Pengertian dan Contoh Lengkap DPLK

DPLK yang memiliki kepanjangan Dana Pensiun Lembaga Keuangan ini merupakan suatu lembaga yang mengelola dana pensiun untuk pegawai perorangan atau perusahaan.

Perusahaan asuransi jiwa atau bank yang melaksanakan program pensiun dengan sistem pembayaran iuran adalah yang mengelola DPLK tersebut. Program ini pada dasarnya hampir sama dengan program dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Hari Tua.

Gaji yang kamu miliki akan langsung terpotong otomatis pada setiap bulannya yang mana uang tersebut akan dikelola oleh DPLK untuk dijadikan sebagai dana pensiun.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Akan tetapi untuk menjadi anggota DPLK ini ialah tidak bersifat wajib, kamu juga dapat bebas memilih dalam menentukan besaran iuran untuk dalam ikut serta.

Program ini dibutuhkan untuk menambah target dana pensiun kamu di masa depan walaupun kamu sudah memiliki BPJS ketenagakerjaan.

Pengertian DPLK

Pengertian dan Contoh Lengkap DPLK

Dana Pensiun Lembaga Keuangan adalah suatu program yang mengelola dana pensiun kamu agar menjadi berkembang pada nilainya. Lembaga yang mengelola program ini akan menempatkan uang kamu ke dalam beberapa instrumen investasi, hal tersebut dilakukan supaya nilai dari pengelolaan uang kamu dapat mengikuti laju inflasi.

Pada saat pensiun atau pensiun kamu dipercepat, kamu bisa mengambil uang yang pernah kamu serahkan pada DPLK ini sebelumnya. Jika terjadi kematian atau kamu yang meninggal sebelum menginjak usia pensiun, maka ahli waris kamu dapat mengambil dana dari DPLK tersebut.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

DPLK bersifat sukarela yang artinya kamu bisa mendaftar ataupun tidak, ini berbeda dengan program JHT dari BPJS ketenagakerjaan. Semakin besar iuran yang kamu setorkan, maka semakin besar pula dana yang dapat kamu ambil nantinya ketiak kamu telah pensiun (55 tahun).

Program ini bisa kamu dapatkan dari kantor, atau bisa juga dengan cara mendaftarkan diri kamu sendiri secara perorangan. Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang wirausaha yang belum punya jaminan pensiun ataupun seorang karyawan, program ini akan sangat cocok jika kamu memang menginginkan manfaat yang lebih.

Manfaat DPLK

1. Manfaat bagi perusahaan

● Jumlah angsuran bisa dikondisikan dengan kondisi perusahaan
● Dana pensiun para karyawan tidak lagi direpotkan dengan pengelolaan investasi
● Digunakan untuk penghargaan terhadap kinerja karyawan
● Dapat mengurangi pajak penghasilan badan

2. Manfaat bagi karyawan

● Berbagi iuran dengan pemberi kerja
● Mempunyai pegangan uang di hari tua
● Manfaat program dibayarkan oleh penyelenggara DPLK
● Bisa mengurangi pajak penghasilan
● Hasil investasi bebas pajak

Cara Daftar DPLK

Siapa saja dapat menjadi peserta DPLK yaitu seperti Pekerja lepas, karyawan, wirausaha, wiraswasta atau siapapun pada dasarnya dapat menjadi peserta DPLK.

Syarat utama untuk menjadi peserta DPLK adalah memiliki uang yang cukup dalam tabungan atau mempunyai penghasilan untuk dapat melunasi iuran wajib bulanan.

Tak hanya untuk perorangan saja, program dari DPLK ini juga dapat dibeli oleh suatu perusahaan, contohnya jika perusahaan kamu tidak ingin sibuk akan mengurusi dana pensiun para karyawannya, maka dengan ikut program DPLK ini dapat membantu perusahaan kamu untuk bisa mengurusi dana pensiun para karyawan di perusahaan kamu.

Cara Daftar DPLK

1. Datang ke penyelenggara DPLK

Untuk dapat ikut menjadi peserta DPLK secara perorangan atau mandiri, kamu dapat langsung datang ke perusahaan penyelenggara. Selanjutnya kamu akan mengisi beberapa data dalam formulir dan diteruskan dengan menkamutangani berkas yang dibutuhkan.

2. Bayar iuran perdana

Sebagai bukti bahwa kamu telah resmi mendaftarkan diri sebagai peserta adalah dengan cara membayar iuran perdana atau pertamanya. Kamu akan diberi kartu peserta dan laporan saldo dana setelah kamu melunasi pembayaran pertama dalam iuran.

Setelah kartu peserta dikeluarkan atau diterbitkan beberapa perusahaan DPLK mulai menetapkan orang atau perusahaan menjadi peserta resmi. Kalau manfaat pensiun telah jatuh tempo atau seorang pekerja pindah dari perusahaannya, maka status kepesertaannya dianggap berakhir.

Berapa iuran yang wajib kamu setorkan ke DPLK setiap bulannya itu tentu kamu harus memiliki target dana pensiun untuk masa depan.

Tips Memanfaatkan DPLK Dengan Baik

cara kirim uang lewat kantor pos

– Ikut program secara mandiri bukan masalah

Semua orang pada dasarnya dapat mengikuti program DPLK ini secara mandiri, selama orang tersebut sanggup untuk membayar iuran pada setiap bulannya.

Maka program ini bisa dibilang suatu investasi yang mana tidak memerlukan modal besar namun harus konsisten untuk dapat menyetor atau membayar secara bertahap.

– Daftarkan diri secepatnya

Periode 10-20 tahun adalah waktu dimana untuk melakukan investasi dalam DPLK ini, waktu tersebut akan menjadi keuntungan yang dapat diperoleh menjadi lebih besar.
Perencanaan keuangan yang dibikin sekarang berpotensi berubah pada masa depan dikarenakan situasi dan kondisi ekonomi yang tak dapat diprediksi, walaupun pada awalnya akan terasa lama.

– Memiliki NPWP dahulu

Membuat dan kemudian memiliki NPWP sangat disarankan untuk peserta yang sudah berusia lanjut. Pajak dari investasi tidak akan terkena pajak kedua kalinya atau berlipat pada saat pencairan DPLK jika kamu sudah memiliki NPWP.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Jenis-Jenis DPLK

Terdapat sangat banyak jenis-jenis dari DPLK yang dapat kamu ikuti. Lembaga perbankan atau perusahaan asuransi jiwa adalah penyelenggara dari program dana pensiun ini.
Beberapa lembaga perbankan dan perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan DPLK adalah sebagai berikut:

– Bank BRI
– Bank Maspion
– Bank BNI
– Bank Mandiri
– Bank Syariah Muamalat
– Bank BJB
– Bank BPD Jateng
– AXA Mandiri
– Astra Life
– AIA Indonesia
– Manulife Indonesia

Contoh Program DPLK

– DPLK Jiwasraya
– DPLK Equity Life Indonesia
– DPLK Asuransi Jiwa Tugu Mandiri
– DPLK Allianz Indonesia
– DPLK PT. BNI (Persero) Tbk
– DPLK Indolife Pensiontama
– DPLK AIA Indonesia
– DPLK PT Bank Muamalat Indonesia
– DPLK Winterthur Life Indonesia
– DPLK BPD Jawa Tengah
– DPLK Pasaraya
– DPLK Manulife Indonesia
– DPLK AIG Lippo
– DPLK AXA
– DPLK Askrida Jiwa
– DPLK Miralife
– DPLK BPD Jawa Barat
– DPLK Panin Life
– DPLK Bank Maspion
– DPLK Central Asia Raya
– DPLK Bank Rakyat Indonesia
– DPLK Bringin Jiwa Sejahtera
– DPLK Bumiputera

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi DPLK yang harus kamu ketahui. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram