Investasi Emas

Apa untungnya investasi emas? Kebutuhan hidup yang semakin meningkat penting untuk kamu membuat perencanaan tabungan maupun investasi. Salah satu jenis penanaman modal dalam bentuk pengelolaan uang dengan baik untuk dapat diterapkan.

Jenis penanaman modal yang sangat populer yakni investasi emas. Sebab bisa sangat menguntungkan dan mempunyai resiko sedikit jika dibandingkan dengan jenis yang lainya seperti halnya obligasi, reksadana, saham hingga deposito.

Tips Memulai Penanaman Modal Produk Emas

Investasi Emas

Sebelum kamu melakukan penanaman modal emas sebaiknya memperhatikan tips berikut ini:

1. Membeli maupun menjual emas pada waktu yang tepat

Salah satu kunci yang paling tepat untuk melakukan investasi khususnya pada produk emas yakni memilih waktu yang tepat. Harga emas terbilang sangat fluktuatif atau bisa dikatakan berubah-ubah yang menuntut kita sebagai investor selalu memperkirakan waktu dalam membeli dan menjual dengan ketepatan waktu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka belilah emas ketika harganya sedang turun kemudian menjualnya saat harganya sedang tinggi. Sehingga kamu harus mengetahui harga emas setiap harinya untuk memantau perkembangan harga.

2. Melakukan pengecekan keaslian emas

Tidak semua emas yang dijual pada kebanyakan toko itu asli, sehingga sangat penting untuk melakukan pengecekan. Kamu pastikan emas yang akan kamu beli asli atau tidak dan jangan sampai menerima produk emas palsu.

Di Indonesia sendiri untuk emas asli telah mempunyai sertifikat yang sudah dikeluarkan oleh PT Antam. Sertifikatnya bersifat internasional dan telah diakui oleh London Bullian Market Association atau LBMA.

3. Emas dalam bentuk logam mulia

Melakukan investasi jangka panjang sebaiknya kamu tidak membeli emas yang digunakan sebagai perhiasan. Karena akan dikenakan biaya untuk pembuatan ketika melakukan pembelian ataupun penjualan.

Tidak hanya biaya untuk beratnya emas saja namun juga biaya pembuatan perhiasaan yang dilakukan penghitungan. Makin rumit bentuknya emas maka makin mahal juga biaya yang nantinya kamu keluarkan, sehingga lebih baik membeli emas logam murni dengan kandungan emas hingag 99.9 persen.

4. Mempersiapkan dana darurat sebelum penanaman modal

Ketersediaan tabungan di dalam keluarga menjadi suatu hal yang sangat penting khususnya untuk keadaan darurat. Akan tetapi pada dasarnya penanaman modal untuk emas bukan menjadi simpanan yang tepat.

Sebab emas adalah penanaman modal untuk jangka panjang yang tidak mudah untuk diuangkan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Bisa saja ketika kamu ingin menjual emas dan sedang butuh uang ternyata harganya sangat rendah dari harga beli yang membuat kamu lebih rugi banyak.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Manfaat Investasi Emas untuk Masa Depan

Emas menjadi salah satu bentuk instrumen penanaman modal yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Alasan pemilihan produk emas ini karena dapat dimulai oleh siapa saja meskipun hanya memiliki dana terbatas.

Sekarang ini sudah banyak layanan untuk penanaman modal emas seperti halnya tabungan emas ataupun membeli emas dengan cara cicilan. Berikut inilah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dalam penanaman modal emas:

1. Nilainya uang makin bertambah

Melakukan penanaman modal mulai dari sekarang ini mempunyai potensi besar untuk menambah nilai asetnya yang telah ditanamkan menjadi bertambah. Terlebih lagi jika penanaman modal emas sifatnya jangka panjang maka akan membuat nilainya juga semakin bertambah.

Jika kamu bisa melakukannya sedari sekarang ini, tentunya makin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan untuk masa depan. Sebab penanaman modal emas bisa berlaku dalam jangka panjang.

2. Mempunyai dana daruat

Penanaman modal dalam bentuk emas bisa menjadi instrumen dalam menyiapkan dana darurat ketika dibutuhkan. Hal tersebut artinya bahwa keuntungan dari menanam modal emas sangat mudah untukd dicairkan, sebab emas dapat dibeli dan dijual kapan saja.

Selain penjualan emas, emas tersebut juga bisa dicairkan melalui cara digadai. Dengan melakukan gadai emas kamu bisa menebusnya lagi dan emas secara mudah bisa kamu miliki kembali.

3. Investasi biasa menjadikan mandiri secara finansial

Setelah kamu melakukan penanaman modal maka akan mengerti serta paham dalam mengatur keuangan sendiri maupun rumah tangga. Dengan begitu pada akhirnya dapat membantu kamu menjadi lebih mandiri dalam hal finansial dan tidak lagi bergantung dengan orang lain.

Secara bersamaan bukan menjadi suatu hal yang tidak mungkin bisa membantu keluarga dengan penanaman modal tersebut. Tentunya kamu harus mengarti dan paham akan pentingnya penanaman modal sedari sekarang ini.

4. Mempersiapkan masa depan yang lebih baik

Poin penting dalam melakukan penanaman modal yakni sebagai cara terbaik dalam mempersiapkan masa depan menjadi lebih baik. Penanaman modal khususnya uang dapat diputar dan bisa mempunyai keuntungan dari sananya.

Memulai penanaman modal tidak perlu bingung lagi dan takut menerima kerugiannya. Sebab menamam modal bisa membawa peningkatan hidup yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Resiko Investasi Produk Emas

Menanam modal tentunya mempunyai untung dan rugi seperti halnya dengan produk emas ini. Meskipun banyak dikenal bisa mengalamai pertambahan nilai pada setiap waktunya, namun juga memiliki resiko.

Berikut inilah beberapa resiko yang bisa kamu waspadai ketika melakukan penanaman modal emas:

1. Kehilangan

Saat kamu membeli emas secara fisik dan menyimpannya di dalam rumah atau di mana saja. Resiko kehilangan tersebut akan selalu ada dan menjadi resiko terbesar sehingga harus membuat kamu tetap waspada.

2. Penanaman modal bodong

Banyak yang mengenal sebutan pohon emas yakni salah satu resiko dalam melakukan penanaman modal emas. Dengan tawaran keuntungan emas yang sangat menggiurkan namun ternyata hal tersebut ternyata bodong sehingga kamu harus lebih selektif.

3. Emas palsu

Tingginya minat kalangan masyarakat untuk melakukan penanaman modal menjadi peluang besar bagi oknum yang menjual emas palsu. Sangat aman jika kamu membeli emas di tempat resmi dan terpercaya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah pembahasan tentang investasi produk emas yang bisa menguntungkan untuk jangka panjang. Namun perlu diketahui resiko yang akan kamu hadapi dalam penanaman modal emas.