mengelola keuangan bisnis skala kecil

Mengetahui dan mampu untuk mengelola keuangan merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh seorang pengusaha. Sebelum membuka atau menjalankan suatu usaha. Menguasai semua hal tentang mengelola keuangan usaha bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi itu kembali ke diri anda sendiri, bagaimana cara anda untuk mengeloa keuangan usaha agar semua yang sudah anda bangun bisa berjalan dengan lancar. Bagi anda yang baru memulai suatu usaha atau sudah terjun di dalamnya, perlu adanya manajemen keuangan yang tertata untuk mengetahui bagaimana kondisi usaha yang sedang kita jalankan, serta semua pemasukan yang kita dapatkan dan banyak dana yang sudah kita keluarkan untuk kebutuhan menjalankan usaha.

Modal merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan saat anda akan memulai sebuah usaha. Modal yang cukup bahkan lebih akan dibutuhkan dalam upaya berwirausaha, namun jangan sampai jumlah modal yang tersedia menjadi penghambat anda untuk menjalankan usaha. Tidak perlu tergesa – gesa untuk memulai usaha dengan skala besar yang akan membutuhkan banyak modal untuk menggerakkan usaha. Mulai saja usaha dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu tapi selalu memiliki progress yang menunjukkan perkembangan. Dengan memperhitungkan usaha berdasar modal atau dana yang tersedia merupakan langkah tepat dalam Mengelola keuangan usaha.

mengelola keuangan wirausaha
Photo by Mehrad Vosoughi on Unsplash

Dengan mengelola keuangan usaha wirausaha, anda akan membuat perbedaan yang signifikan terhadap usaha yang anda jalankan. Anda bisa memperhitungkan dan membuat target tertentu yang bisa kita capai dengan manajemen keuangan wirausaha. Berikut ini langkah yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan suatu usaha.

Memisahkan Pendapatan Dengan Uang Pribadi

Langkah awal dalam mengelola keuangan usaha yaitu dengan membedakan pendapatan dari usaha dengan uang pribadi anda. Mengkategorikan uang pendapatan dengan uang pribadi akan membantu anda dalam menyisihkan antara keperluan menjalankan wirausaha dan kebutuhan pribadi anda. Ambil beberapa rupiah dari hasil pendapatan usaha anda dan jadikan sebagai uang pribadi, lalu sisa dari pendapatan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha. dengan begitu dana yang digunakan untuk melanjutkan usaha tidak akan terpotong untuk kebutuhan pribadi.

Merencanakan Penggunaan Uang

Dengan berjalanya usaha anda maka anda akan mendapatkan pemasukan secara berkala, dengan merencanakan penggunaan uang. Anda bisa mengantisipasi keadaan krisis dimana saat usaha yang di jalankan kurang mendapat masukan, serta hindari untuk berfoya – foya saat kondisi pendapatan yang lebih. Buat catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan yang anda dapatkan. Dengan begitu anda bisa mempertimbangkan hal apa saja yang sekiranya penting di beli untuk keperluan usaha serta kebutuhan lain yang bisa ditunda karena ada yang lebih penting.

Catatan Keuangan

Catatan keuangan penting untuk dimiliki setiap pengusaha, catatan keuangan berisi tentang detil arus uang yang masuk dan keluar, serta untuk keperluan apa saja pengeluaran selama ini. Baik untuk membuat catatan keuangan yang terpisah sesuai kategori, dengan begitu akan mudah untuk memantau dan memperhitungkan. Selain untuk mengetahui arus perputaran uang, dengan membuat catatan keuangan anda bisa tahu seberapa progress atau target, serta keuntungan yang di dapat.

Target Pendapatan

Langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan usaha yaitu membuat target pendapatan. Buat target pendapatan yang sekiranya bisa mengambalikan modal awal yang kita gunakan. Jika seorang wirausahwan sudah menentukan target pendapatan, maka inisiatif dan semangat untuk menjalankan usaha akan meningkat. Mulai dengan bagaimana memasarkan produk agar diminati konsumen, berapa produk yang akan di pasarkan, menggunakan strategi dalam memasarkan produk untuk meraih keuntungan, serta memastikan keuntungan dari produk yang dijual.

Awasi Arus Kas Keuangan

Menjalankan sebuah usaha penting untuk selalu melakukan pengecekan arus kas keuangan. Mengecek dan mengatur arus kas keuangan merupakan hal yang bisa di bilang sulit, namun jika anda mengalami kesulitan saat mengawasi arus kas keuangan, anda bisa menyewa jasa administrator untuk mengawasi dan menetapkan langkah yang tepat untuk anda saat menjalankan usaha. selain itu juga bisa menggunakan software aplikasi administrasi online yang dirancang untuk mengelola keuangan dalam berwirausaha.

Membatasai Anggaran Dana

Mengelola keuangan usaha wirausaha tidak lepas dari siklus pendapatan dan anggaran yang dikeluarkan. Karena itu penting untuk membatasi anggaran dalam jumlah tertentu agar pengeluaran lebih terkontrol. Anda bisa melakukan budgeting atau pembatasan anggaran dengan mempertimbangkan semua catatan dan perencanaan yang telah di buat.

Siapkan Dana Darurat

Dengan berjalanya lancar suatu usaha, jangan sampai lengah dan lalai akan kemungkinan musibah atau pendapatan yang menurun drastis. Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya suatu masalah yang akan merugikan usaha kita. Dengan menyiapkan dana cadangan kita bisa menanggulangi atau meminimalisir kerugian yang mungkin di akan melanda usaha yang sedang kita jalankan agar tidak bangkrut.

tulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan usaha wirausaha. Memulai usaha baiknya dengan persiapan yang matang dalam mengelola keuangan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram