Memilih Investasi Perhiasan Emas Menguntungkan Atau Bikin Rugi?

Belakangan investasi perhiasan emas sangat meningkat dan sebagai pilihan utama oleh banyak orang. Terlebih investasi jenis ini sangat digemari oleh para wanita, selain dapat melakukan kegiatan investasi juga perhiasan bisa digunakan.

Dalam melakukan kegiatan investasi perhiasan secara umumnya memang terlihat bisa mendapatkan keuntungan berlipat namun juga ada kerugian yang cukup banyak. Nilai bagus dari investasi perhiasan yakni barangnya sangat mudah untuk ditemukan di mana pun.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Alasan Memilih Investasi Emas

Emas ataupun logam mulia merupakan salah satu alternatif yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Karena emas mempunyai banyak kelebihan seperti halnya emas tidak dapat tergerus inflasi, emas ataupun logam mulia mempunyai harga yang cenderung stabil bahkan selalu naik, dan emas tidak gampang rusak serta mudah untuk menyimpannya.

Memilih Investasi Perhiasan Emas Menguntungkan Atau Bikin Rugi?

Proses Peleburan Emas Hingga Menjadi Perhiasan

Perhiasan emas ini dibuat dengan menggunakan bahan baku emas murni tembaga, batangan serta perak. Ketiga bahan tersebut dicampur kemudian dileburkan menjadi satu dan dicetak.

Persentase dari campurannya akan berpengaruh pada kadar karat pada emas. Sehingga bisa menjadi perhiasan yang sering kamu temui dan bahkan kamu gunakan sekarang ini.

Kenapa Banyak Orang Memilih Investasi Perhiasan Emas?

Banyaknya orang yang lebih menyukai investasi perhiasan tentu dengan berbagai macam alasan. Berikut inilah beberapa kondisi yang membuat perhiasan emas menjadi salah satu pilihan untuk investasi:

Harga emas sangat terjangkau sesuai kondisi keuangan

Harga dari perhiasan emas pada umumnya dapat dijual dengan harga yang sangat bervariasi. Harganya akan berbeda-beda tergantung dari jenis emas mulai dari 18 karat, 22 karat serta 24 karat.

Dengan begitu kamu dapat melakukan pembelian mulai dengan berat perhiasan emas 1 gram. Dari situlah kamu bisa memulai kegiatan investasi dengan nilai kecil terlebih dahulu.

Harga emas dapat ditawar

Alasan terbesar yang membuat banyak orang memilih investasi perhiasan emas karena harganya bisa ditawar dengan mudah. Jika hitung modal pembelian hanya membutuhkan budget yang tidak begitu banyak.

Maka tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang memilih investasi emas daripada instrumen lainnya. Tentu hal ini sangat berbeda jika kamu ingin membeli emas batangan maka harganya tidak akan mungkin dapat ditawar.

Toko perhiasan emas mudah ditemukan

Untuk membeli perhiasan emas kamu sudah tidak perlu bingung lagi karena banyak sekali toko emas di mana-mana. Toko emas telah terpampang nyata di pinggir jalan hingga di dekat pasar sehingga memudahkan pembelian.

Hal ini tentunya juga tergantung dari kecukupan keuangan kamu guna mengantongi emas supaya dapat dibawa ke rumah dengan mudah. Makin bagus reputasi dari toko emas maka makin minim juga resiko untuk pembelian emas palsu.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Membeli perhiasan emas tanpa syarat

Dalam melakukan pembelian emas tidak ada syarat khususnya, yang ada hanya kapasitas uang kamu. Jika kamu ingin menjual perhiasan sangat mudah untuk datang ke tokonya saja.

Investasi perhiasan juga mempercantik diri

Pembelian investasi perhiasan tidak hanya sekadar untuk kegiatan investasi semata. Emas sebagai investasi multifungsi yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik diri.

Investasi Perhiasan Emas Bukanlah Alat Investasi

Secara umumnya ternyata investasi perhiasan bukan sebagai alat untuk melakukan investasi. Berikut beberapa alasan yang dapat kamu ketahui:

1. Biayanya yang besar

Saat kamu melakukan pembelian emas sebenarnya membayarkan tambahan yang ekstra seperti halnya desain, ongkos produksi, pajak serta biaya pengiriman. Lalu ditambahkan dengan kadar karat juga juga serta berapa banyak berat emas murninya.

Selain itu dari pihak penjual toko emas pastinya akan menaikkan harga perhiasan sampai 100 persen. Sehingga kemungkinan besarnya sebenarnya rugi namun tidak dirasakan oleh pembeli.

2. Tidak adanya sertifikat perhiasan emas

Dalam pembelian investasi perhiasan emas memang sangat berbeda dengan emas batangan yang mendapatkan sertifikat. Sementara untuk perhiasan emas ini hanya mendapatkan kwitansinya saja dan perlu hati-hati untuk kadar karat seta berat saat melakukan pembelian perhiasan.

Saat membeli perhiasan dengan kadar 18 karat beratnya 10 gr maka dengan begitu kadar karatnya hanya sekitar 7.5 gr. Selebihnya itu hanya tambahan campuran yang bisa menaikkan jumlah berat pada perhiasan emas tersebut.

3. Investasi perhiasan cepat rusak dan hilang

Kejadian seperti ini akan sering terjadi bagi mereka yang ceroboh dalam menggunakan perhiasan emas. Dengan tidak kehati-hatian maka perhiasan kamu akan rusak dan pastinya nilai jual akan sangat menurun.

Tentu hal ini berbeda dengan emas batangan yang hanya bisa disimpan dan kecil kemungkinan terjadi kerusakan. Perhiasan juga memicu terjadinya penjambretan ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

4. Produsen emas palsu sangat banyak

Emas palsu sangat banyak beredar di kalangan masyarakat yang kemungkinan besar akan datang menghampiri kamu. Maka dengan begitu sangat penting berhati-hati dalam melakukan proses pembelian emas.

Saat membeli investasi perhiasan emas pastikan kamu telah memilih toko perhiasan yang tepat dan bukan abal-abal. Sehingga bisa terjaga keaslian dari emas tersebut bukanlah emas palsu.

5. Pengaruhnya Investasi Emas 24 Karat

Dalam memilih kadar karat sebuah perhiasan memang suatu hal yang penting untuk dilakukan salah satunya membeli emas 24 karat, harganya selalu mengalami kenaikan setiap tahun meskipun tidak begitu banyak. Jika ingin memulai investasi emas 24 karat maka bisa mencicil dengan melakukan pembelian emas batangan ataupun emas per gram.

Emas kadar 24 karat mempunyai berat yang sangat beragam serta berpengaruh pada kemurnian emasnya tersebut. Emas pada umumnya sangat variatif dari 1 sampai 24 karat sehingga tergantung dari kemurnian emas yang telah dilakukan peleburan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai pemilihan investasi perhiasan emas yang dapat kamu gunakan. Investasi perhiasan mempunyai banyak keuntungan dan juga kerugian yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya.