Cara Cek BI Checking Online dan Cara Membersihkan Blacklist

Bagaimana cara cek BI Checking online dan offline? BI Checking merupakan layanan informasi yang isinya mengenai riwayat dari kredit debitur dan telah tercatat di Sistem Informasi Debitur atau SID. Dalam hal ini cara cek BI Checking online dapat dilakukan dengan mudah tanpa ribet.

Sistemnya saling dibagikan untuk satu dengan yang lainnya oleh bank maupun lembaga keuangan. Akan tetapi, sekarang ini sudah tersedia dengan kemudahan dari cek BI checking dengan menggunakan smartphone.

Apa Itu BI Checking?

Cara Cek BI Checking Online dan Cara Membersihkan Blacklist

BI Checking merupakan pencatatan yang menyajikan informasi dalam SID dan isinya berupa riwayat atas kelancaran ataupun non performing credit payment secara kolektibilitas debitur. BI Checking isinya mencakup pada data informasi atas pencarian, kolom pemilik serta pengurus, data pokok debitur, kolom kredit atau pembiayaan, fasilitas dengan ringkasan kredit serta garansi yang telah diberikan, penjamin dan angunan.

Dengan melihat data itulah lembaga keuangan bank ataupun non bank bisa melakukan pengambilan keputusan guna melanjutkan pada proses peminjaman debitur ataupun tidak. Siapa saja yang ingin melakukan permohonan dalam akses website secara resmi di OJK, hal itu masih bisa dilakukan selama kuotanya tersedia.

SLIK OJK Pengganti BI Checking Online

Dalam sistem layanan informasi keuangan atau lebih disingkat dengan SLIK merupakan salah satu sistem informasi dari binaan OJK untuk mengawasi informasi keuangan sebagai penggantinya BI Checking. Alihan layanannya SID telah diatur dalam UU No 21 Tahun 2011 yang membahas tentang pengalihan tugas dan fungsi.

BI dulunya mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan, regulasi hingga pertumbuhan pada sistem informasi di bank. SLIK OJK telah menghubungkan BI serta LPS, dengan begitu akan jauh lebih memudahkan untuk berbagi data informasi dari lintas aplikasi.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Kelebihan SLIK dalam BI Checking

Sebelum mengenal cara cek BI Checking online maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan yang dimiliki oleh SLIK. SLIK telah menyediakan versi untuk website dan juga aplikasi yang akan memudahkan penggunaan secara online.

Tujuan utama dari SLIK yakni guna memperluas SID, jumlahnya data yang telah dikumpulkan SLIK lebih besar dan sangat akurat. SLIK Ini juga memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam peminjaman yang lebih luas serta kemudahan menerima pinjaman tersebut.

Cara Cek BI Checking Online

Untuk melakukan pengecekan pada BI Checking sebenarnya bukan suatu perkara yang sulit untuk dilakukan. Karena hanya dengan menggunakan smartphone melalui SLIK dapat mengecek BI Checking.

Kamu bisa mendapatkan kelengkapan informasi debitur dengan membuka laman website resminya dan melakukan verifikasi data atas kredit tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu gunakan untuk mengecek BI Checking secara online:

1. Menyiapkan dokumen pendukung untuk cara cek BI Checking online

Debitur perorangan

Terdapat beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh debitur perorangan, sebagai berikut:

• Fotocopy identitas diri kamu sebagai tanda pengenal asli yakni KTP bagi WNI
• Untuk WNA harus fotocopy identitas diri serta bukti identitasnya asli yakni pasport
• Fotocopy identitas yang disertakan dengan surat kuasa asli apabila diberikan kuasa.

Debitur badan usaha

Dalam syarat dokumen untuk perorangan dan badan usaha tentu berbeda, inilah berkas dokumen yang harus dilengkapi oleh kamu sebelum melakukan pengecekan BI Checking:

• Akta pendirian
• NPWP
• Perubahan atas anggaran dasar yang di dalamnya terdapat struktur serta yurisdiksi pengurus dan juga identitas dirinya asli dari pengurus serta badan usaha dalam bentuk fotokopi yang dilegalisir
• Membawa surat kuasa yang asli, fotokopi identitas asli dari badan usaha, fotokopi dan asli identitas surat kuasa jika ada kuasa

2. Mengisi form antrian BI Checking secara online

Cara cek BI Checking online berikutnya yakni dengan membuka link antrian secara online OJK. Setelah kamu bisa membukanya maka lanjutkan untuk mengisi formulir permohonan IDEB serta memilih antrian berupa jadwal waktu serta keterangan dari sisa slot antrian tersebut.

3. Memilih jam antrian online

Dalam melakukan antrian secara online maka kamu harus membuka laman resmi OJK. Sebab untuk layanan resmi antrian online hanya dapat dibuka di OJK dengan terbagi pada beberapa sesi seperti berikut ini:

1. 08.00 – 09.00
2. 09.00 – 10.00
3. 10.00 – 11.00
4. 11.00 – 12.00
5. 13.00 – 14.00
6. 14.00 – 15.00

Permintaan dalam informasi debitur SLIK tersedia untuk hari Senin sampai Jumat saja.

4. Melakukan verifikasi data

Cara cek BI Checking online harus melalui cara melakukan verifikasi data kamu terlebih dahulu. Setelah kamu selesai mengisi formulir pada antrian online maka akan mendapatkan persetujuan di email kamu.

Guna melengkapi verifikasi data ini maka kamu akan dimintai untuk menghubungi Whatsapp OJK-SLIK yang ada di email terkirim tadi. Jangan lupa untuk memperhatikan baik isi dari email agar tidak menimbulkan kesalahan apapun serta bisa melakukan penyelesaian tahapan proses verifikasi dengan baik sesuai panduan yang ada.

5. Mengecek email

Bagi kamu yang ingin melakukan cek BI Checking maka cek email juga pada akun setelah menyelesaikan semua langkah di atas. SLIK OJK ini akan menyampaikan secara detail dan lengkap Debitur SLIK ke alamat email kamu.

Apabila kamu mempunyai kendala dalam membaca konten debitur. Dari pihak OJK sudah memberikan panduannya secara lengkap melalui situs website resminya.

Cara Membersihkan Blacklist BI Checking

Terdapat beberapa cara untuk membersihkan blaclist BI Checking:

• Membayarkan kredit yang telah menunggak secara lunas sesegera mungkin
• Mengawasi rekening giro sampai kamu berhasil melakukan pelunasan pada kredit pinjaman. Pantau terus skor pada kredit agar bisa melihat hasil nilainya fluktuasi setiap waktu
• Mengkonfirmasi pada OJK bahwasannya telah memenuhi kewajiban kredit dan membawa surat konfirmasi dari pihak bank di mana kamu mengajukan kredit tersebut. Setelahnya pemeriksaan BI akan dinyatakan bersih.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah penjabaran tentang pembahasan dari cara cek BI Checking online yang sangat memudahkan para pengguna. Dengan melengkapi dokumen persyaratan maka akan lebih mudah mengurusnya.

Instagram