Cara Menjalankan Bisnis Rental Mobil yang Sukses dan Menguntungkan

Saat ini menjalankan sebuah bisnis rental mobil maka kamu harus mempersiapkan dengan matang mengenai cara yang tepat untuk memulainya. Bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat kebutuhan akan masyarakat Indonesia terkait kendaraan mobil terbilang sangat tinggi.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Hal ini bisa menjadi alasan utama dengan adanya peluang yang sangat besar untuk menjalankan sebuah usaha rental mobil dan ini bisa menjadi ide usaha untuk pensiunan. Akan tetapi sebelum memulainya kamu harus memperhatikan apa saja yang dibutuhkan ketika ingin menjalankan sebuah usaha rental mobil.

Cara Menjalankan Bisnis Rental Mobil yang Sukses dan Menguntungkan

 

Cara untuk Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Mengingat usaha rental mobil ini membutuhkan banyak modal sehingga kamu bisa menerapkan modal yang dimiliki dengan benar dan tepat. Sehingga supaya kamu tidak salah dalam mengambil langkah ketika menjalankan usaha rental mobil maka sebaiknya ikuti cara yang tepat untuk memulai usaha rental mobil berikut ini:

1. Memilih Mobil

Sebuah usaha rental mobil akan sukses ketika bisa memilih jenis mobil yang nantinya akan disewakan. Hal ini karena kamu harus memilih mobil yang biasanya disukai oleh banyak orang sehingga bisa meningkatkan penjualan untuk sewa mobil itu sendiri.

Mobil dengan multi purpose vehicle tracking seperti halnya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza menjadi kendaraan favorit kalangan masyarakat dan kedua mobil ini bisa membawa banyak penumpang dengan konsumsi bahan bakar yang terbilang sangat irit. Sementara itu untuk harga pembelian dari mobil ini terbilang masih terjangkau dengan perawatan yang tidak membutuhkan biaya tinggi.

2. Menghindari Pemberian Mobil Bekas

Saat baru memulai sebuah bisnis sewa mobil sebaiknya tidak membeli mobil yang bekas karena performanya tentu tidak akan sebaik dengan mobil baru. Pastikan kamu tidak mempertaruhkan kenyamanan untuk pelanggan dengan hanya membeli sebuah mobil bekas.

Faktanya dengan pembelian mobil bekas harus lebih sering melakukan perbaikan di bengkel karena seperempat yang digunakan pada mobil sudah usang sehingga sangat rentan terjadinya kerusakan. Pembelian mobil bekas bukan Cara yang tepat untuk menekan modal karena biaya perawatannya justru akan terus membengkak.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

3. Regulasi Bisnis Rental Mobil

Bisnis penyewaan mobil memang sangat mudah dalam sistem pengelolaannya akan tetapi memiliki tingkat resiko yang terbilang sangat tinggi. Risiko tersebut biasanya terjadi kasus penggelapan pada mobil yang dirental dan kamu harus memastikan supaya mobil kamu tidak dibawa kabur oleh pelanggan.

Namun terdapat cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan sebaiknya kamu menerapkan beberapa ketentuan ketika pelanggan menyewa mobil sebagai berikut:

• Meminta adanya jaminan berupa KTP milik penyewa
• Membuat adanya kesepakatan kedua pihak dan surat ini harus dibubuhkan materai supaya memiliki kekuatan dalam hukum
• Meminta pihak penyewa untuk melakukan pengisian formulir yang isinya berupa data diri serta kontak yang dapat dihubungi
• Memasangkan serangkaian alat pendeteksi lokasi ataupun GPS di mobil supaya bisa memantau dari jarak jauh

4. Mendaftarkan Asuransi

Asuransi menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika kamu menjalankan sebuah bisnis rental mobil karena perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan ketika terjadi kerusakan, kehilangan ataupun kecelakaan mobil.

Mendaftarkan mobil pada perusahaan asuransi bisa membuat kamu sedikit lebih tenang karena terdapat pihak yang bisa memberikan perlindungan apabila terjadi hal-hal yang merugikan kendaraan.

Jika ternyata kamu menyediakan jasa sopir maka juga pastikan untuk melakukan pendaftaran software tersebut pada perusahaan asuransi. Hal ini dikarenakan kita tidak akan pernah tahu setiap kondisi di perjalanan ketika menggunakan kendaraan sehingga harus berhati-hati, supaya ada pihak yang berkenan untuk menanggung kerugian yang dialami oleh sopir ataupun kendaraan yang digunakan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

5. Melakukan Strategi Marketing

Ketika semua sumber daya yang digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis rental mobil sudah siap maka langkah selanjutnya yaitu menyiapkan strategi pemasaran dan penyusunan strategi ini mengharuskan kamu untuk mengetahui target pasar, tempat mendirikan sebuah usaha, harga sewa mobil dan denda hingga pemilihan cara promosi yang tepat.

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang menjadi kekuatan karena memiliki banyak pengaruh di dalam melakukan pemasaran yang bertujuan untuk melakukan promosi guna mengenakan bisnis pada masyarakat luas.

Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan metode promosi melalui website, media sosial serta mendaftarkan bisnis pada Google dan silahkan membuat promosi yang menarik sehingga bisa memikat calon pelanggan.

Memulai sebuah bisnis penyewaan mobil sebaiknya kamu juga menerapkan sistem diskon ataupun pemberian bonus pada beberapa penyewa pertama, dengan demikian cara melakukan promosi yang satu ini bisa memberikan daya tarik bagi pelanggan supaya menyewa jasa mobil yang kamu sediakan.

6. Melakukan Pengelolaan Keuangan

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan ketika ingin menjalankan sebuah bisnis rental mobil maka hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan kamu bisa memulainya dengan pembuatan pembukuan sederhana.

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis penyewaan mobil tentunya harus membuat pembukuan rental mobil yang nantinya berisikan semua transaksi yang masuk ataupun keluar dan dari transaksi tersebut harus dicatat yang disertai dengan adanya bukti kuitansi ataupun faktur.

Apabila kamu kesulitan untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis ini maka bisa memanfaatkan layanan digital yang sudah memiliki banyak fitur untuk mendukung pencatatan keuangan.

Dengan demikian kamu diberikan kemudahan dalam proses pengelolaan keuangan dari bisnis penyewaan mobil sehingga bisa diketahui uang masuk dan keluar serta akan lebih memudahkan kamu untuk mengetahui apakah bisnis ini menguntungkan ataupun tidak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait cara yang tepat untuk memulai sebuah bisnis rental mobil yang tidak merugikan ketika sudah dijalankan.apabila kamu memahami setiap kiat-kiatnya maka akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis sewa mobil karena memiliki peluang yang cukup besar dengan potensi keuntungan yang besar pula.

Instagram