Pengertian dan Contoh Lengkap Wirausaha

Individu yang berusaha untuk dapat membangun lapangan kerja atau sebuah usaha secara mandiri dengan berdasarkan kreativitas dan inovasi yang berbeda dari biasanya atau unik sehingga dapat menghasilkan keuntungan dalam bentuk finansial adalah arti dari wirausaha.

Wirausaha biasanya memiliki potensi kesuksesan bisnis karena dengan ide-idenya yang orisinal yang mana belum memiliki banyak pesaing, namun terkadang juga cenderung menempuh resiko.

Jangan ragu bagi kamu yang ingin mewujudkan mimpi besar dalam berwirausaha ketika ada keinginan yang telah lama muncul dan juga ketika telah mempunyai tabungan yang cukup untuk dijadikan modal awal dalam membangun usaha.

Selain itu juga jangan melupakan memproteksi usaha kamu dengan asuransi properti supaya aset-aset usaha kamu dapat senantiasa terjaga, langkah tersebut dapat diambil pada awal ketika ingin berwirausaha. Simak pengertian wirausaha berikut ini untuk menambah pengetahuan kamu tentang kewirausahaan.

Pengertian Wirausaha

Pengertian dan Contoh Lengkap Wirausaha

Terdapat pengertian yang berbeda-beda berdasarkan para ahli yang mana memiliki pendapat yang berbeda satu sama lain. Berikut beberapa ahli yang menjelaskan tentang wirausaha itu:

– Reymond W.Y.KAO

Menurut ahli ini, wirausaha memiliki arti dimana seseorang mampu menciptakan dan merancang suatu ide atau gagasan untuk dapat menjadi realita atau kenyataan yang besar.

– Joseph A.Schumpeter

Menurut Joseph, wirausaha merupakan seorang yang mampu membentuk keseimbangan baru agar mendapatkan keuntungan yang besar dan seseorang yang bisa menghancurkan keseimbangan pasar.

– J.B.Say

Berdasarkan dari ahli yang satu ini, wirausaha yaitu seseorang yang bisa mengelola sumber daya yang ia miliki secara ekonomis dengan efisien dan efektif.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Karakteristik

Terdapat nilai-nilai yang menjadikan seseorang dapat sukses pada bidangnya. Seorang wirausahawan yang hebat tentu saja mempunyai ciri khas atau karakteristiknya sendiri yang mana belum tentu dimiliki semua orang. Namun, apa saja yang menjadi karakteristik dari seorang wirausahawan yang hebat itu, berikut beberapa karakternya:

– Mempunyai sifat hemat atau tidak boros
– Memiliki keberanian yang tinggi
– Bisa berpikir secara jangka panjang
– Berani mengambil keputusan walau beresiko tinggi
– Semangat juang dan kemauan keras
– Dapat memotivasi diri serta tim kerjanya
– Mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi

Tips Sukses

Tips Sukses Bekerja Sama dengan Perusahaan di Thailand

– Kerja keras dan berdisiplin

Dengan kerja keras diiringi dengan kedisiplinan yang baik, seorang pengusaha atau wirausahawan dapat memberikan upaya terbaiknya dan kemudian menghasilkan yang terbaik pula.
Dan tentu saja dengan kerja keras dan disiplin dapat lebih mudah untuk menghadapi berbagai gempuran dari pesaing usaha lainnya.

– Tiru pola pikir orang sukses

Amati dan lihat bagaimana cara seseorang yang sukses dalam menyikapi sebuah masalah dan juga bagaimana ketika mereka menemukan terobosan baru dalam berbagai hal. Semua hal tersebut bisa kamu lihat dan tiru pola pikirnya dari seseorang yang telah mendulang kesuksesannya.

– Modal bukan segalanya

Modal bukanlah penentu kesuksesan seseorang, walaupun modal memang sangat penting dalam kelancaran sebuah usaha. Dengan tekad kuat dan memiliki kreativitas, seorang wirausahawan dapat mencari dan mendapatkan modal untuk usahanya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Contoh Wirausaha Kecil

mengelola keuangan wirausaha
Photo by Mehrad Vosoughi on Unsplash

– Jual Gorengan

Para penjual gorengan di sekitar lingkungan rumah kamu adalah contoh wirausaha yang dapat kamu lihat. Untuk dapat berjualan gorengan ini tidak memerlukan modal yang sangat besar.

Dengan memanfaatkan perkakas dapur yang ada untuk dijadikan sebagai alat usaha dan memiliki modal yang cukup, kamu dapat memulai mencoba berwirausaha dengan cara berjualan gorengan.

– Jualan Pulsa

Dengan modal yang tidak terlalu besar dan hanya membutuhkan kesabaran dikarenakan akan banyak orang yang akan membeli pulsa di konter dan mungkin membuat kamu terganggu.
Kamu dapat memberikan layanan pesan pulsa dengan menggunakan aplikasi messenger karena biasanya millennial tidak mau ribet dan hanya ingin hal-hal yang praktis saja.

– Cuci motor

Contoh wirausaha ini juga cukup bagus untuk kamu lakoni. Biasanya pada musim hujan tiba, orang-orang akan lebih sering mencucikan motornya karena ketika di jalan sering terkena cipratan air lumpur.

– Laundry

Wirausaha ini juga patut kamu coba, biasanya terdapat di daerah-daerah area padat penduduk, area pendidikan dan area perkantoran. Sebagian besar orang biasanya malas untuk mencuci pakaiannya sendiri apalagi ketika musim hujan tiba.

– Souvenir pernikahan

Souvenir adalah salah satu hal terpenting dalam melangsungkan sebuah pernikahan. Semua orang pasti akan menikah dan juga semua orang pasti mencari souvenir untuk pernikahan mereka.

Terdapat banyak jenis dan pilihan untuk dijadikan souvenir, contohnya seperti kipas lipat, bros dan gantungan kunci. Dengan kekreatifitasan yang kamu miliki, buatlah souvenir-souvenir yang unik agar usaha yang kamu dirikan memiliki karakteristik yang mana gampang menarik perhatian konsumen kelak.

– Usaha katering

Berwirausaha dalam bidang katering ini juga tak kalah menguntungkan jika kamu ingin mencobanya.

Banyak orang biasanya malas untuk mencari makan siang sebab cuaca panas dan lelah dengan pekerjaan. Peluang ini tentu saja dapat kamu manfaatkan untuk kesuksesan kamu dalam berwirausaha.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Kelebihan Wirausaha

– Mendapatkan pengakuan atas usaha yang dibangun
– Bebas menentukan jam kerja yang diinginkan
– Bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat
– Mempunyai kesempatan untuk mengembangkan gagasan brilian
– Dapat menunjukkan potensi diri
– Bisa berkontribusi untuk kehidupan masyarakat lainnya.
Kekurangan Wirausaha
– Selalu adanya resiko kegagalan dalam berwirausaha
– Jam kerja yang tidak produktif
– Tidak ada jaminan usaha akan terus berjalan
– Tanggung jawab yang sangat besar
– Titik keberhasilan dalam usaha yang tidak pasti
– Tidak memiliki rekan kerja untuk dapat berdiskusi dan mengembangkan ide-ide

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi tentang wirausaha. Dengan berwirausaha kamu dapat mengembangkan diri serta membuka pekerjaan untuk orang lain. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram