bank digital singapura

Bank digital Singapura memiliki aturan tersendiri yang telah dibuat sesuai dengan kebijakan otoritas moneter setempat yaitu bank sentral Singapura atau monetary authority of Singapore. Singapura sebagai negara yang telah mengeluarkan lisensi bank digital pada empat perusahaan yang sedang beroperasi.

Baca Juga Mudahnya Cara Transfer Uang ke Singapura

Keempat perusahaan tersebut diantaranya konsorsium Singapore telecommunication Ltd (Singtel) dan Grab Holding, Ant Financial, Sea Limite, Konsorsium Greenland financial holdings Group, linklogis Hongkong, dan juga Beijing kooperatif equity investment fund management.

Aturan Bank digital Singapura

bank digital singapura

Di Indonesia sendiri sebenarnya juga sudah mulai menerapkan adanya bank digital. Namun sampai sekarang Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menyatakan bahwa negara Indonesia belum menjalankan bank digital yang dilakukan secara penuh.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Bank digital yang ada mdi Singapura memiliki aturan khusus yang digunakan untuk menjalankan operasionalnya agar lebih tersistem dan terstruktur guna mencapai tujuan ke depan. Inilah beberapa aturan yang diterapkan oleh bank digital di negara Singapura:

1. Tipe Bank digital

Pada umumnya terdapat dua jenis bank digital yang telah ditetapkan oleh bank sentral Singapura. Kedua tipe Bank digital tersebut bank dengan lisensi penuh atau digital full Bank serta lisensi bank digital grosir atau digital wholesale Bank.

Dengan mengetahui Kedua jenis bank digital tersebut maka akan memudahkan pemahaman penggunaan layanan yang disediakan oleh setiap jenisnya. Hal ini dikarenakan setiap jenis bank digital sendiri menawarkan fitur dan layanan yang berbeda.

2. Sisi Layanan

Digital full Bank telah memungkinkan adanya entitas pada bank digital yang memberikan layanan deposito, produk investasi, hingga pinjaman ataupun pembiayaan. Sementara itu untuk pemegang izin dari digital full bank sendiri bisa memberikan pelayanan retail atau individu dan juga korporasi.

Hal ini tentu berbeda dengan layanan digital wholesale Bank dan melayani pelaku usaha Khususnya pada usaha kecil dan menengah atau UKM. Dengan dua tipe bank digital yang berbeda tentunya juga memberikan Sisi layanan yang berbeda pula untuk konsumen.

3. Jumlah Bank digital di Singapura

Sebenarnya jumlah bank digital yang ada di Singapura ini sangat banyak mengingat Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki perkembangan cukup pesat dalam hal kecanggihan teknologi. Jumlah bank digital yang dapat beroperasi ini harus sesuai dengan ketentuan dan yang telah ditetapkan kan oleh otoritas moneter setempat.

MAS membatasi jumlah Bank digital yang melakukan operasi baik itu DFB atau DWB Dan setiap masing-masingnya hanya diberikan untuk 2 ataupun 3 bank saja. Sekarang ini negara Singapura untuk mendapat izin pada bank digital yang ada di negara Singapura.

4. Keterkaitan Modal Wajib Bank digital

Bank digital Singapura menggunakan sistem MAS yang memastikan modal minimal dalam bank digital full. Modal minimal tersebut sebesar 1,5 miliar dolar Singapura.

Akan tetapi dalam satu hingga dua tahun ini dapat melakukan setor hanya 15 juta dolar Singapura sebelum pada akhirnya bisa mencapai kenaikan 1,5 miliar dolar Singapura. Selain itu untuk bank digital grosir hanya membutuhkan modal minimal nya sekitar 100 juta dolar Singapura.

5. Lokasi Bank digital

Kali ini bank sentral Singapura telah menegaskan keberadaan bank digital Singapura cukup memiliki satu kantor saja. Bank digital harus sesuai dengan aturan yakni tidak diperbolehkan mempunyai ATM ataupun mesin cash lainnya dan hanya dibolehkan memberi layanan cashback pada beberapa tokoh ataupun Mitra mereka.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

6. Syarat Pemilik Dari Pelaku Bank Digital

MAS telah menyatakan apabila pengaju bank digital bukanlah dari kalangan perbankan itu sendiri maka dari mereka haruslah memiliki track record di industri teknologi ataupun e-commerce.

Perusahaan sebagai pengaju untuk bank digital wajib mempunyai kantor pusat yang ada di Singapura dan melakukan kontrol penuh oleh warga negara Singapura itu sendiri.

Tentu klausul yang satu ini berlaku bagi kepemilikan mayoritas yang dipegang penuh oleh warga Singapura. Bank digital asing dapat melakukan pembangunan Partnership dengan beberapa perusahaan yang ada di Singapura dan membentuk joint venture, Selain itu untuk ketentuan secara umumnya di posisi direktur, Mas telah menyatakan adanya syarat mayoritas direktur bank digital Singapura adalah warga negara sendiri.

7. Ketentuan Layanan Bank Digital

Untuk penggunaan DFB maka MAS Sudah mengatur jumlah agregat Deposito yang dibatasi hanya dalam 1 sampai 2 tahun pertama saja. Selama periode ini berjalan digital full hanya dapat menawarkan kredit yang lebih simple dan juga produk investasi biasa.

Aturan seperti ini akan dicabut oleh Mas dengan mempertimbangkan hasil kinerja bisnis dan juga manajemen risiko bank digital yang telah dilakukan. Sementara itu untuk bank digital grosir maka MASmenyatakan tidak diperbolehkan untuk mendapatkan deposito dari pihak individu kecuali depositonya dalam bentuk tetap dan nilainya lebih dari 250000 dolar Singapura.

Tujuan dari Operasional Bank Digital Singapura

Bank Sentral Singapura telah memandang pentingnya dalam mengatur operasi industri bank digital, sebab memiliki tujuan yang memang harus dicapai di kemudian hari.

Dalam hal ini terdapat lima tujuan dari operasinya bank digital yang ada di negara Singapura. Inilah beberapa tujuan dari operasi bank digital di Singapura

• Menguatkan sumber pembiayaan untuk perusahaan kecil hingga menengah
• Melakukan pengurangan pada biaya operasional dan membuat konsumen sebagai pengguna Bang digital ini lebih nyaman
• Membantu setiap individu dalam menyiapkan perencanaan keuangan untuk kebutuhan masa depan yang lebih aman
• Membuka lapangan kerja yang lebih luas
• Tujuan lainnya untuk melakukan pembiayaan proyek dari segi infrastruktur yang ada di negara berkembang asia Termasuk proyek ramah lingkungan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai aturan khusus dalam menjalankan operasional bank digital Singapura agar lebih tersistem sesuai dengan otoritas moneter setempat yakni Bank Sentral Singapura. Dengan aturan khusus tersebut bisa membantu operasional bank digital untuk mencapai tujuan.

Instagram