tips penting dalam mengelola keuangan bisnis

Bisnis adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang secara individual maupun kelompok yang tidak luput dari yang namanya proses produksi, transaksi maupun barter dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Mengelola keuangan merupakan hal utama yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis sebelum memulai, menjalankan, atau mengembangkan bisnis. Beberapa orang terjun ke dunia bisnis hanya dengan berbekal ilmu seadanya. Tanpa manajemen pengelolaan uang yang baik, suatu bisnis yang kita jalani akan banyak menemui masalah finansial. Tentunya rugi bukanlah hal diinginkan seseorang saat sedang menjalankan bisnis. Dengan mengelola keuangan bisnis, secara bertahap anda dapat meminimalisir kerugian atau kebangkrutan yang mungkin akan terjadi.

Sesederhana apapun bisnis yang anda jalankan dan masalah yang anda temui saat berbisnis, jangan memiliki pikiran untuk menyerah, mungkin beberapa kali pikiran tersebut muncul di benak anda dan menghantui, namun sebaiknya anda membuang pikiran tersebut dan tetap menjalankan usaha dengan sungguh – sungguh. Mulai dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik dan benar, lalu membuat langkah yang tepat untuk terus membuat bisnis tetap berjalan.

Dengan mengelola keuangan bisnis, banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dalam meenjalankan bisnis diantaranya, anda bisa mengetahui sejauh mana kemajuan dan perkembangan bisnis yang dijalankan, pengalokasian dana keuangan yang lebih tertata dan lancar, hingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari biasanya. Masih banyak lagi sederet keuntungan dari mengelola keuangan bisnis. Berikut ini beberapa tips untuk mengelola keuangan bisnis anda.

Data semua anggaran

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis yaitu dengan mendata semua anggaran. Buat catatan mengenai pengeluaran yang anda lakukan untuk kebutuhan bisnis, dan pemasukan yang anda dapatkan saat menjalankan bisnis, jika memiliki bukti dari anggaran seperti note atau struk akan lebih baik. Jangan sampai membuang bukti mengenai keuangan bisnis yang anda kelola. Dengan mendata semua bukti keuangan akan memudahkan anda untuk mengelola keuangan bisnis.

Membuat rencana keuangan

Dengan mempertimbangkan data semua anggaran yang sudah dibuat anda bisa membuat perencanaan keuangan agar semua hal yang memerlukan pengeluaran dana bisa terkontrol dengan baik. Membuat rencana keuangan bisa dimulai dengan mendata semua kebutuhan bisnis dalam beberapa periode kedepan, lalu catat dan jumlahkan dana yang dibutuhkan untuk setiap kebutuhan dari bisnis yang anda jalankan. Dengan begitu akan di dapatkan catatan mengenai hal apa saja yang perlu untuk di prioritaskan dan beberapa kebutuhan yang bisa dikesampingkan.

m
Photo by Shridhar Gupta on Unsplash

Prioritaskan faktur

Segera urus dan tindak lanjuti Faktur yang anda terima saat menerima pengiriman barang, dan dahulukan urusan faktur setelah anda mengirimkan pesanan barang. Jangan lupa untuk mengecek kesesuaian nomor PO perusahaan yang melakukan pengiriman barang, buat template tersendiri untuk pendataan faktur yang anda terima.

Pisahkan dana pribadi dengan bisnis

Langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan bisnis, yaitu dengan memisahkan dana pribadi anda dan dana bisnis. Mencampur semua keuangan bisnis dengan uang pribadi anda akan mempersulit dalam hal menyisihkan anggaran untuk kebutuhan bisnis, karena dana yang ikut terpotong untuk kebutuhan pribadi. Dengan memisahkan dana pribadi dan bisnis, pengelolaan keuangan anda akan semakin tertata, dengan begitu semua uang yang anda butuhkan untuk keperluan bisnis sudah tersisih. Dan jangan sesekali menggunakan keuangan bisnis untuk keperluan pribadi kecuali dalam keadaan terdesak.

Dahulukan membayar tagihan

tagihan yang anda bayar untuk keperluan menjalankan bisnis penting untuk di dahulukan sebelum kebutuhan lain – lain. Karena itu diperlukan pengalokasian dana pribadi dan dana bisnis, dengan begitu tagihan yang anda terima bisa langsung untuk dilunasi. Jangan menunda pembayaran tagihan yang sudah tenggat waktunya, dengan menunda urusan tagihan maka akan semakin banyak jumlah tagihan yang menumpuk, belum lagi jika dikenai biaya administrasi dari tagihan yang menunggak. Tagihan yang menggunung akan berpengaruh terhadap perjalanan bisnis anda yang semakin terhambat.

Berhemat

Tetaplah menjadi seorang pebisnis yang hemat walaupun memiliki banyak pendapatan dari bisnis yang anda jalankan. Berhemat merupakan faktor penting dalam mengelola keuangan bisnis. Penghasilan yang anda dapatkan tentunya tidak selalu untung setiap bulanya, karena itu jika mendapatkan cuan dari bisnis yang anda jalankan, lebih baik di simpan atau di tabung untuk keperluan mendatang. Selain itu kita tidak tahu kapan masalah akan datang, lebih baik untuk menyimpan amunisi cadangan.

Mengawasi alur kas keuangan

Kas keuangan merupakan hal yang sensitif dalam menjalankan bisnis. Kita harus dengan cermat dan teliti terus memantau semua pengeluaran dan pemasukan yang kita dapatkan, mengkategorikan sesuai kebutuhan, membuat catatan perhitungan keuangan bisnis dan pribadi. Semua itu adalah hal yang wajib untuk dilakukan seorang pebisnis.

Itulah beberapa cara untuk mengelola keuangan bisnis. Dengan pengelolaan dana yang baik, akan memiliki pengaruh yang nampak dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram