cara mengelola keuangan keluarga

Manajemen keuangan merupakan hal penting yang harus kita tata dan rencanakan dengan baik. Dengan memanajemen keuangan kita bisa memperkirakan tentang bagaimana masa depan agar menjadi lebih baik. Mengelola keuangan baiknya dilatih sejak dini, untuk menumbuhkan inisiatif anak yang peka terhadap manajemen uang.  Anda bisa mulai untuk mengelola keuangan sejak anda menyadari tentang pentingnya hal tersebut.

Keuangan keluarga merupakan satu hal penting yang wajib anda kelola untuk masa depan keluarga yang cerah.  Dengan mengelola keuangan keluarga anda bisa merencanakan dan mengantisipasi berbagai macam masalah yang mungkin akan menimpa keluarga. Menyisihkan uang dengan berdasar anggaran kebutuhan hidup keluarga, dan menyimpan lagi sebagian uang ke dalam tabungan yang sekiranya kita belum memerlukan sebagian uang tersebut. Kebutuhan dan pendidikan anak yang harus dicukupi, bisaya kehidupan sehari – hari, tagihan – tagihan yang harus dilunasi, dan masih banyak lagi jenis kebutuhan hidup dalam berumah tangga yang dimana mengharuskan anda untuk mengelola keuangan.

tips mengelola keuangan keluarga
Photo by Arturo Rey on Unsplash

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan, selain itu pastikan anda memiliki tekad dan niat yang kuat saat berhadapan dengan yang namanya mengelola keuangan, jangan sampai teledor, malas, atau hanya memiliki sedikit tekad dan niat yang setengah – setengah. Ketidak sungguhan kita dalam mengelola keuangan keluarga akan mengakibatkan kondisi finasial yang semakin parah karena manajemen yang tidak tertata. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan keluarga.

Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat jumlah pengeluaran dan pemasukan kita sehari – hari, adalah langkah awal untuk mengelola keuangan. Dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, kita bisa mengerti untuk apa saja uang yang kita keluarkan dan beraapa rupiah uang yang telah kita dapatkan sebagai pemasukan. Catat dan hitung, semua pengeluaran anda mengenai kebutuhan pokok sehari – hari seperti belanja, tagihan listrik, kuota internet, air, dan kebutuhan lain tiap bulan. Dengan begitu anda bisa memperhitungkan pengeluaran yang anda butuhkan setiap bulan.

Pengaturan Uang yang Transparan

Manajemen uang yang transparan penting untuk anda lakukan untuk mengetahui semua detil uang yang anda atau anggota keluarga anda keluarkan. Pengelolaan uang yang buruk yaitu saat dimana kita sudah mencatat dan menghitung semua pengeluaran dan pemasukan, namun menjumpai hasil yang berbeda dengan jumlah sisa uang. Ketidak jujuran kita dalam mengelola keuangan keluarga, secara bertahap akan semakin memperburuk kondisi keuangan dalam sistem rumah tangga.

Hindari Kebutuhan Tidak Penting

Selain dari kebutuhan pokok sehari – hari, kita kadang dihadapkan dengan masalah seperti pengeluaran uang yang tidak diperlukan untuk suatu kebutuhan yang tidak penting. Dengan mengikuti langkah pertama anda akan bisa mengontrol kebutuhan apa saja yang sekarang anda dan keluarga anda butuhkan dan pengeluaran yang harus anda kurangi untuk hal yang kurang bermanfaat. Dengan menghindari kebutuhan yang tidak penting, bukan berarti anda menjadi orang yang pelit atau hemat yang berlebihan. Hal itu justru akan mengurangi keharmonisan anda dengan keluarga, cukup dengan mengontrol dan mengurangi anggaran untuk hal yang kurang anda perlukan.

Dahulukan Kewajiban

Prioritaskan Semua hal pengeluaran yang menjadi tanggungan dan kewajiban anda. terkadang kita menunda untuk mendahulukan hal penting karena mungkin di hadapkan dengan hal lain yang lebih menarik, hal itu akan membuat pengeluaran kita tak terkontrol. Pasalnya dengan semua kebutuhan yang wajib di penuhi tapi uang malah habis untuk keperluan yang bisa di tunda. Biasakan untuk mendahulukan kebutuhan seperti pendidikan anak, semua tagihan, kebutuhan belanja, dan lain – lain. Jika anda sudah memenuhi semua kewajiban, maka mengelola keuangan bisa lebih lancar.

Menabung atau Investasi

Langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan, pastikan anda menyisihkan uang untuk di tabung atau investasi. Di jaman yang serba memerlukan uang ini penting untuk kita selalu memiliki simpanan uang berupa tabungan untuk segala kondisi mendadak yang memerlukan pengeluaran lebih. Sedangkan untuk investasi hampir memiliki sistim yang sama seperti menabung, bedanya investasi kita lakukan sebagai tabungan untuk masa depan, banyak jenis investasi yang bisa kita ambil seperti investasi emas, saham, tanah, reksadana, dan deposito.

Mendaftar Asuransi

Mendaftarkan anggota keluarga untuk ber asuransi penting sebagai langkah untuk mengelola keuangan. Dengan terdaftar sebagai anggota asuransi maka resiko pengeluaran untuk biaya kesehatan dan lain – lain akan di bantu oleh pihak asuransi.

Membuat Daftar Kebutuhan dan Belanja Bulanan

Membuat daftar belanja dan kebutuhan setiap bulan harus anda lakukan, karena biasanya kita mengeluarkan uang belanja yang tidak menentu tiap bulannya. Biaya dari belanja dan kebutuhan yang tidak menentu akan mempersulit anda dalam mengelola keuangan.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan keluarga. Dengan manajemen keuangan yang baik akan membuat masa depan keluarga menjadi lebih terjamin.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram