategi untuk memasarkan produknya, bank mengusung strategi harga yang dibedakan beberapa macam jenis. Hal ini guna memasarkan dan mengenalkan produk bank agar nasabah tertarik pada pemasarannya.

Inilah beberapa hal yang dilakukan oleh pihak bank dalam menawarkan pelayanan kepada nasabahnya:

Produk bank

• Produk sisi pasiva

Salah satu harga produk bank pada sisi ini merupakan simpanan masyarakat yang berperan sebagai nasabah di bank dan diusahakan dengan harga lebih murah. Produknya berupa neraca bank dalam bentuk giro, deposito, dan tabungan.

• Produk sisi aktiva

Sementara itu untuk produk pada sisi aktiva yakni kredit yang telah diberikan pada pihak debitur kredit dan diusahan dengan harga tinggi bertujuan agar bisa terhindar dari adanya negatif spread. Produk yang dijual pada sisi aktiva ini hanya ada satu pada neraca bank yakni bentuk kredit.

Penetapan harga setiap produk

Penetapan strategi harga untuk produk bank telah ditentukan dalam beberapa bentuk seperti halnya:

Cost of loanable funds yakni diperhitungkan dengan hitungan serendah mungkin
Tingkat suku bunga SBI telah ditentukan tersendiri dari Bank Indonesia
Tingkat harga yang digunakan dari harga patokan oleh pesaing
Profit margin atau spread yang layak

3. Strategi lokasi

Dalam menjalankan strategi pemasaran pada produk barang industri ataupun manufaktur dapat dikenal dengan rangkaian atas saluran distribusi. Hal ini merupakan jalur pemasaran untuk banyak produk yang sudah dihasilkan oleh perbankan.

Selain itu juga dengan memperkenalkan direct banking serta telephone banking. Maka dengan begitu nasabah serta pat bisa menggunakan pelayanan dari bank tanpa harus mendatangi kantor kantor cabang dari bank yang sudah dipilih sebelumnya.

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

4. Strategi promosi

Strategi pemasaran yang lainya yakni dengan menggunakan promosi dalam bisnis perbankan dan dikenal sebutan promotion mix atau bauran promosi. Promosi yang dilakukan bisa dalam bentuk advertising atau periklanan, sales promotion atau promosi penjualan, personal selling atau penjualan perseorangan maupun publicity atau publisitas.

Sementara itu promosi juga digunakan sebagai sarana pemasaran dalam beberapa hal, antara lain:

Promosi bank untuk pengenalan image

Promosi bank untuk pengenalan image

Dalam hal ini mempromosikan bank sebagai sebuah image seperti halnya memperkenalkan waktu berdirinya bank Mandiri yang mana terbentuk atas bank campuran dengan bank asing.

Promosi produk unggulan dari bank

Promosi produk unggulan dari bank

Mempromosikan salah satu atau beberapa produk yang menjadi keunggulan di bank tersebut. Hal ini tentunya berkaitan dengan tabungan, deposito, tingkat suku bunga dan masih banyak lagi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai strategi pemasaran untuk perbankan yang mengenalkan produk andalannya. Pemasaran perbankan mempunyai target sasaran pada masyarakat yang belum menjadi bagian dari nasabahnya.