biaya hidup di Jepang berapa?

Apakah Kamu berencana untuk tinggal di Jepang? Jika iya, maka sangat penting untuk mengetahui berapakah kisaran biaya hidup di Jepang. Dengan begitu, tentu akan jauh lebih mudah untuk merencanakan dan membuat anggaran sesuai dengan kisaran biaya yang sudah diketahui tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Negara Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang berada di Asia. Sebagai negara yang cukup maju dalam bidang ekonomi, negara ini termasuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan belanja. Tidak hanya itu, negara ini juga termasuk sebagai negara pengekspor terbesar di dunia.

Ikuti Cerita Komedi Cantau Kuliah di Perancis hanya di Transfez
@transfezMulai hari ini, ikuti keseruan si Cantau kuliah di Paris, siapa tahu malah jadi terinspirasi ya kan ##fyp ##kuliahdiperancis ##ceritakomedi ##transfez♬ original sound – Transfez

Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang paling banyak diincar di Asia. Baik itu untuk menuntut ilmu hingga bekerja agar mendapatkan penghasilan yang cukup. Tentu saja, saat berada di negara tersebut biaya hidupnya akan jauh berbeda dengan di Indonesia.

Tidak sedikit pula beberapa orang yang menganggap bahwa biaya hidup di Jepang terbilang mahal. Hal ini sendiri diungkapkan oleh mereka yang sudah pernah berkunjung ke Jepang untuk melakukan liburan. Itulah mengapa, sangat penting untuk mengetahui informasi mengenai biaya hidup di negara tersebut.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Benarkah Biaya Hidup di Jepang Mahal?

Saat ingin hidup di Jepang, maka ada banyak hal yang perlu diketahui terlebih dahulu seperti biaya hidupnya. Pada negara ini sendiri rata-rata orang Jepang memerlukan biaya sebesar Rp 72,4 juta untuk mereka yang sudah berkeluarga. Sementara yang belum berkeluarga memerlukan sekitar Rp 41 juta.

Akan tetapi, saat seseorang ingin hidup di Jepang sendiri kebanyakan akan tinggal di apartemen dengan ukuran yang tergolong kecil. Dapat dikatakan juga bahwa tidak ada tempat untuk parkir tersebut. Sementara itu, untuk parkir kendaraan dapat mencapai sekitar Rp 79 ribu per jamnya. Tentu saja nominal tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan Indonesia.

Sedangkan untuk biaya sewa tempat tinggal pun terbilang cukup mahal. Kamu bahkan memerlukan biaya sekitar Rp 11,6 juta per ukuran 45 meter persegi setiap bulannya. Tentu saja, biaya yang ada tersebut belum termasuk listrik, gas, dan lain sebagainya yang dapat ditotal sekitar Rp 1,7 juta.

Rincian Biaya Hidup yang Perlu Kamu Perhatikan

biaya hidup di Jepang berapa?

Agar Kamu mengetahui lebih jelas mengenai biaya hidup di Jepang, maka sangat penting untuk mengetahui rinciannya. Pasalnya, tidak banyak orang yang mengetahui seperti apa saja rincian biaya hidup tersebut. Oleh karena itu, simak semua informasinya di bawah ini:

1. Biaya Makan

Untuk biaya hidup di Jepang, terutama soal makanan, Kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 140 ribu untuk setiap kali ingin makan di Kota Tokyo. Biaya yang satu ini tentu akan jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Hanya dengan uang sekitar Rp 25 ribu pun sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Di bawah ini beberapa rincian biaya makan tersebut:

– Menu ayam tanpa tulang sekitar Rp 57 ribu
– Menu makan siang dan minum Rp 127 ribu
– Burger dengan ukuran besar Rp 91 ribu
– Susu 1 liter sekitar 27 ribu
– Tomat 1 kg sekitar Rp 90 ribu
– Telur 12 butir sekitar Rp 33 ribu
– Keju lokal Rp 130
– Kentang 1 kg Rp 53 ribu
– Apel 1 kg Rp 104 ribu
– Coca cola 2 liter Rp 25 ribu
– Anggur dengan kualitas baik 1 botol Rp 181 ribu
– Roti untuk dua orang Rp 32 ribu

2. Biaya Tempat Tinggal

Selain biaya untuk makan sehari-hari, masih ada banyak biaya yang perlu disiapkan dan diketahui juga saat ingin tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang lama. Dengan mengetahuinya, maka akan lebih mudah untuk menyiapkan biaya tersebut. Di bawah ini kisaran biaya yang dapat diketahui:

– Tempat tinggal 85 meter persegi di lokasi normal Rp 22 juta
– Tempat tinggal 85 meter persegi di lokasi strategis Rp 38 juta
– Biaya pemanas, gas, listrik untuk rumah 85 meter Rp 3 juta
– Biaya internet 8 Mbps Rp 568 ribu
– Tempat tinggal 45 meter persegi di lokasi normal Rp 10,5 juta
– Tempat tinggal 45 meter persegi di lokasi strategis Rp 19 juta
– Biaya jasa bersih-bersih Rp 330 ribu per jam

3. Biaya Transportasi

Saat memutuskan untuk tinggal di Jepang, maka tentu saja Kamu akan menggunakan transportasi yang ada di negara tersebut. Oleh karena itu, biaya hidup di Jepang untuk transportasi sangat penting untuk kita ketahui bersama. Masyarakat Jepang sendiri lebih sering memakai transportasi umum dibandingkan dengan pribadi.

Hal tersebut tidak lain karena jika memakai kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir per jam yang terbilang sangat tinggi/mahal. Untuk biaya transportasi umum ini sendiri umumnya sekitar Rp 1,4 juta. Sedangkan bahan bakar yang diperlukan adalah Rp 18 ribu untuk satu liternya.

4. Biaya Kesehatan

Beralih ke biaya kesehatan yang terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Biaya kesehatan ini juga termasuk biaya perawatan diri yang tentu saja perlu disiapkan dananya setiap hari. Di bawah ini merupakan beberapa rincian biaya tersebut:

– Obat antibiotik 1 books Rp 166 ribu
– Obat demam 6 hari sekitar Rp 152 ribu
– Kunjungan ke dokter dalam waktu 15 menit sekitar Rp 684 ribu
– Shampoo rambut Rp 81 ribu
– Pasta gigi Rp 34 ribu
– Tisu toilet 4 roll Rp 23 ribu
– Potong rambut standar Rp 460 ribu

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itulah beberapa kisaran biaya hidup di Jepang yang dapat diketahui. Tidak heran jika sampai saat ini ada banyak masyarakat Indonesia yang memang tertarik untuk bekerja dan hidup di Jepang. Selain mendapatkan penghasilan cukup tinggi, negara ini juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi wisata.

Instagram