Pengertian dan Contoh Lengkap Joint Venture

Dalam dunia bisnis, skema bisnis yang sering dilakukan adalah joint venture. Istilah dari kata joint venture ini memiliki arti kesepakatan penggabungan sumber daya oleh dua atau lebih perusahaan dengan tujuan dan juga dalam kurun waktu tertentu.

Dengan kata lain joint venture ini dapat dikatakan dengan patungan. Peserta joint venture akan mempertanggung jawabkan segala sesuatu yang terkait dalam usaha patungan tersebut termasuk kerugian, biayanya dan juga keuntungannya.

Perusahaan baru yang terbentuk dalam bentuk patungan ini merupakan bisnis baru yang mana berdiri sendiri dan terpisah dari kepentingan peserta joint venture.

Pengertian Joint Venture

Pengertian dan Contoh Lengkap Joint Venture

Joint Venture pada saat ini sering menjadi perbincangan karena menjamurnya perusahaan rintisan atau perusahaan kecil. Konsep ini dibutuhkan dalam pengembangan startup dan dalam kesulitan dana serta sumber daya.

Tak hanya peserta dari perusahaan kecil saja, anggota dari joint venture juga ada yang berasal dari perusahaan yang berskala besar. Ada seorang ahli yang bernama Erman Rajagukguk yang menjelaskan bahwa joint venture merupakan suatu kerjasama antara pemilik nasional dengan pemilik modal asing atas dasar sebuah perjanjian.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Ada juga seorang ahli lainnya bernama Peter Mahmud yang menjelaskan bahwa joint venture ini adalah suatu ikatan antara 2 perusahaan yang membentuk perusahaan yang baru. Terdapat batas waktu atau dalam periode tertentu pada perjanjian perusahaan patungan ini namun dengan catatan target atau tujuannya tercapai.

Jika pencapaian target telah didapatkan, maka kerjasama patungan tersebut dapat diakhiri. Joint venture adalah solusi yang tepat bagi perusahaan yang memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya namun kekurangan modal usaha. Perusahaan atau CV, perorangan dan perseroan terbatas merupakan bentuk dari peserta joint venture ini.

Manfaat Joint Venture

Tips Sukses Bekerja Sama dengan Perusahaan di Thailand

● Penghematan biaya

Bisnis dari patungan ini bisa meningkatkan produksi dengan biaya yang lebih rendah jika dilihat dari segi ekonomis. Biaya untuk mengiklankan produk atau bisnis dan biaya untuk pemasaran dapat ditekan dengan joint venture ini.
Dengan bisnis patungan ini dapat memaksimalkan dana patungan konsep pemasaran dan periklanan bisnis. Dengan begitu kemungkinan untuk merugi pun menjadi kecil.

● Menggabungkan sumber daya

Dapat menjangkau pasar lebih luas dengan membuat entitas bisnis baru dengan cara kerjasama patungan ini.

Hal ini dikarenakan kedua bisnis yang bergabung mempunyai jangkauan pasar yang berbeda sehingga dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan induknya.

● Penggabungan keahlian

Perusahaan yang tergabung dalam bisnis patungan memiliki sumber daya, keahlian dan latar belakang yang berbeda.

Dengan begitu maka masing-masing perusahaan mendapat keuntungan dari bakat dan keahlian lainnya dari perusahaan rekanannya.

● Alat bertumbuh

Pengembangan teknologi atau alat biasanya melandasi manfaat dari joint venture ini. Dengan bisnis patungan ini dapat menciptakan kolaborasi bisnis baru yang saling melengkapi antara pihak terkait.

Sebagai contohnya missal salah satu pihak memiliki teknologi yang mumpuni sedangkan perusahaan rekannya memiliki tenaga ahli, dengan begitu dapat menghasilkan kerjasama yang hebat.

● Inovasi layanan dan produk

Pada saat ingin meluncurkan layanan atau produk baru biasanya perusahaan memutuskan untuk melakukan joint venture.

Dengan melakukan joint venture dan membentuk bisnis patungan baru maka potensi untuk dapat memaksimalkan produk baru di pasar akan lebih terbuka lebar.

● Expansi pasar asing

Kerjasama patungan yang dilakukan bisnis lokal adalah untuk berekspansi ke pasar asing pada umumnya yang terjadi saat ini. Bisnis lokal memperluas jaringan distribusi dan memasok produk agar dapat memasuki pasar asing.

Tak mudah untuk dapat masuk ke pasar asing karena beberapa Negara membatasi orang asing untuk dapat memasuki pasar di negaranya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Kelebihan Joint Venture

1. Resiko ditanggung bersama
2. Membuka kesempatan bertukar keahlian dan teknologi
3. Memungkinkan kepemilikan dijual pada rekan bisnis
4. Perusahaan yang minim sumber daya menjadikan joint venture sebagai solusi
5. Tidak memerlukan komitmen jangka panjang dalam usaha patungan
6. Menjadi cara efektif memperluas jaringan distribusi bagi bisnis domestik
7. Perjanjian yang disepakati dibuat untuk usaha patungan yang menyesuaikan target yang diharapkan.

Kekurangan Joint Venture

1. Integrasi menjadi buruk dan target atau tujuan pun sulit tercapai karena perbedaan budaya
2. Fleksibilitas dapat dihilangkan atau dibatasi
3. Ketidakseimbangan aset atau keahlian dapat memicu kelemahan usaha patungan ini
4. Sering terjadi tujuan yang berbeda dan menjadi tidak jelas dalam bisnis patungan
5. Kemungkinan terjadi ketimpangan dalam hal keterlibatan dan tanggung jawab

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Contoh Perusahaan Dengan Joint Venture

Tips Sukses Bekerja Sama dengan Perusahaan di Thailand

● PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia

Bisnis patungan yang baru terbentuk ini merupakan dari gabungan Nestle dan Indofood. Untuk dapat memperluas segmen pasar dan memproduksi bumbu penyedap makanan adalah tujuan bisnis patungan ini dibentuk.

● Hulu

Gabungan 3 korporasi besar yang menjadi entitas bisnis baru ini terdiri dari Universal Television Group, The Walt Disney dan NBC.

● Sony dan Sharp

Keduanya secara legal bekerjasama pada September 2008 silam, Sony dan Sharp membuat perjanjian tidak mengikat dalam menjual dan memproduksi panel dan modul LCD ukuran besar dari pabrik panel LCD Sharp.

● Gigabyte dan Asus

Dua perusahaan teknologi dari Taiwan ini berkolaborasi untuk dapat memenangkan pasar produksi perangkat keras untuk komputer. Asus dan Gigabyte membuat kesepakatan untuk patungan dan membuat strategi produksi dan pemasaran produk motherboard dan graphics card pada tahun 2007 lalu.

● PT Pusti dan NPCI

Kedua perusahaan ini membentuk sebuah entitas bisnis baru yang bertujuan untuk membangun pabrik pupuk berkapasitas 1,14 juta ton per tahun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi joint venture yang merupakan kesepakatan bisnis lokal dengan bisnis asing. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram