Jenis DPLK BRI: Cara Membuka Rekening, Kelebihan dan Kekurangan

DPLK yang merupakan kepanjangan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan sebagai bentuk program pensiun. DPLK BRI yakni bentuk dari investasi yang dapat dilakukan oleh individu atau karyawan korporasi.

Tidak hanya untuk karyawan korporasi saja namun masyarakat umum juga bisa mendaftar DPLK di Bank BRI. Pendaftaran tersedia untuk masyarakat umum hingga korporasi.

DPLK Pasar Uang

Jenis DPLK BRI: Cara Membuka Rekening, Kelebihan dan Kekurangan

DPLK pasar uang merupakan salah satu produk untuk dana pensiun yang penempatannya di instrumen investasi konservatif seperti halnya deposito hingga Sertifikat Bank Indonesia. Maka keuntungannya bisa didapatkan hingga 100 % karena sifatnya rendah dengan risiko.

DPLK Pendapatan Tetap

Bentuk dari instrumen dalam investasi yang termasuk dari DPLK sifatnya konservatif dan cenderung moderat. Jika dilihat secara sederhana maka risiko yang dimilikinya cukup menengah sehingga kemungkinannya akan merugi.

Akan tetapi keuntungan yang akan didapatkan nantinya bisa lebih besar dibandingkan dengan DPLK BRI Pasar Uang. Penempatan dananya pada porsi 60 % hingga 100 % di obligasi pemerintah serta BUMN dan 0 % hingga 40 % yang ditempatkan di pasar uang.

DPLK Saham

Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI Saham ini telah menggunakan sistem mengenai penempatan dana pada saham. Dengan demikian bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan DPLK Pendapatan Tetap namun mempunyai risiko cukup tinggi juga.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

DPLK Pasar Uang Syariah

Untuk yang ingin melakukan investasi DPLK dengan tingkat risiko rendah namun menggunakan prinsip syariah bisa memilih produk yang satu ini. sementara itu untuk penempatan dananya di pasar uang syariah.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

DPLK Berimbang Syariah

Bagi para pengguna yang ingin bersikap lebih agresif bisa menempatkan dana investasinya ke syariah. Caranya dengan memilih DPLK BRI Berimbang Syariah.
Penempatan dana investasi di pasar uang syariah, saham syariah dan sukuk syariah. Keuntungan yang bisa didapatkan juga jauh lebih besar namun harus berhadapan dengan risiko yang cukup tinggi.

Cara Membuka Rekening Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI

Dalam melakukan pembukaan DPLK untuk BRI dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Hal ini dikarenakan dokumen yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan dokumen untuk membuka rekening tabungan biasa di BRI.

Inilah beberapa langkah pembukaan rekening Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI yang dapat dilakukan melalui cara online:

• Membuka halaman situs resmi yakni https://eform.bri.co.id/.
• Melakukan registrasi DPLK BRI dan klik Registrasi
• Bacalah semua syarat dan ketentuan secara cermat dan teliti kemudian centang ceklist pada Saya setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut di atas
• Mengisi kolom di bagian daftar formulir Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI dan ikuti semua tahapan langkah-langkah selanjutnya.

Syarat Daftar DPLK Bank BRI Secara Perseorangan

Kepesertaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI dapat diikuti oleh masyarakat umum secara perseorangan. Berikut inilah kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta DPLK:

• Mempunyai KTP atau KITAP
• Mempunyai penghasilan serta bisa melakukan iuran dengan nominal minimalnya Rp 100 ribu
• Mengisikan formulir pendaftaran
• Melampirkan dokumen fotokopi identitas diri berupa KTP atau KITAS serta buku tabungan BRI dengan nama peserta yang mendaftar
• Menetapkan usia pensiun secara normal yakni minimal 40 tahun
• Menetapkan pemilihan paket untuk investasi
• Pendaftaran bisa di kantor cabang serta kantor cabang pembantu BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Syarat Daftar DPLK BRI Korporasi

Tidak hanya perseorangan, inilah syarat untuk melakukan pendaftaran bagi korporasi:

• Pendaftaran untuk korporasi hanya dapat dilakukan di kantor pusat BRI
• Melampirkan perjanjian kerja sama antara DPLK Bank BRI Pusat dan perusahaan. Lalu ditandatangani kedua belah pihak yang berkaitan
• Untuk melancarkan transaksi maka bagi peserta korporasi sebaiknya mempunyai rekening tabungan BRI.

Kelebihan DPLK Bank BRI

Bank BRI telah mengklaim adanya keuntungan mendaftarkan dirinya di DPL. Berikut keuntungan menjadi nasabah dalam produk DPLK:

• Nasabah dapat mengajukan pensiun dipercepat yakni waktunya 10 tahun lebih awal dibandingkan dengan usia pensiun secara normal pada umumnya
• Peserta dapat merubah instrumen investasi sekali dalam 1 tahun dan bisa memilih risikonya sendiri
• Peserta bisa melakukan penarikan iuran dengan tingkat frekuensi 2 kali dalam setahun
• Hasil dari melakukan investasi bebas pajak
• Manfaat menggunakan pensiun bisa dibayarkan bulanan pada peserta ataupun ahli warisnya

Kekurangan DPLK BRI

Meskipun peserta bisa menentukan instrumen investasi dengan melihat profil risiko yang cukup bervariatif baik rendah ataupun tinggi. Akan tetapi terdapat kekurangan yang tidak akan lepas dari kegiatan investasi.

DPLK ini hanya menyediakan satu jenis instrumen saja dengan risiko yang terbilang tinggi. itu pun penempatan dananya di reksadana saham tidak langsung ke efek saham, namun sejauh ini DPLK menjadi salah satu rekomendasi yang dapat dipilih.

Cara Melakukan Pencairan DPLK Bank BRI

Proses untuk melakukan pencairan DPLK Bank BRI bisa dilakukan oleh para peserta ketika jatuh tempo di kantor cabang ataupun kantor cabang pembantu. Dalam proses pencairan peserta diwajibkan untuk membawa persyaratan berupa kelengkapan dokumen, seperti:

• Identitas diri berupa KTP
• Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP
• Tanda peserta DPLK
• Buku tabungan BRI
• SK Pensiun ataupun surat pemutusan hubungan kerja yang didapatkan dari perusahaan serta surat pengantar atau keterangan dari perusahaan tempat bekerja.

Cara Cek Saldo Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI Melalui Kantor Cabang

Melakukan pengecekan Dana Pensiun Lembaga Keuangan bisa melalui kantor cabang terdekat. Sesampainya di kantor cabang katakan maksud dan tujuan kamu datang ke pihak Customer Service untuk mengecek saldo DPLK.

Dengan demikian petugas Customer Service akan melakukan pengecekan sesuai data kamu. Setelahnya akan menyampaikan informasi terkait data peserta serta isi saldo yang masih kamu miliki sekarang ini.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran terkait DPLK BRI atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan di Bank BRI sebagai bentuk instrumen investasi. Dalam melakukan pendaftaran tidak begitu sulit dan bisa dilakukan siapapun selama memenuhi persyaratan yang sudah menjadi ketentuan dari Bank BRI.

Instagram