Mengenal Istilah ROE Saham

Bagi kamu yang baru sajam terjun pada dunia investasi saham maka sangat perlu memahami beberapa istilah. Memahami istilah bisa membantu dalam memilih produk serta melakukan analisis secara mendalam.

Seperti halnya istilah ROE saham atau Return on Equity, rasio pengembalian ekuitas merupakan ukuran untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan bagi pembeli. Rumusnya ROE mempunyai fungsi dalam mengetahui nilai atas profit yang kemungkinan besar bisa didapat pemegang dan nilai dinyatakan ke dalam bentuk persentase.

Apa Itu ROE atau Return on Equity?

ROE merupakan ukuran atas kinerja pada keuangan yang mana dihitung dengan cara membagi keuntungan bersih dan ekuitas pemegang investasi. Ekuitasnya pemegang sama seperti aset perusahaan lalu dikurangi dengan hutang, sehingga ROE dianggap sebagai bentuk pengembalian aset secara bersih.

ROE juga dianggap menjadi ukuran keefektifan manajemen yang menggunakan aset pada perusahan guna mendapatkan keuntungan. ROE akan dinyatakan dalam persentase dan bisa dihitung perusahaan jika mendapatkan keuntungan secara bersih serta ekuitas dari keduanya menghasilkan angka yang positif.

Cara Membaca ROE

Agar bisa membaca ROE pada perusahaan maka kamu harus menghitung dengan menggunakan sebuah rumus. Agar bisa mendapatkan rasio maka harus membandingkan dengan adanya Net Income atau laba bersih dan equity dengan rumus

ROE= Net Income/ Equity

Penghitungan laba bersih dapat dilakukan dalam satu tahun akan tetapi laporan keuangan biasa menggunakan per kuartal atau 4 bulan. Maka dengan begitu nilainya harus dibuat jadi 1 tahun, jika laporan baru 1 kuartal maka nilainya 4 dan laporan yang tersedia terdapat 2 kuartal nilainya dikalikan dengan 2 begitu seterusnya.

Nilai ROE Menjadi Penting dalam Investasi Saham

Seperti yang terlihat pada penjabaran di atas dapat dijadikan sebagai indikator dalam menentukan probabilitas atau nilainya ROE sebagai pertimbangan dalam menganalisis fundamental bagi investor. Dengan mengetahui rasio dari ROE maka investor dapat memprediksi keuntungan dan bisa diperoleh saat membeli emiten.

Sehingga nantinya dapat diketahui nilai ROE yang menentukan berapa banyak dalam melakukan pembelian diperusahaan. Maka dari itu pentingnya ROE dalam melakukan analisis nilai pada setiap perusahaan yang nantinya akan kamu pilih untuk membeli saham.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Nilai ROE Saham yang Bagus untuk Pembelian

Menurut Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekurita Indonesia emiten dengan rasio ROE  di atas 20 persen sudah menjanjikan pembelian. Namun ROE bukan alat utama yang dapat dijadikan alasan, inilah beberapa hal yang mendasarinya:

Nilai ROE berubah setiap tahun

Rasio ROE sendiri tidak sama untuk setiap tahunnya sehingga tidak dapat dijadikan sebagai satu-satunya alat penentu pembelian. Nilai ROE mengalami perubahan setiap tahun yang membutuhkan alat lain untuk dijadikan sebagai acuan.

Informasi ROE dalam 1 tahun tidak bisa menunjukkan kinerja dari perusahaan keseluruhan serta prediksi pada kinerja untuk masa depan. Maka hal seperti perlu menjadi pertimbangan kamu untuk melakukan pembelian dan menganalisis secara detail.

ROE tidak akurat bagi perusahaan hutang besar

Perusahaan yang mempunyai banyak hutang dan nilainya lebih besar dengan modal miliknya. Maka ROE tidak dapat dijadikan sebagai alat acuan yang akurat, kamu tetap bisa melakukan analisis dengan menggunakan ROCE atau Return on Capital Employed.

Mengimbangi dengan PBV

Dalam menganalisis dan bisa dijadikan acuan tidak hanya menggunakan ROE saja. Selain ROES juga ada PBV atau price to book value yang dapat dipertimbangkan sebab mempunyai nilai turut berpengaruh pada profit perusahaan.

Rasio Lain yang Mirip dengan ROE

Kamu tidak hanya bisa menggunakan ROE, terdapat beberapa jenis dari rasio yang dapat dimanfaatkan oleh investor. Sehingga bisa mengetahui kinerja dari produk investasi.

Berikut inilah beberapa jenis rasio yang bisa kamu gunakan sebagai acuan:

ROI atau Return on Investment

Salah satu jenis rasio yang digunakan untuk menghitung tingkatan atas pengembalian saham. Yakni dengan melakukan perbandingan dari keuntungan secara bersih dengan kekayaan yang bersih pula.

ROA atau Return on Assets

Jenis rasio yang diperoleh guna menghitung besarnya nilai profitabilitas aset pada perusahaan agar bisa menghasilkan sebuah keuntungan besar. Cara menghitungnya dengan membandingkan dari pendapatan keuntungan secara bersih dengah aset yang telah dimiliki oleh perusahaan.

ROCE atau Return on Capital Employed

Rasio ROCE digunakan sebagai alat penghitung profitabilitas pada sebuah perusahaan. Di mana perusahaan tersebut mempunyai utang dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

ROIC atau Return on Invested Capital

Jenis rasio ROIC bisa kamu ketahui hasilnya dengan cara membandingkan operating profit dan invested capital dikurangi dengan non operating assets. Sehingga dapat diketahui bagaimana rasio dengan nilai yang jelas atas perusahaan tersebut.

Tolok Ukur ROE atau Return on Equity

Penentuan ROE dianggap baik ataupun buruk hal itu tergantung dari normalnya rekan saham. Seperti halnya utilitas mempunyai banyak aset serta hutang pada neraca jika dibandingkan dengan jumlahnya laba bersih yang nilainya relatif cukup kecil.

ROE normal pada sektor utilitas dapat 10 persen ataupun kurang. Perusahaan teknologi yang terdapat akun neraca lebih kecil untuk keuntungan bersihnya, kemungkinan juga mempunyai tingkat ROE normal 18 persen dan  bisa lebih.

Manfaat ROE atau Return on Equity pada Saham

Return on Equity bisa digunakan sebagai perkiraan tingkat pada pertumbuhan berkelanjutan serta dividen. Hal ini dengan asumsi bahwasannya nilai rasio secara kasaran sejalan atau bahkan tepat di atas rata-rata peer group.

Meskipun kemungkinannya akan ada tantangan, namun ROE bisa menjadi tempat baik dalam mengembangkan estimasi pada pertumbuhan investasi. Dalam dua perhitungan ini mempunyai fungsi satu dengan yang lainnya dan bisa digunakan dalam mempermudah perbadingan antar perusahaan.

Itulah beberapa uraian tentang ROE pada saham perusahaan yang dapat kamu ketahui. Jika kamu investor maka penting sekali mengetahui istilah dari ROE dan manfaatnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram