Investasi Ruko – Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Sukses Berinvestasi Ruko

Berinvestasi pada dunia properti tidak akan pernah rugi. Salah satunya investasi yang tidak akan pernah merugikan kamu yaitu investasi ruko. Investasi ruko merupakan kegiatan penyewaan ruko yang kamu miliki kepada orang lain dengan tujuan bisnis, seperti dijadikan kantor atau tempat penyimpanan barang.

Karena biasanya ruko selalu dijadikan untuk tempat berbisnis atau usaha makan rate harga yang diberikan untuk disewakan atau mungkin di jual kembali cukup tinggi. Sehingga keuntungan kamu akan berlipat ganda dari modal utamanya.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Ruko memiliki kepanjangan rumah toko yang umumnya dijadikan tempat usaha. Umumnya ruko dijadikan lokasi kantor, dan terkadang dijadikan tempat tinggal pemilik usaha tersebut.

Buat kamu yang penasaran keuntungan apa saja sih yang akan didapatkan ketika berinvestasi ruko. Yuk! Simak pemanasan dibawah ini secara lengkap tentang investasi ruko.

Investasi Ruko – Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Sukses Berinvestasi Ruko

1. Keuntungan Investasi Ruko

Seperti investasi properti lainnya investasi ruko memiliki banyak keuntungan yang akan semakin membuat dompet kamu tebal. Berikut adalah keuntungan-keuntungan berinvestasi ruko:

a. Pendapatan Pasif

Umumnya orang yang menyewa ruko merupakan orang-orang yang memiliki perencanaan jangka panjang pada bisnis. Kamu sebagai pemilik ruko yang berada dilingkungan bisnis tentunya akan berkesempatan besar mendapatkan pendapatan pasif.

Setiap periode pembayaran kamu akan mendapatkan uang sewa. Sehingga uang akan langsung datang ke kamu tanpa kamu bersusah payah mencarinya.

b. Lokasi Bangunan Ruko yang Strategis

Ruko selalu dibangun oleh developer dengan lokasi yang strategis. Agar komplek ruko yang dibangun akan langsung menjadi lingkungan bisnis.

Oleh karenanya ketika kamu membeli ruko artinya kamu telah membeli tempat yang pasti akan ada peminatnya. Sehingga balik modal kamu akan cepat, karena lokasi ruko strategis dan ramai bisnis disekitarnya.

c. Investasi Jangka Panjang

Investasi pada bidang properti selalu menjadi investasi jangka panjang. Harga properti setiap tahunnya akan selalu naik, berbanding terbalik dengan investasi saham yang sewaktu-waktu bisa saja saham itu turun jauh dan membuat kamu rugi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

2. Kekurangan Investasi Ruko

Seperti investasi-investasi lainnya yang memiliki kekurangan. Investasi ruko juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Kekurangan ini bisa menjadi alat pembanding buat kamu, dan menjadi acuan serta strategi dalam berinvestasi. Agar kamu lebih memahaminya, silahkan simak dibawah ini tentang kekurangan berinvestasi ruko

a. Bangunan Ruko Tidak Bisa Diperbesar

Tidak seperti rumah, bangunan ruko tidak bisa diperbesar lagi, karena luas dan fasad rukonya sudah ditentukan oleh pembangun atau developernya. Sehingga jika kamu ingin membangun ulang dan melebarkan bangunan kamu tidak bisa melakukannya.

b. Susah Jika Desain Ruko Kurang Menarik

Kekurangan ruko lainnya yaitu desain ruko yang dibangun kurang menarik. Biasanya develepor hanya membagun satu desain untuk satu komplek ruko secara serempak.
Terkadang desain yang dibangun kurang menarik perhatian pare peminat bisnis yang membutuhkan desain yang elegan dan modern. Sehingga akan menyebabkan sulit mendapatkan penyewa ruko di kemudian hari.

c. Lokasi Sepi Orang Lewat

Kekurangan investasi ruko lainnya yaitu terkadang lokasi yang direncanakan akan ramai ternyata dalam prakteknya sepi. Oleh karenanya kamu harus berhati-hati dalam membeli ruko, kamu harus mampu dan menelaah apakah nantinya lokasi ini akan dimanfaatkan banyak pelaku bisnis atau sepi peminat.

Karena jika lokasi ruko sepi maka kamu akan mendapatkan kerugian. Karena modal untuk membeli ruko lumayan mahal.

Tips Sukses Investasi Ruko

Setelah kamu mengetahui keuntungan dan kerugian investasi ruko. Kamu kini harus mengetahui tips paling ampuh agar kamu sukses berinvestasi ruko.

a. Lokasi Ruko Berada di Jalan Utama

Ruko yang berada di jalan utama pasti akan ramai karena selalu dilalui banyak orang. Lokasi tersebut artinya lokasi yang strategis untuk membuka bisnis sehingga akan banyak penyewa yang menawarkan diri untuk menyewa ruko kamu. Artinya kamu dapat memasang harga sewa yang tinggi untuk ruko yang kamu sewakan tersebut.

b. Lokasi Ruko di Dalam Perumahan

Lokasi ruko terbaik berikutnya yaitu berada di dalam perumahan elit atau yang memiliki konsep kota mandiri. Artinya disana terdapat banyak penghuni yang secara otomatis akan membuka lokasi bisnis lainnya.

Ruko-ruko akan ditawar para pelaku bisnis untuk membuka bisnis di kawasan perumahan tersebut.

c. Tarif Sewa Ruko Sewajarnya

Meskipun lokasi kamu sangat bagus dan strategis kamu harus tetap memperhatikan harga sewa ruko yang wajar. Yang harus kamu berikan yaitu harga sewa ruko pasaran, kamu dapat menghitungnya dengan rumus sebagai berikut:

Harga Beli X capitalization rate *rata-rata capitalization rate adalah 6%-9% pertahun.

Contohnya ruko yang kamu beli seharga 550 juta, harga sewa yang bisa kamu tawarkan kepada calon penyewa ruko kamu maksimal 9% yaitu 9% x 550 juta atau sebesar Rp 61 juta.

Catatan yang harus kamu garis bawahi juga harga sewa yang kamu tetapkan harus juga sesuai dengan kondisi penyewa, serta prospek bisnis dari si penyewa, serta potensi lokasi ruko dengan bisnis yang dijalankan.

d. Mengikuti Kenaikan Harga Jual dan Sewa Ruko di Pasaran

Tips selanjutnya agar investasi ruko kamu menghasilkan untung yang besar kamu harus rajin mengikuti kenaikan harga jual dan sewa ruko di pasaran. Kamu harus dapat menghitung yield dan capital gain.

Karena kedua elemen tersebut akan membantu kamu untuk melihat persentase keuntungan yang kan kau dapatkan. Yield merupakan kenaikan nilai atau harga rata-rata sewa properti, sedangkan capital gain merupakan persentase keuntungan dalam menjual properti atau ruko.

Cara menghitungnya yield yaitu dengan membeli harga sewa ruko dengan harga beli ruko kemudian dikalikan 100. Misalnya, harga beli ruko 500 juta dengan harga sewa perbulan 40 juta, Yieldnya adalah 40 juta dibagi 500 juta dan dikalikan 100, hasilnya yaitu Yield bernilai 8% per tahun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Cara Menghitung Capital gain yaitu dengan mengurangi harga jual dengan harga beli, kemudian dibagi harga beli dan dikalikan dengan 100.

Contoh: harga beli ruko 500 juta, harga jual, 1M
Capital gain nya adalah (1M – 500 juta) / 500 juta * 100 = 100%
Artinya keuntungan dari investasi ruko tersebut yaitu 100%.

Demikianlah informasi investasi ruko mulai dari keuntungan, kekurangan, serta tips sukses investasi ruko yang bisa kamu terapkan.

Instagram