Investasi untuk Ibu Rumah Tangga Terbaik

Apa investasi untuk ibu rumah tangga yang cocok dan terbaik? Ibu rumah tangga meskipun selalu di rumah dan mengerjakan seluruh urusan rumah tangga, ternyata tetap bisa berinvestasi dan menjadi seorang investor yang sukses. Karena banyak produk investasi yang dapat dilaksanakan oleh ibu rumah tangga.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Kamu mungkin salah satu ibu rumah tangga yang ingin memulai berinvestasi tapi masih bingung investasi apa yang harus kamu mulai. Nah, berikut dibawah ini adalah produk-produk investasi yang bisa kamu mulai sebagai ibu rumah tangga, silahkan disimak pembahasannya di bawah ini!

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga Terbaik

1. Investasi Emas Online

Ibu rumah tangga yang ingin memulai investasi dapat mencobanya mulai dari investasi emas online yang modalnya dapat dimulai dengan modal yang sangat kecil yaitu hanya 10 ribu saja. Sehingga resiko akan kerugian sangat kecil sekali.

Uang 10 ribu yang biasanya sisa dari uang belanja di pasar bisa kamu sisihkan untuk investasi emas online, dan nantinya akan menguntungkan kamu di kemudian hari.

2. Reksa Dana Pasar Uang

Sama halnya seperti investasi emas online, reksa dana pasar uang merupakan investasi untuk ibu rumah tangga yang wajib dicoba karena modalnya sangat kecil dengan keuntungan lebih besar dari deposito. Keuntungan yang didapatkan dari reksadana pasar uang yaitu sekitar 20% per tahunnya.

Keuntungan lainnya berinvestasi di reksa dana pasar uang yaitu uang yang kamu investasikan sewaktu-waktu dapat kamu tarik tanpa potongan biaya administrasi maupun penalti. Jadi, apabila kamu dalam keadaan terdesak uang di reksa dana pasar uang bisa kamu ambil kapan saja.

3. Deposito

Buat kamu ibu rumah tangga yang ingin berinvestasi dalam jumlah yang besar. Kamu bisa memulai dengan berinvestasi di deposito dimana bunganya jauh lebih tinggi dibandingkan bunga biasa.

Deposito sangat cocok dengan kamu yang ingin berinvestasi sambil menyiapkan biaya pendidikan anak di kemudian hari. Sehingga ketika pendidikan anak kamu membutuhkan biaya yang besar, kamu dapat menarik dana di deposito dengan bunga yang sudah berlipat ganda.

Kamu bisa melakukan investasi deposito di lembaga penjamin simpanan atau LPS dengan nilai investasi maksimal 2 M. Dengan tenor mulai dari 1 bulan sampai 2 tahun atau 24 bulan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

4. Fintech Lending

Investasi untuk ibu rumah tangga selanjutnya yang bisa kamu coba dengan modal mulai dari 100 ribuan yaitu fintech lending. Fintech lending dapat menguntungkan kamu dengan keuntungan yang cukup besar yaitu sampai 16% per tahunnya.

Berinvestasi pada fintech lending memiliki resiko yang sangat kecil karena diawasi sangat ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan. Akan tetapi kamu sebagai investor harus mampu memastikan bahwa fintech lending yang kamu masuki merupakan legal, sehingga kamu tidak terjebak investasi bodong.

5. Valuta Asing (Valas)

Valuta Asing atau yang disingkat Valas biasanya menjadi alat tukar atau bertransaksi. Tapi ternyata dapat dijadikan investasi yang tingkat resikonya rendah dengan keuntungan yang pasti, investasi valas ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

Simpan mata uang asing dengan nilai tukar tinggi di rekening Valas kamu. Tapi pastikan jangan dijadikan alat bertransaksi, agar nilai tukar akan rupiahnya terus meningkat.

6. Barang Bermerek

Ibu rumah tangga yang suka belanja barang-barang mewah atau bermerek ternyata dapat dijadikan investasi loh! Barang bermerek biasanya akan dijual dengan jumlah yang terbatas, dan sewaktu-waktu harganya akan terus meningkat seperti Tas, Jam Tangan, Sepatu, da lainnya.

Akan tetapi investasi barang bermerek ini membutuhkan modal yang cukup besar karena setiap item yang dijual harganya akan mencapai ratusan juta.

7. Surat Utang Negara

Investasi untuk ibu rumah tangga berikutnya yang belakangan ini diminati oleh ibu rumah tangga yaitu surat utang negara atau SUN. Biasanya mereka akan membeli instrumen Obligasi Negara seperti ORI yang dijual dengan keterangan atau ritel.

Modal yang dikeluarkan untuk membeli ORI terbilang cukup murah yaitu mulai dari 1 jutaan dengan tenor 3 tahun. Resiko investasinya kecil, akan tetapi keuntungannya sangat besar melebihi suku bunga deposito bank BUMN, dan akan dibayarkan setiap bulan selama 3 tahun atau sesuai tenor ORI yang sudah disepakati.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Tips Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum Ibu rumah tangga memutuskan untuk berinvestasi. Ada beberapa tips serta hal-hal yang harus diperhatikan agar investasinya berhasil, dan tidak menimbulkan kerugian dikemudian hari.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips investasi untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu terapkan. Silahkan disimak!

Persiapkan Diri Dengan Matang

Investasi memiliki banyak instrumen dengan profil risiko yang berbeda-berbeda. Kamu sebagai calon investor yang kebetulan ibu rumah tangga harus paham betul tentang hal-hal tersebut agar uang yang kamu investasikan tidak hilang sia-sia.

Melihat Kondisi Keuangan

Persiapan yang pertama harus kamu lakukan yaitu melihat kembali kondisi keuangan kamu. Apabila ternyata kondisi keuangan rumah tangga kamu tidak memungkinkan untuk menyisihkan uang untuk berinvestasi lebih baik jangan dipaksakan.

Akan tetapi apabila kamu dapat menyisihkan uang dengan baik mulailah dengan investasi yang modalnya kecil dan tingkat resiko rendah.

Memahami dunia investasi

Langkah berikutnya ketika kamu sudah dapat menyisihkan uang untuk berinvestasi yaitu memahami dunia investasi dan belajar secara mendalam. Agar setiap keputusan yang kamu ambil tidak akan kamu sesali di kemudian hari.

Pilih Lembaga Investasi yang Legal

Selanjutnya kamu harus dapat memastikan uang yang kamu investasikan berada pada lembaga atau perusahaan investasi yang legal yang tercatat di OJK dan diawasi oleh lembaga yang berwenang. Agar setiap uang yang kamu investasikan betul-betul dikelola dengan baik dananya, dan kamu mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut sesuai yang dijanjikan.

Demikianlah investasi untuk ibu rumah tangga. Kamu sebagai ibu rumah tangga dapat memulai investasi dari modal yang kecil sambil belajar tentang dunia investasi.

Sehingga apabila mengalami kerugian dalam berinvestasi jumlahnya tidak begitu besar dan kamu memiliki dana cadangan untuk menutupinya. Perlu kamu ketahui bahwa tidak selamanya investasi untung, dan keuntungan investasi memerlukan proses tidak instan.

Instagram