mengatur keuangan selama pandemi

Pandemi covid 19 yang sudah berlangsung hingga dua tahun lebih ini menuntut kita untuk pandai dalam mengelola keuangan. Pembatasan aktivitas dengan protocol kesehatan, guna memutus rantai penyebaran virus yang berakibat berkurangnya pendapatan masyarakat dan secara otomatis menurunkan kualitas perekonmian. Mengelola keuangan di masa pandemi penting untuk dilakukan agar tetap bisa bertahan hidup dengan kondisi finansial yang sedang kurang baik. Sistem pengelolaan uang dalam masa pandemi tidak bisa anda sepelekan, banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengelola keuangan, terutama saat kondisi perekonomian yang tidak baik – baik saja.

Kebutuhan sehari – hari yang harus dipenuhi, dan harga bahan pokok yang kian meningkat seiring berjalanya waktu, sedangkan pendapatan kita yang pas menjadi faktor penghambat dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. Kita tidak bisa memprediksi kapan pandemi akan berlangsung berapa lama lagi, karena itu lebih baik untuk tetap menjalani kehidupan secara normal dengan berpegang pada anjuran pemerintah serta menerapkan protocol kesehatan. Dengan segala resiko yang mungkin terjadi saat masa pandemi dan akan membuat keuangan goyah, kita perlu mensiasati sisitim pegelolaan keuangan untuk terus menjalani hidup. Lalu bagaimanakah cara memanajemen keuangan agar tetap berjalan stabil ? Berikut ini 7 cara untuk mengelola keuangan di masa pandemi.

Data Semua Kebutuhan dan Pendapatan

Langkah awal yang perlu anda lakukan untuk mengelola keuangan yaitu dengan menghitung semua total pendapatan dan kebutuhan yang harus tercukupi. Dengan mengetahui Jumlah pendapatan secara total dalam sebulan anda bisa memperhitungkan kebutuhan apa saja yang harus terpenuhi. Pada masa pandemi ini, tentunya kebutuhan pokok anda juga bertambah, contohnya seperti kebutuhan kesehatan masker, hand sanitizer, face shield, dan mungkin kebutuhan lain yang tarifnya meningkat dari biasanya. Dengan begitu anda bisa mengalokasikan dana secara efektif untuk semua kebutuhan anda di masa pandemi.

mengerjakan pekerjaan sampingan
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Utamakan Kebutuhan Primer

Kebutuhan pokok adalah yang harus anda utamakan di banding kebutuhan lain – lain apalagi jika anda memiliki buah hati. Pastinya semakin bertambah pengeluaran anda untuk berbagai macam kebutuhan anak seperti pendidikan, uang jajan, dan lain lain. Anda di tuntut untuk bisa memahami antara pentingnya kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dan keinginan yang bisa menunggu untuk dipenuhi. Pastikan pengeluaran anda untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari sebelum menggunakannya untuk keinginan pribadi.

Siapkan Cadangan Dana

Cara mengelola keuangan selanjutnya yaitu dengan menyisihkan uang untuk dana cadangan. Dalam kehidupan sehari – hari tentunya tidak selalu berjalan dengan baik, banyak sekali hal yang mungkin bisa terjadi secara tiba – tiba seperti PHK, kecelakaan, kecopetan, keadaan ekonomi yang turun drastis, dan masih banyak lagi. Masalah yang datang secara tiba – tiba tentunya akan membuat kinerja keuangan anda terganggu, karena itu penting untuk menyiapkan dana cadangan untuk menghadapi masalah yang tidak pasti.

Hindari Pinjaman Ilegal

Bertahan hidup di masa pandemi yang serba kesulitan ini banyak sekali oknum – oknum yang memanfaatkan situasi untuk memperoleh keuntungan secara instan, salah satunya jasa pinjaman yang illegal. Walaupun dengan keadaan finansial yang kurang beruntung, pastikan untuk menghindari meminjam uang secara illegal dengan iming – iming bunga yang ringan serta tidak ribet. Dengan melakukan pinjaman illegal tidak menjamin anda bisa mengembalikan uang pinjaman tersebut, justru bunga yang semakin membengkak tidak wajar. Hal tersebut akan membuat kondisi keuangan yang semakin memburuk dan amburadul.

Membuka Tabungan dan Asuransi

Menyiapkan dana cadangan memang langkah yang tepat untuk menjalakan kehidupan sehari – hari di masa pandemi. Tapi selain dari dana cadangan, baiknya anda juga memiliki tabungan untuk kebutuhan mendatang, lebih bagus lagi jika mendaftarkan diri dan keluarga untuk ber asuransi. Mendaftar asuransi jiwa akan memudahkan saat tiba – tiba ada anggota keluarga yang harus rawat inap di rumah sakit, dengan begitu sebagian biaya akan di tanggung oleh pihak asuransi.

Berhemat

Tidak hanya di masa pandemi saja, berhemat merupakan salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan. Banyak sekali teknologi yang semakin memudahkan kita untuk menjalani hidup di masa pandemi, salah satunya belanja online, dengan menawarkan banyak diskon dan promo yang membuat kita tergiur. Walaupun begitu kita harus tetap cermat dan bijak dalam mengatur keuangan.

Pekerjaan Sampingan

pendapatan yang menurun mengharuskan kita untuk memikirkan cara lain agar tetap bisa menjalani kehidupan sehari – hari, salah satunya dengan membuka usaha sampingan. Gunakan kelebihan atau skill yang anda kuasai untuk mendapatkan penghasilan lebih, kita tidak bisa hanya mengandalkan bantuan pemerintah atau gaji bulanan. Dengan begitu keuangan akan semakin membaik secara berkala.

Itulah 7 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan di masa pandemi. Di masa ekonomi yang sulit kita harus bisa mengelola keuangan dengan bijak.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram