Fungsi Bukti Transaksi dan Contohnya dalam Kegiatan Jual Beli

Bukti transaksi merupakan salah satu tanda bukti yang telah mendukung dan mengesahkan semua kegiatan berhubungan dengan jual beli. Tanda bukti atas adanya kewajiban untuk pihak lain yang harus dilakukan seperti halnya cek, bilyet giro, bukti pengiriman, bukti pelunasan, dll.

Bukti secara tertulis ini digunakan untuk mencatat ataupun merekap semua transaksi yang telah terjadi pada sebuah perusahaan ataupun bisnis. Tanda bukti memiliki peranan yang sangat penting dalam mencegah terjadinya permasalahan pada waktu yang akan datang.

Tujuan dan Fungsi Bukti Transaksi

Fungsi Bukti Transaksi dan Contohnya dalam Kegiatan Jual Beli

Tanda bukti yang telah dilakukan pencatatan merupakan bentuk pegangan guna memudahkan pihak akuntan perusahaan untuk menyusun laporan keuangan. Dengan melihat catatan tersebut maka bisa diketahui pihak yang memiliki tanggung jawab atas terjadinya kegiatan transaksi tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Kanada
Gaji TKI dan TKW di Jerman
Gaji TKI dan TKW di Polandia
Gaji TKI dan TKW di Mesir

Dengan demikian bisa menghindari adanya duplikasi pada saat pengumpulan data keuangan. Selain itu juga tanda bukti bisa mengurangi kemungkinan kesalahan melalui cara menyatakan transaksi ke dalam bentuk tulisan.

Jenis Bukti Transaksi

Dalam kegiatan transaksi baik itu penjualan ataupun pembelian memang akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran. Tanda bukti transfer terdapat 2 jenis yang dapat diketahui antara lain:

• Bukti transfer internal yakni tanda bukti yang berasal dari dalam perusahaan. Transaksi yang telah terjadi dilakukan oleh pihak personalia perusahaan dan mengikuti pada perusahan tersebut.

Transaksi internalnya memiliki orientasi pada perubahan pada posisi keuangan yang terjadi pada perusahaan.

Hal ini baik transaksi yang telah dibuat ataupun yang dikeluarkan seluruhnya berasal dan berdasarkan dengan kebutuhan perusahaan. Tanda bukti internal bisa dicontohkan misalnya memo dari pimpinan perusahaan pada karyawan kantor.

• Bukti transfer eksternal yakni bukti pencatatan atas kegiatan transaksi yang telah berlangsung baik antara pihak perusahaan dengan eksternal perusahaan. Tanda buktinya ada banyak macam seperti halnya kwitansi, faktur, nota debit, nota kredit, cek dan lainnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Contoh Tanda Bukti Kegiatan Transaksi

Dengan mengetahui gambaran umum mengenai bukti transaksi, fungsi dan jenisnya pada perusahaan. Maka selanjutnya kamu harus mengetahui contoh tanda bukti dalam menjalankan kegiatan bisnis supaya tidak timbul kesalahan pada pembuatan laporan keuangan usaha.

Adapun untuk contoh bukti pembayaran yang dapat kamu ketahui sebagai berikut:

1. Kwitansi

Kwitansi merupakan salah satu contoh tanda bukti yang diberikan jika sudah terjadi dalam penerimaan uang penuh dari pihak pembeli barang. Jika kamu telah menerima kwitansinya maka bisnis yang dijalankan tidak lagi memiliki tunggakan hutang pada penjual.

Sekarang ini kamu tidak lagi ribet untuk membuat kwitansi secara manual namun bisa menggunakan software yang dapat diaplikasikan dengan mudah secara online. Dengan demikian bisa mendapatkan tanda bukti atas kegiatan transaksi dengan mudah dan otomatis.

2. Faktur atau Invoice

Faktur sebenarnya mirip dengan nota karena dikirimkan pada pelanggannya sebelum membayarkan sejumlah tagihan dan biasanya akan diberikan tenggat waktu pembayaran.

Invoice merupakan dokumen secara tertulis yang isinya mengenai informasi produk, jumlah produk yang telah dibeli, kuantitas hingga total harganya.

Faktur hampir mirip dengan hutang atas pembelian barang mengingat pembayaran yang dilakukan tidak langsung. Sehingga bagi pihak yang telah membeli barang harus membayarnya sebelum tenggat waktu yang diberikan oleh penjual habis.

3. Nota Kredit

Contoh bukti transaksi yang dapat diketahui lainnya yakni nota kredit. Nota kredit merupakan tanda bukti akuntansi yang akan dikeluarkan pihak penjual saat terjadi pengembalian produk pada pemasok.

Pengembalian barang ini dikarenakan produknya yang diterima mengalami kerusakan ataupun tidak sesuai dengan pesanan dari penjual. Fungsi adanya nota kredit yakni mengurangi harganya produk yang sudah ditetapkan sebelumnya ataupun dengan mengganti produk rusak.

4. Nota Debit

Keberadaan nota debit berhubungan dengan proses pengiriman barang yang mengalami kerusakan dan dokumen transaksinya diberikan guna memperoleh potongan harga. Dengan mengeluarkan bukti transaksi ini dikarenakan pihak penerima barang telah menerima barang yang tidak sesuai dengan ketentuan dari kesepakatan di awal.

5. Nota Kontan

Contoh tanda bukti lainnya yakni nota kontan sebagai bukti atas kegiatan transaksi bisnis. Peranan dari nota kontan ini sebagai bukti pembayaran yang telah dibuat dan dikeluarkan oleh pihak penjual pada pembeli.

Dalam nota kontan ini tersedia 2 lembar nota, pada lembar pertama akan diberikan pada pihak pembeli. Sementara itu untuk lembar yang lainnya akan disimpan oleh penjual sebagai tanda bukti atas terjadinya transaksi.

6. Bilyet Giro

Salah satu contoh dari tanda bukti yang biasanya digunakan dalam melakukan kegiatan transaksi perusahan. Bilyet giro ini merupakan sebuah mekanisme untuk membayar pada rekening giro dari salah satu penggunaan rekening nasabah pada penerima tertentu.

Pihak yang menerima bilyet giro ini tidak dapat menukarkan dalam bentuk uang tunai. Dengan demikian harus memiliki rekening agar bisa menukarkan bilyet giro yang diterimanya.

7. Memo

Memo merupakan contoh tanda bukti atas transaksi yang berhubungan langsung dengan pembayaran. Transaksi tersebut terjadi antara pihak penjual dan pembeli.

Tanda bukti memo ini adalah tanda bukti internal yang berhubungan langsung dengan kejadian di dalam lingkungan perusahaan saja.

Bukti memorandum biasanya diberikan oleh pimpinan perusahaan pada pihak yang berwenang di dalam perusahaan seperti halnya berhubungan dengan penyusutan peralatan produksi.

8. Bukti Cek

Cek merupakan salah satu dokumen yang bentuknya hanya secarik kertas dan berhubungan dengan penarikan uang tunai di bank. Di dalam cek tersebut memuat informasi mengenai sejumlah uang serta memberikan pada pihak kedua sebagai tanda bukti pembayaran.

Dengan demikian pihak kedua ini bisa mencairkan sejumlah dana dalam bentuk tunai. Pencairan yang dilakukan hanya pada bank bersangkutan pada bukti cek.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Itulah beberapa penjabaran mengenai bukti transaksi dan fungsinya pada perusahaan sebagai tanda bukti yang sah. Tanda bukti ini tersedia dalam berbagai macam contoh yang secara umum sudah ada untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan.